Tanda centang satu pada WhatsApp artinya pesan berhasil dikirim ke server, sementara tanda centang dua berarti pesan berhasil dikirim ke ponsel teman chatting yang kamu tuju. Dan kalau centang dua tersebut sudah berubah warna menjadi biru, itu artinya pesan sudah dibaca oleh penerimanya. Apa kamu sudah tahu tentang hal tersebut, Bela?

Lantas, bagaimana kalau penggunanya sengaja mematikan centang biru di aplikasi WhatsApp tersebut? Hal ini pun sering kali membuat pengirimnya penasaran dan bertanya-tanya, apakah chat WhatsApp-nya sudah dibaca atau belum. Biasanya, alasan pengguna yang mematikan centang biru pada aplikasi memang supaya lawan chatting-nya tidak mengetahui bahwa dirinya sudah membaca pesan yang dikirimkan. Tapi tenang saja, ada cara yang bisa kamu lakukan untuk mengetahuinya, kok. Simak yuk!

Melalui voice note atau pesan suara

Cara Ungkap Chat WhatsApp Dibaca/ Tidak Meski Centang Biru DimatikanPopbela.com/Andina Rahayu

Ini dia cara pertama yang bisa kamu lakukan untuk mengetahui apakah pengguna WhatsApp dengan centang biru dimatikan tadi sudah membaca chat yang kamu kirimkan atau belum. Cobalah mengiriminya sebuah pesan suara. Kamu harus tahu rahasia ini, untuk pengguna WhatsApp yang mematikan centang biru, menerima chat biasa memang akan membuat centang di aplikasi tetap berwarna abu-abu. Tapi, berbeda saat menerima pesan suara, centang di WhatsApp akan berubah menjadi biru saat rekaman suara tersebut diputar.

Jadi, mulai sekarang kamu bisa menggunakan cara ini ya saat rekanmu tidak juga membalas chat WhatsApp yang kamu kirimkan. Kalau centang pada pesan suaramu sudah berwarna biru, maka dia sengaja mengabaikan pesanmu yang sebelumnya.

Melalui pesan di grup

Cara Ungkap Chat WhatsApp Dibaca/ Tidak Meski Centang Biru Dimatikandok.pribadi

Cara yang satu ini tidak bisa diterapkan pada semua kontak WhatsApp. Sebab, hanya dapat digunakan pada kontak WhatsApp yang berada satu grup denganmu saja. Mematikan centang biru memang berlaku untuk chat pribadi, tapi ternyata tidak untuk chat grup. Semua pesan yang dikirimkan di sebuah grup WhatsApp akan tetap memberi informasi mengenai kapan chat tersebut terkirim dan dibaca.

Ketika chat-mu tak kunjung dibalas oleh temanmu, segera pergi ke grup yang sama dengannya, lalu kirimkan chat di grup tersebut. Kemudian, kamu bisa melihat apakah pesan itu dibaca oleh orang yang kamu maksud atau tidak. Informasi mengenai kapan pesan tersebut dibaca dan diterima bisa kamu ketahui melalui fitur 'info' di WhatsApp. Kalau dia membaca chat kamu di grup dan tidak membalas chat pribadi, maka dia benar-benar mengabaikanmu.

Itulah dua cara yang bisa kamu lakukan untuk mengetahui apakah chat WhatsApp kamu dibaca atau tidak meski centang biru dimatikan. Kamu tak akan penasaran lagi kan kalau misalnya gebetanmu lama membalas pesan? Kalau memang tidak dibaca, mungkin dia sibuk. Tapi kalau dua cara tadi menunjukkan dia membaca pesanmu tapi lama membalasnya, bisa jadi pula dia tidak tertarik terlibat percakapan denganmu.

Baca Juga: Nggak Usah Simpan Nomor Kontak Untuk kirim Pesan WhatsApp, Ini Caranya

Baca Juga: Ini Cara Mengetahui Isi Pesan Whatsapp yang Sudah Dihapus Pengirimnya

Baca Juga: Cara 'Ajaib' Kembalikan Pesan di WhatsApp yang Sudah Hilang