Di era pandemi saat ini, banyak dari kita menghadapi masa sulit terutama berhubungan dengan ekonomi. Bisnis yang kurang lancar, pemotongan gaji, hingga PHK mengancam semua orang. Kebutuhan pun tetap harus dipenuhi dengan harga yang kian melonjak.

Tak jarang dari kita mencari peluang usaha baru untuk menambah penghasilan atau sebagai usaha sampingan dalam memenuhi kebutuhan. Internet pun menjadi salah satu alternatif sarana yang paling banyak dipilih untuk mendapatkan uang.

Hanya dengan meviralkan sesuatu, kita bisa mendapat cuan darinya. Tapi tetap perlu diperhatikan dan dilakukan dengan bijak, ya. Nah, berikut ini ada 21 cara mendapatkan uang dari internet tanpa modal yang bisa kamu coba. Cocokkan dengan kemampuan atau bidang yang ingin kamu geluti dan jalankan dengan konsisten.

Cara mendapatkan uang dari website atau blog

1. Membuat blog atau website

Tak Perlu Banyak Modal, Ini 21 Cara Mendapatkan Uang dari Internetpixabay.com/pixelcreatures

Bagi kamu yang suka menulis cara satu ini bisa kamu langsung praktekkan. Membuat blog tidak sulit, kok. Kamu tinggal pilih domain mana yang akan kamu jadikan untuk blog. Bisa wordpress, blogger, atau membeli domain sendiri.

Memang tidak semua blogger lantas sukses di Internet. Namun, jika tahu triknya, blog pasti bisa membantu menghasilkan uang. Jika tujuan utamamu adalah memperoleh penghasilan online, buatlah blog dengan tujuan jangka panjang.

Berikut ada beberapa tips membuat blog:

  • Pilih topik yang umum. Misalnya kesehatan, keuangan, hubungan, hobi, atau pengembangan diri.
  • Buat konten yang berkualitas. Konten yang berkualitas di dalamnya ada unsur penting, bermanfaat, kreatif, edukatif, dan menghibur.
  • Pelajari semua hal tentang SEO. Pelajari cara mengoptimasi blog dan memperbaiki peringkatnya di Google.
  • Jalin relasi atau gabung komunitas blogger dan influencer.
  • Selalu berpedoman pada UU ITE maupun PPMS (Pedoman Pemberitaan Media Siber)

Selanjutnya ada peluang menghasilkan uang dari Internet melalui blog:

  • Melakukan iklan berbayar.
  • Mengadakan kursus online dan menjual materi pembelajarannya.
  • Mempromosikan produk afiliasi.

2. Menjual website

Tak Perlu Banyak Modal, Ini 21 Cara Mendapatkan Uang dari Internetpixabay.com/kreatikar

Tak hanya dengan membuat website, menjual website juga bisa kamu lakukan untuk mendapat uang dari internet. Keuntungan yang diperoleh tergantung pada tipe dan kualitas website. Jumlah atau angka penjualan tergantung pada beberapa faktor, di antaranya adalah:

  • Umur website.
  • Otoritas atau kepemilikan domain.
  • Jumlah traffic yang diterima website.
  • Jumlah keuntungan yang dibuat website.
  • Diversifikasi pendapatan.
  • Kestabilan pendapatan.
  • Perkembangan website, apakah ada progressnya atau hanya ‘jalan di tempat’.

3. Bergabung dalam program afiliasi

Tak Perlu Banyak Modal, Ini 21 Cara Mendapatkan Uang dari Internetfreepik.com/vectorjuice

Cara selanjutnya adalah bergabung di program afiliasi. Rekomendasikan atau ulas produk jualan merchant (penyelenggara program afiliasi) melalui website atau blog kamu dan sertakan link afiliasi. Saat pengunjung membeli produk melalui link tersebut, kamu akan memperoleh uang dari Internet dalam bentuk komisi.

Untuk bergabung dengan program afiliasi ini perhatikan pula dengan tema blog mu. Apakah seputar fashion, kecantikan, perjalanan, atau lainnya. Salah satu website yang mendapat banyak komisi dari afiliasi adalah Wirecutter, bahkan New York Times mengakuisinya di angka US$30 juta.

4. Menyewakan ruang beriklan

Tak Perlu Banyak Modal, Ini 21 Cara Mendapatkan Uang dari Internetfreepik.com/stories

Biasanya penyewaan ruang beriklan dilakukan oleh website yang sudah punya trafik tinggi. Kalau angka trafik situs kamu terus bertambah, maka kamu bisa mempertimbangkan cara ini. untuk pembayarannya sendiri sesuai dengan kebijakan jaringan periklanan dan juga bisa pada total tayangan atau klik.

Jaringan iklan yang cukup populer di kalangan blogger dan pemilik website adalah Google AdSense, namun ada pula Ezoic dan Media. Untuk menggunakannya, kamu perlu mendaftarkan diri. Selanjutnya websitemu akan dievaluasi. Jika diterima, iklan sudah bisa dipasang di situsmu.

Bila kamu sudah memiliki audiens sendiri, cobalah menyewakan ruang beriklan ke bisnis sejenis lainnya. Misalnya, situsmu menyajikan informasi tentang kecantikan, maka kamu bisa menawarkan jasa penyewaan ruang iklan ke brand kecantikan lain.

Nah, bentuk lain dari menyewakan ruang beriklan adalah dengan konten berbayar. Perusahaan akan membayarmu untuk menulis konten bersponsor dari produk yang ditawarkannya. Konten ini nantinya dipasang di situs kamu dan akan berbagi komisi sesuai dengan negosiasi yang telah disepakati bersama.

5. Membuka toko online

Tak Perlu Banyak Modal, Ini 21 Cara Mendapatkan Uang dari Internetunsplash.com/brooke-lark

Online shop saat ini sangat gencar digunakan banyak orang. Tak ada salahnya membuka toko online melalui blog. Ada banyak platform yang membantumu mempermudah pembuatan toko seperti Wordpress dan WooCommerce.

Contoh toko online yang cukup sukses adalah SkinnyMe Tea, Beardbrand, dan Ratio Coffee. Untuk membuka toko online, tentukan dulu produk apa yang hendak ditawarkan. Lakukan riset dan targetting agar lebih tertuju sasarannya. Kamu bisa menjual produkmu sendiri atau produk lain yang telah kamu kemas sedemikian.

6. Membuka kursus online

Tak Perlu Banyak Modal, Ini 21 Cara Mendapatkan Uang dari Internetunsplash.com/beci-harmony-

Selain dengan membuka toko, kamu juga bisa membuka jaga kursus online. Terlebih di era pandemi saat ini yang memungkinkan orang banyak menggunakan layanan online. Pilih bidang mana yang memang menjadi keunggulanmu dan akan kamu tawarkan. Selanjutnya, latih dirimu mengajar secara online. Bentuk materi yang disampaikan bisa berupa tulisan, audio, maupun audio visual.

Cara mendapatkan uang tanpa website atau blog

7. Jadi Youtuber

Tak Perlu Banyak Modal, Ini 21 Cara Mendapatkan Uang dari Internetfreepik.com/Racool_Studio

Untuk cara yang satu sudah terlewat populer. Banyak tokoh-tokoh viral yang sukses dari YouTube. Tentunya mereka juga merilis dari nol dan memberikan konten-konten yang menarik sesuai dengan keinginan para viewers. Penghasilan dari YouTube sendiri biasanya berasal dari iklan dan endorse produk tertentu.

Sama seperti membuat blog, tentukan tema seperti apa yang akan kamu bangun di kanal YouTubemu, apakah sekedar hiburan atau memuat edukasi.  Berikut ini ada tips untuk sukses menjadi YouTuber:

  • Rekam dengan kamera berkualitas tinggi.
  • Coba beberapa gaya, format, dan teknik penyuntingan video sampai menemukan yang pas.
  • Optimasikan judul, deskripsi, dan gambar video untuk mendapatkan lebih banyak klik.
  • Atur jadwal publikasi video agar subscriber tahu kapan saja mereka bisa menonton video di channel Anda.

8. Menjual foto

Tak Perlu Banyak Modal, Ini 21 Cara Mendapatkan Uang dari Internetunsplash.com/brooke-lark

Hobi fotografi? Tak sekadar hobi, kegemaran satu ini juga bisa menjadi peluang untuk mendapatkan penghasilan, lho. Daripada hanya hiasan atau kepentingan portofolio, kamu bisa memanfaatkan foto-foto hasil jepretanmu dengan menjualnya ke situs khusus fotografi dan video footage seperti shutterstock dan iStockPhoto.

Caranya adalah dengan membuat akun dan menjadi kontibutor di situs tersebut. Unggah secara rutin, karena foto yang berhasil lolos seleksi akan tampil di situs tersebut dan dihargai sesuai dengan mata uang yang dipakai dalam situs. Kamu akan mendapat penghasilan apabila ada peminat yang membeli fotomu.

9. Menjual desain

Tak Perlu Banyak Modal, Ini 21 Cara Mendapatkan Uang dari Internetunsplash.com/surface

Selain hobi fotografi, kamu yang hobi desain atau memiliki keahlian dalam bidang tersebut juga bisa menjual hasil desainmu. Salah satu platformnya adalah Society6. Di sana kamu bisa mengunggah dan menjual desain yang dapat digunakan di berbagai barang, misalnya casing smartphone, kaos, permadani dan sebagainya. Kelebihan dari Society6 adalah tidak membebankan pembayaran di muka. Kamu bisa langsung menjual desain dan menghasilkan pendapatan.

10. Mengikuti survey online

Tak Perlu Banyak Modal, Ini 21 Cara Mendapatkan Uang dari Internetfreepik.com/pressfoto

Cara menambah penghasilan satu ini cocok untuk kaum rebahan. Hanya dengan mengisi survey yang bisa dilakukan lewat ponsel, kamu bisa mendapat penghasilan meski tidak cukup besar. Cara ini juga terbilang amat mudah karena tak memerlukan skill khusus.

Kompensasi yang diperoleh berupa uang tunai, kupon, pulsa, saldo e-wallet, atau hadiah. Biasanya pihak pelaksana survei akan meminta informasi demografis untuk mengetahui latar belakang dan minat. Apabila cocok dengan profil responden yang dibutuhkan maka kamu bisa langsung melakukan survei online.

Beberapa situs yang bisa kamu coba, seperti Viewfruit, Surveytime, Toluna, Opinion World, Mobrog dan YouGov.

11. Jadi freelancer

Tak Perlu Banyak Modal, Ini 21 Cara Mendapatkan Uang dari Internetpexels.com/vlada-karpovich

Akhir-akhir ini banyak lowongan kerja freelance yang dibuka. Kamu bisa melamar di berbagai perusahaan yang memang sedang membutuhkannya. Namun, jangan melabeli dirimu sebagai seorang freelancer untuk semua jenis pekerjaan. Cukup tentukan satu kemampuan saja dan maksimalkan itu. Beberapa situs populer untuk mencari pekerjaan freelance antara lain, Upwork, Freelancer, Fiverr dan Guru.

12. Admin media sosial

Tak Perlu Banyak Modal, Ini 21 Cara Mendapatkan Uang dari Internetpexels.com/TracyLeBlanc

Pekerjaan ini sedang banyak dicari, lho, Bela. Pasalnya media sosial merupakan media promosi yang paling ampuh untuk memperkenalkan brand maupun untuk menjual produk. Keahlian yang diperlukan dalam bidang ini adalah mampu membuat konten menarik dan kreatif yang bisa mencuri perhatian target yang telah ditentukan. Serta mampu menganalisis data dari konten yang dibuat dan bisa mengatur penjadwalan konten sebaik mungkin.

13. Micro job

Tak Perlu Banyak Modal, Ini 21 Cara Mendapatkan Uang dari Internetpexels.com/william-fortunato

Dalam dunia yang serba teknologi ini, nyatanya ada beberapa pekerjaan yang hanya bisa dilakukan oleh manusia. Nah, itulah Micro job, yang merupakan tugas atau pekerjaan yang membutuhkan ketelitian dan kecerdasan manusia untuk diselesaikan.

Pekerjaan tersebut berupa pekerjaan yang kecil dan sederhana serta tidak membutuhan kemampuan teknis apa pun. Misalnya, kamu diminta mengecek kembali hasil pencarian untuk keyword yang diberikan, menerjemahkan paragraf, atau mengategorikan tone dan feel dari sebuah artikel. Yang kamu perlukan adalah komputer dan koneksi internet. Situs micro job yang bisa kamu kunjungi salah satunya adalah Amazon Mechanical Turk.

14. Selebgram

Tak Perlu Banyak Modal, Ini 21 Cara Mendapatkan Uang dari Internetpexels.com/cottonbro

Untuk cara ini yang dibutuhkan adalah kemahiranmu dalam bermain Instagram. Kunci untuk mendapatkan penghasilan dari cara ini adalah memiliki pengikut yang banyak. Kamu perlu menaikkan followers-mu hingga angka ribuan atau jutaan dan pastinya harus bisa terus membangun hubungan dengan mereka. Meski untuk mencapai pastinya tidak mudah. Namun, pendapatan online yang kamu dapat juga sebanding dengan usahamu.

Brand dan perusahaan besar akan memberi bayaran untuk setiap unggahan yang mempromosikan layanan atau produk mereka. Biasanya, biaya postingan konten tergantung pada jumlah follower dan seberapa aktifnya mereka melihat dan menyukai posting-an kamu. Jika serius menekuninya, kamu bahkan bisa menghasilkan ratusan bahkan jutaan rupiah per unggahan.

15. Membuat podcast

Tak Perlu Banyak Modal, Ini 21 Cara Mendapatkan Uang dari Internetfreepik.com

Suka berbicara, bercerita, mengulik informasi dengan wawancara? Jika iya, maka membuat podcast cocok banget untukmu. Podcast bisa jadi cara mendapatkan uang dari internet karena digemari layaknya radio yang enak didengar dalam segala situasi.

Dua hal utama untuk memulai podcast adalah kualitas audio dan konten yang berisi. Penghasilan dari podcast bergantung pada jumlah follower dan seberapa sering podcast didengar. Semakin banyak follower dan jumlah unduhan podcast, semakin tinggi penghasilan yang diperoleh. Di bawah ini ada tips yang bisa kamu lakukan agar podcastmu makin untung:

  • Jual produk dan layanan yang berhubungan dengan topik podcast.
  • Lengkapi podcast dengan buat website keanggotaan.
  • Tawarkan sponsorship atau kerja sama di setiap awal episode podcast.

16. Spesialis SEO

Tak Perlu Banyak Modal, Ini 21 Cara Mendapatkan Uang dari Internetpixabay.com/DiggityMarketing

Spesialis SEO amat dibutuhkan dan menjadi salah satu pekerjaan yang paling banyak dicari. SEO (Search Engine Optimization) merupakan tindakan untuk mengoptimalkan website agar muncul di halaman paling depan mesin pencari. Nah, spesialis SEO sendiri adalah orang yang bekerja di baliknya.

Untuk menjadi spesialis SEO diperlukan pengetahuan yang luas dan mengetahui trik mengenai dunia SEO.

17. Narator buku suara

Tak Perlu Banyak Modal, Ini 21 Cara Mendapatkan Uang dari Internetacx.com

Audio book atau buku suara sedang populer banyak banyak digunakan belakangan ini. Beberapa orang lebih suka ‘mendengarkan buku’ daripada membacanya. Namun, permasalahannya adalah tidak begitu banyak audio book yang tersedia saat ini. Jika kamu suka membaca dan memiliki suara yang bagus, kamu bisa mencoba peruntunganmu menjadi narator buku suara.

Bagi pemula yang mau mencoba bisa melalui platform ACX. Platform tersebut mempertemukan narator dan penulis buku. Karena yang sangat diperlukan adalah suara, maka persiapkan mikrofon dengan kualitas suara yang jernih dan software untuk merekam. Lalu buat beberapa contoh suara ketika kamu membaca buku.

18. Bisnis dropshipping

Tak Perlu Banyak Modal, Ini 21 Cara Mendapatkan Uang dari Internetfreepik.com

Bisnis ini bisa menghasilkan uang tanpa modal. Kamu bisa memasang iklan sendiri atau menjualnya di marketplace seperti Shopee atau Tokopedia dan menjual produk tanpa harus memiliki stok produk tersebut.

Setelah memasang iklan dan ada transaksi dari pembeli, selanjutnya kamu hanya perlu menghubungi pihak supplier untuk memesan barang tersebut. Proses pengiriman akan dilakukan oleh supplier.

Namun, tetap perhatikan beberapa faktor untuk memulai bisnis dropship. Pastikan untuk meriset dan survei terlebih dahulu produk dan supplier-nya agar tidak salah dalam memilih supplier yang kurang terpercaya. Perlu diketahui juga bahwa bisnis ini memiliki persaingan yang ketat.

19. Tester website

Tak Perlu Banyak Modal, Ini 21 Cara Mendapatkan Uang dari Internetpexels.com/ovan

Tugas seorang tester website adalah memberikan feedback dan melakukan pengetesan guna mencari tahu apakah akan muncul error atau tidak. Misalnya, konten tidak jelas, layout membingungkan, atau menu navigasi yang terlihat rumit.

Untuk menjadi seorang tester website, kamu harus mengetahui manakah desain yang menarik dan mana yang tidak. Selain itu, kamu juga harus tahu faktor apa saja yang membuat aplikasi atau website layak diluncurkan. Jika sudah cocok dengan skill mu, berikut ini ada beberapa situs yang menawarkanmu untuk menjadi tester website:

  • Ubertesters
  • UserTesting
  • Testbirds
  • Userlytics
  • TryMyUI
  • Userfeel

20. Penerjemah subtitle film

Tak Perlu Banyak Modal, Ini 21 Cara Mendapatkan Uang dari Internetfreepik.com/stories

Cara kali ini pas untuk kamu yang menguasai lebih dari satu bahasa terlebih kamu yang memang sekolah atau lulusan sastra bahasa asing. Namun, kamu harus betah untuk duduk berlama-lama karena harus menyimak jalan cerita sebelum diterjemahkan.

Kamu juga disarankan untuk suka menonton film, mengikuti perkembangan dunia film dan yang terpenting, bisa bekerja cepat di bawah tekanan. Jika sudah mantap, yuk, cek lowongannya di beberapa portal job berikut ini, seperti Jobstreet, SribuLancer, atau Upwork.

21. Kerja Remote

Tak Perlu Banyak Modal, Ini 21 Cara Mendapatkan Uang dari Internetpexels.com/vlada-karpovich

Lowongan kerja remote banyak dibuka saat ini. Banyak perusahaan saat ini mencari karyawan paruh waktu dan penuh waktu dengan sistem WFH. Dengan kerja remote, kamu tak perlu harus datang ke kantor dan bisa mengerjakan di rumah atau di tempat lain yang kamu inginkan. Perusahaan juga tak hanya berdomisili di Indonesia tapi juga luar negeri.

Umumnya posisi remote yang ditawarkan seperti customer support (bantuan pelanggan), desainer, penulis, dan lainnya. Untuk lowongan atau informasi lainnya dapat kamu lihat dari situs-situs berikut, yaitu Glints, LinkedIn, Indeed, Flexjobs, SolidGigs, We Work Remotely, dan Remote.

Itulah 21 cara mendapatkan uang melalui internet tanpa modal yang bisa kamu coba. Semoga sukses, ya!

Baca Juga: Bisa Lebih Cuan, Ini Cara Bagi Waktu Antara Full Day Job dan Side Job

Baca Juga: Gen Z, Pelajari 7 Kesalahan yang Dilakukan Millennials di Dunia Kerja

Baca Juga: Cuan dari Rumah? Coba 13 Ide Usaha Tanpa Modal Paling Menguntungkan