Semenjak pandemi, kegiatan berbelanja secara online bisa menjadi salah satu rutinitas sebagai penyelamat diri untuk menghindari stres. Meski dapat menimbulkan sifat konsumtif, namun berbelanja online juga menjadi hiburan tersendiri bagi kita yang selama ini masih berkegiatan di rumah.

Untuk memenuhi gaya hidup ini, e-commerce Shopee menghadirkan fitur Shopee Paylater yang memungkinkan kita untuk berbelanja terlebih dulu dan bayar belakangan dengan sistem pembayaran cicilan.

Terdengar menyenangkan dan mudah, bukan? Namun, bagai pisau bermata dua, fitur ini dapat menjeratmu ke pusaran utang yang justru membuatmu boros. Jika sudah terjebak, bagaimana cara menonaktifkan Shopee Paylater ini? Simak caranya berikut ini, ya, Bela.

Apa itu Shopee Paylater?

Stop Berhutang, Begini Cara Menonaktifkan Shopee PaylaterShopee.co.id

Sebelum membahas lebih lanjut, kita perlu memahami terlebih dulu apa itu Shopee Paylater. Jika kamu belum memahaminya, simak penjelasan berikut ini, ya, Bela.

Shopee Paylater adalah fitur pinjaman sejumlah dana yang dikeluarkan oleh e-commerce Shopee. Fitur ini memungkinkan kamu untuk berbelanja terlebih dulu sesuai dengan jumlah Shopee Paylater yang disetujui dan membayarnya dengan sistem cicilan per bulan ditambah dengan bunga. Singkatnya, fitur ini mirip dengan kartu kredit, namun kamu hanya bisa menggunakannya pada aplikasi Shopee.

Batas dana atau limit yang disediakan oleh Shopee Paylater beragam. Setiap pengguna mendapatkan limit yang berbeda tergantung keaktifan pengguna dan status akun pada aplikasi tersebut. Biasanya, limit yang diberikan mulai dari Rp500 ribu, hingga Rp50 juta.

Cara menonaktifkan Shopee Paylater

Stop Berhutang, Begini Cara Menonaktifkan Shopee PaylaterShopee.co.id

Fitur ini tentu sangat membantu kita yang sedang ingin membeli kebutuhan, namun dana yang dimiliki tidak cukup. Kita bisa berbelanja terlebih dulu, baru bayar kemudian.

Tapi, hal ini menjadi berat jika kamu terlambat membayar atau menunggak. Sebab, tagihan akan membengkak seiring dengan bertambahnya bunga cicilan. Jika kamu tidak ingin terlilit tagihan Shopee Paylater ini, kamu bisa menonaktifkannya. Namun, sebelum menonaktifkan Shopee Paylater, jangan lupa untuk melunasi semua cicilan agar tidak menimbulkan masalah di kemudian hari.

Cara menonaktifkan Shopee Paylater adalah sebagai berikut:

  • Buka aplikasi Shopee
  • Masuk ke menu Pengaturan
  • Pilih menu Saya dan masuk ke menu Pengaturan
  • Ajukan Hapus Akun yang kamu temukan pada menu Pengaturan
  • Masukkan Kode Verifikasi yang kamu miliki
  • Pilih Alasan Hapus
  • Pilih alasan penghapusan akun Shopee atau kamu bisa menuliskannya dalam beberapa kalimat
  • Masukkan alamat email yang kamu daftarkan ke aplikasi Shopee
  • Centang setuju dengan Syarat dan Ketentuan untuk penghapusan, klik Kirimkan
  • Selesai

Untuk selanjutnya, kamu bisa menunggu konfirmasi dari pihak Shopee terkait penghapusan akun tersebut.

Risiko yang kamu dapatkan jika menonaktifkan Shopee Paylater

Stop Berhutang, Begini Cara Menonaktifkan Shopee PaylaterDok. Internet

Jika penonaktifan Shopee Paylater melalui penghapusan akun Shopee disetujui, maka kamu tidak akan lagi dikejar-kejar tagihan bulanan. Namun, jangan keburu lega dulu, Bela. Sebab, ada beberapa risiko yang akan kamu hadapi jika kamu menonaktifkan Shopee Paylater. Beberapa di antaranya adalah sebagai berikut:

  • Jika kamu sering mengumpulkan Koin Shopee, maka koin ini akan hangus seiring dengan akunmu yang tidak lagi aktif. Jika koinmu cukup banyak, ada baiknya kamu belanjakan terlebih dulu sebelum menonaktifkan akun Shopeemu
  • Tidak boleh memiliki pesanan yang belum selesai. Jika kamu sedang berbelanja dan barang yang kamu pesan belum sampai, kamu tidak dapat menonaktifkan akun. Kamu harus menyelesaikan semua pesanan sebelum menonaktifkannya
  • Semua transaksi pada akun yang kamu nonaktifkan akan tetap tersimpan untuk keperluan audit pihak Shopee
  • Kamu tidak dapat melihat kembali riwayat transaksi yang pernah kamu lakukan di akun yang kamu nonaktifkan itu
  • Jika di masa mendatang kamu ingin membuat akun Shopee yang baru, pihak Shopee dapat menolak pengajuanmu

Ternyata cukup banyak risikonya, ya, Bela. Pikirkan baik-baik sebelum mengambil keputusan untuk menonaktifkan akunmu, ya.

Itulah tadi cara menonaktifkan Shopee Paylater. Semoga artikel ini dapat membantumu menjadi lebih bijak saat mengambil keputusan dan berbelanja dengan mempertimbangan segala keuntungan, serta kelebihannya.

Baca Juga: Buatmu yang Suka Belanja secara Impulsif, Ini Tips Supaya Tidak Kalap Saat Berbelanja

Baca Juga: 3 Tips Bangun Bisnis dengan Modal Ratusan Ribu A la ShopeePay

Baca Juga: Tips Menentukan Ukuran Sepatu saat Belanja Online