Seorang Youtuber asal Indonesia, Joseph Paul Zhang atau yang dikenal dengan nama Paul Zhang ini, menjadi perhatian publik lantaran videonya yang kontroversial. Melalui channel YouTube yang kini telah memiliki lebih dari 51 ribu subscribers itu, Paul mengatakan hal-hal yang diduga menistakan agama Islam.

Berdasarkan pengamatan di beberapa video yang diunggahnya, Paul memang kerap mendiskreditkan Islam melalui pernyataannya. Termasuk pernyataan soal Nabi Muhammad yang sudah pasti masuk neraka dan mengaku dirinya adalah nabi ke-26. Berikut ini fakta Paul Zhang yang dinilai menistakan agama Islam.

1. Mengatakan bahwa Islam adalah agama ilusi

Menurut Paul Zhang, Islam adalah agama ilusi yang kitabnya (Alquran) hanya berisikan asumsi belaka yang dibuat oleh nabi yang berdelusi. Oleh karena itu, umat Islam disebut sebagai umat yang senang berhalusinasi.

“Indonesia tidak akan maju selama masyarakatnya mayoritas beragama Islam. Percaya saya, tidak ada negara Islam yang maju,” kata Paul di video YouTube-nya yang berdurasi 3 jam 26 menit itu.

2. Nabi ke-25 sudah pasti masuk neraka

Mengaku Nabi, 5 Fakta Paul Zhang yang Dinilai Menistakan Agama IslamDok. Internet

Tak berhenti sampai situ, Paul melanjutkan kembali bahwa Nabi ke-25 sudah pasti masuk neraka. Saat ini, Nabi ke-25 tersebut sedang bergentayangan dan menunggu hari di mana ia akan masuk ke dalam neraka. Hal ini tentu membuat Umat Islam marah. Sebab, Nabi ke-25 yang dimaksud adalah Nabi Muhammad SAW, Nabi besar Umat Islam.

3. Mengaku sebagai nabi ke-26 yang siap meluruskan kesesatan nabi ke-25

Melalui rekaman YouTube live yang dilakukan secara daring via aplikasi Zoom, Paul mengaku bahwa ia adalah nabi ke-26 yang siap meluruskan kesesatan nabi ke-25. Ucapannya yang kontroversial ini tentu bisa dianggap sebagai penistaan agama. Seolah tak takut, Paul justru menantang siapa saja untuk melaporkannya.

“Yang bisa laporin gua ke polisi, gua kasih uang lo. Yang bisa laporin gua penistaan agama, nih, gua nih, nabi ke-26, Josep Paul Zhang, meluruskan kesesatan ajaran nabi ke-25,” katanya.

4. Gandeng InterPol untuk menangkap Paul Zhang

Mengaku Nabi, 5 Fakta Paul Zhang yang Dinilai Menistakan Agama IslamDok. Internet

Dalam channel YouTube-nya, Paul memang seringkali membuat video dengan pernyataan yang penuh kontroversi. Untuk mempertanggungjawabkan pernyataannya tersebut, pihak kepolisian kini sudah mengusut keberadaan Paul. Sosok Paul sendiri sudah dilaporkan ke Bareskrim Polri pada tanggal 17 April 2021 lalu. Ia dilaporkan oleh Husin Shahab.

Diketahui sejak tahun 2008, Paul sudah meninggalkan Indonesia dan tinggal di Jerman yang tepatnya belum diketahui. Namun, Kepolisian Republik Indonesia sudah menggandeng InterPol untuk mencari keberadaan Paul.

5. PGI meragukan gelar Paul

Dalam videonya, Paul sering mengaku sebagai seorang pendeta. Namun, gelar ini diragukan oleh Persekutuan Gereja-Gereja Indonesia (PGI).

Ketua PGI Gomar Gultom mengatakan bahwa Paul tak jelas berasal dari gereja mana. Gomar juga mengatakan untuk mengabaikan pernyataan Paul, karena hanya akan menimbulkan keributan di masyarakat.

Hingga hari ini, belum ada kabar terbaru terkait kasus penistaan agama yang diduga dilakukan oleh Paul melalui video di channel YouTube. Namun, berdasarkan pantauan Popbela, kemarin 18 April 2021, Paul masih aktif mengunggah video terbaru di YouTube-nya.

Semoga saja masalah ini segera menemukan titik terang, ya, Bela.

Baca Juga: Imbas Kontroversi, 5 Dampak Ini Dirasakan oleh Seo Ye Ji

Baca Juga: Lia Eden Meninggal Dunia, Ini Deretan Kontroversi Semasa Hidupnya

Baca Juga: Selalu Jadi Sorotan, Ini 9 Kontroversi Rina Nose Paling Heboh