Membuat film tentang agama adalah cara yang jitu untuk mengundang kontroversi. Hal ini adalah subjek yang sensitif dan harus ditangani dengan hati-hati. Jangan sampai pembuat film memicu kemarahan jutaan orang yang meyakini kepercayaan tertentu di seluruh dunia. 

Ada beberapa pembuat film yang menanganinya dengan cerdas dan hati-hati, namun ada juga yang sudah berusaha, namun tetap tak memuaskan pihak-pihak yang tersinggung. Apa saja film tentang agama yang kontroversial? Melansir dari Vanity Fair, berikut rangkuman Popbela.

1. The Passion of the Christ (2004)

https://www.youtube.com/embed/4Aif1qEB_JU

Film Mel Gibson yang sangat fenomenal ini adalah tentang tentang penyaliban Yesus Kristus. Meski masuk blockbuster, namun menerima banyak kritik setelah dirilis. Hal yang menjadi masalah adalah adanya klaim tingkat anti-Semitisme terhadap kaum Yahudi. The Anti-Defamation League atau Liga Anti-Pencemaran Nama Baik bahkan merilis pernyataan yang mengutuk penggambaran film tersebut tentang orang-orang Yahudi. Mereka mengatakan bahwa film itu dapat "memicu" gelombang baru anti-Semitisme.

2. The Exorcist (1973)

https://www.youtube.com/embed/a8g3h2JaVE4

Sebuah film horor klasik yang menjadi salah satu benchmark film mengenai pengusiran setan. The Exorcist juga menjadi pusat kontroversi karena dugaan penggunaan citra subliminal yang diperkenalkan sebagai efek khusus selama produksi film.

Melalui wawancara dengan Entertainment Weekly, William Friedkin selaku sutradara yang berhasil meraih nominasi Oscar untuk film ini mengatakan bahwa betapa banyak garis cerita yang diilhami oleh peristiwa nyata, meskipun sulit dipercaya. Ia juga menambahkan kalau sebenarnya banyak tokoh gereja mendukung pembuatan film ini, pada saat itu.

“Sebagian besar orang di tingkat tertinggi gereja menerima sepenuhnya, karena Ritual Eksorsisme Romawi masih ada dalam Perjanjian Baru,” kata Friedkin. Ia mengklaim pejabat gereja kemudian mengatakan kepadanya bahwa mereka memuji film tersebut, karena menginspirasi pelamar baru untuk menjadi pastor dan biarawati.

3. Noah (2014)

https://www.youtube.com/embed/6qmj5mhDwJQ

Pada tahun 2014, Darren Aronofsky menulis dan mengarahkan Noah, sebuah kisah epik tentang Nuh, Nabi sekaligus Rasul pertama di dalam agama Islam. Kisah Nuh juga masuk dalam Alkitab Ibrani (Tanakh), Perjanjian Lama (Book of Genesis), Perjanjian Baru, serta Alquran. 

Namun, film tersebut menimbulkan kontroversi sejak awal (paling tidak karena alasan yang meraba-raba karena kurangnya keragaman). Film tersebut dikritik dan diperdebatkan oleh umat Kristiani dan dilarang dirilis di negara-negara seperti Qatar, Bahrain, Uni Emirat Arab, hingga Indonesia.

4. Submission (2004)

Inilah 6 Film Bertema Agama yang Pernah Timbulkan Kontroversialchetron.com

Pada tahun 2004, pembuat film Belanda bernama Theo van Gogh dan penulis Ayaan Hirsi Ali, bekerja sama untuk pembuatan film Submission. Film ini merupakan film pendek radikal tentang Islam dan pelecehan terhadap perempuan muslim. 

Film ini dengan cepat memancing kemarahan. Pasca perilisan di tahun yang sama, Van Gogh ditembak mati dan ditikam oleh seorang ekstremis, sedangkan Hirsi Ali harus bersembunyi tak lama kemudian. Putri dari pemimpin oposisi Somalia tersebut kini masih hidup dan tetap melakoni kariernya sebagai aktivis feminis, penulis dan politikus Belanda.

5. Battlefield Earth (2000)

https://www.youtube.com/embed/XhNuXvlCTTc

Film fiksi ilmiah futuristik yang dibintangi dan diproduksi oleh John Travolta ini, didasarkan pada bab pertama novel karangan L. Ron Hubbard, berjudul yang sama. Karena Ron adalah pendiri Scientology, banyak penonton menuduh film tersebut dibuat sebagai propaganda Scientology secara implisit.

Battlefield Earth dianggap gagal dari sisi kritis dan komersial. Bahkan, sering digambarkan sebagai salah satu film terburuk sepanjang masa. Para pengulas maupun kritikus mengkritik hampir setiap aspek film, termasuk akting, sinematografi, naskah, hingga efek visual.

6. Last Temptation of Christ (1988)

https://www.youtube.com/embed/qJKxg4p-Alk

Sang maestro film, Martin Scorsese menjadi sutradara yang bertanggung jawab dalam membuat film kontroversial ini. Sebuah film drama yang dibintangi oleh Willem Dafoe sebagai Yesus Kristus, saat Ia berurusan dengan serangkaian godaan duniawi. Tentu saja, film tersebut dianggap menyimpang dari cara Yesus digambarkan dalam Alkitab dan sangat memalukan bagi orang Kristen. 

Reaksi dari rilisnya film ini menjadi begitu panas, sehingga teater Paris yang menayangkan Last Temptation of Christ dibakar, hingga menyebabkan 13 orang cedera.

Biar kamu nggak penasaran, coba tonton film tentang agama yang menimbulkan kontroversi tersebut, Bela, lalu berikan tanggapanmu.

Baca Juga: Ditanyai Agama Saat Wakaf 3400 Alquran, Ini Jawaban Bertrand Antolin

Baca Juga: Dianggap Menghina Islam, Petisi Boikot Yeezy Kanye West Muncul

Baca Juga: Izinkan Karikatur Nabi Muhammad & Hina Islam, Presiden Prancis Dikecam