Tutup
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA
unfortunately

Awalnya Ingin Jadi Pemain Basket, Ini Perjalanan Karier Lee Do Hyun

Sukses meski baru menginjak tahun ke-5 debutnya

Zikra Mulia Irawati

Aktor Lee Do Hyun hari ini telah berusia 27 tahun (28 tahun usia korea). Ia lahir di Seoul, 11 April 1995. Sesuai pekerjaannya saat ini, ia menempuh pendidikan terakhir di jurusan Teater dan Film Chung Ang University.

Ia debut sebagai aktor pada 2017 di bawah naungan Yuehua Entertainment. Berkat kerja kerasnya, kariernya kian cemerlang hanya dalam kurun waktu lima tahun. Seperti apa perjalanannya? Simak rinciannya di bawah ini.

1. Sempat ingin jadi pemain basket

instagram.com/ldh_sky

Awalnya, Lee Do Hyun ingin menjadi pemain basket. Sayangnya cita-cita tersebut ditentang sang ayah.

"Posisiku point guard. Kalau saja ayahku tak menentangnya, kurasa aku akan melanjutkan di bidang olahraga," katanya.

2. Debut dengan lakon sosok masa lalu peran utama

clickthecity.com

Lee Do Hyun debut di drama tvN Prison Playbook (2017). Ia berperan sebagai masa muda Lee Jun Ho yang diperankan aktor Jung Kyung Ho. Lee Jun Ho adalah seorang sipir penjara yang dulunya merupakan atlet baseball.

Wajahnya yang cenderung baby face, membuat ia kembali menjadi versi muda pemeran utama. Pada 2019, ia menjadi versi muda Wi Dae Han (Song Seung Heon) di The Great Show hingga Lee Dong Sik (diperankan Shin Ha Kyun) dalam drama Beyond Evil (2021).

3. Bekerja paruh waktu saat remaja

instagram.com/ldh_sky

Keluarga Lee Do Hyun bukanlah keluarga yang berada. Sebelum terjun ke dunia akting, ia harus bekerja paruh waktu untuk melunasi utang-utang keluarganya.

Tak hanya itu, adiknya adalah penyandang disabilitas. Hal tersebut membuat sang ibu sempat bekerja sebagai pengantar koran untuk menghidupi keluarganya.

4. Peran kecil di Still 17

clickthecity.com

Drama yang selanjutnya dibintangi aktor bernama asli Lim Dong Hyun ini adalah Still 17 atau Thirty But Seventeen (2018). Dia menjadi anggota tim dayung yang diketuai oleh Yoo Chan (diperankan oleh Ahn Hyo Seop). Keduanya bahkan jadi bestie di dunia nyata hingga hari ini, lho, Bela!

5. Jadi adik Kim Yoo Jung di Clean With Passion For Now

instagram.com/ldh_sky

Meskipun lima tahun lebih tua, Lee Do Hyun berperan sebagai adik Kim Yoo Jung di Clean With Passion For Now. Karakternya bernama Gil O Dol, seorang anggota tim nasional taekwondo yang menyukai sahabat kakaknya, Min Joo Yeon (diperankan oleh Min Do Hee).

6. Mas kunang-kunang di Hotel Del Luna

instagram.com/ldh_sky

Lee Do Hyun sukses membuat penonton turut bersedih akan nasibnya di drama Hotel Del Luna (2019). Ia bahkan dijuluki “mas kunang-kunang” karena mengawasi Jang Man Wol (diperankan IU/Lee Ji Eun) yang dicintainya selama ribuan tahun, dalam wujud kunang-kunang.

7. Punya dua peran di 18 Again

instagram.com/ldh_sky

Untuk pertama kalinya, Lee Do Hyun menjadi pemeran utama—bahkan memiliki dua peran sekaligus. Beradu akting dengan aktris Kim Ha Neul, ia adalah Hong Dae Young (diperankan Yoon Sang Hyun) saat masih muda.

Karena suatu kejadian, Hong Dae Young kembali berusia 18 tahun. Karena ingin mengenal anak kembarnya lebih jauh, Hong Si A (Roh Jeong Eui) dan Hong Si Woo (Ryeo Un), ia menyamar menjadi siswa SMA bernama Ko Woo Young.

Karena drama ini, Lee Do Hyun menjadi perbincangan karena beradegan romantis dengan aktris yang usianya terpaut jauh. Namun, hal ini justru menjadi bukti bahwa ia adalah seorang aktor yang profesional.

8. Mendapatkan penghargaan

dramabeans.com

Ia mendapatkan penghargaan aktor pendatang baru terbaik untuk 18 Again dari berbagai ajang, seperti Korean First Brand Award, Brand of the Year Awards, Baeksang Arts Awards, dan APAN Star Awards.

Dalam suatu kesempatan, ia mengungkapkan bahwa keberaniannya terjun ke dunia akting datang dari sang adik. Penghargaan-penghargaan di atas membuktikan bahwa usahanya berbuah manis.

9. Mahasiswa kedokteran genius di Sweet Home

sweet-home-netflix.fandom.com

Selain spesialis masa muda dan berakting dengan aktris yang lebih tua, Lee Do Hyun mencoba melakukan hal berbeda dengan berakting sebagai orang genius, mulai dari serial Netflix, Sweet Home

Ia berperan sebagai Lee Eun Hyuk, kakak dari Lee Eun Yoo (diperankan Go Min Si). Ia digambarkan menjadi mahasiswa kedokteran genius yang dapat berpikir dengan tenang dan rasional.

10. Reuni dengan Go Min Si di Youth of May

instagram.com/ldh_sky

Chemistry-nya dengan Go Min Si di Sweet Home membawanya kembali menjadi pemeran di drama Youth of May. Berlatar tragedi Gwangju 1980, dia berperan sebagai Hwang Hee Tae yang berkencan buta dengan Kim Myeong Hee (Go Min Si). Keduanya kemudian saling mencintai.

Karakternya kembali digambarkan sebagai orang cerdas, yaitu satu-satunya mahasiswa kedokteran Seoul National University yang berasal dari Gwangju. Sayangnya, hubungan Hwang Hee Tae dan Kim Myeong Hee di drama ini cukup rumit karena tidak mendapat restu.

11. Matematikawan muda di Melancholia

instagram.com/ldh_sky

Bela alergi dengan pelajaran matematika? Mungkin kamu harus coba menonton drama Lee Do Hyun yang satu ini. Alih-alih pusing, Melancholia menunjukkan keindahan ilmu hitung ini yang rupanya dapat diterapkan di karya seni.

Lawan main Lee Do Hyun adalah aktris Im Soo Jung yang terpaut 15 tahun. Semula, hubungan mereka adalah murid dan guru bernama Baek Seung Yoo dan Ji Yoon Su. Mereka dirumorkan memiliki hubungan khusus untuk menutupi kasus besar di sekolah. Seiring berjalannya waktu, mereka membongkar perkara tersebut dengan cara masing-masing.

12. Akan bintangi series Netflix bersama Song Hye Kyo

instagram.com/ldh_sky

Kabar terbaru menyebutkan bahwa Lee Do Hyun akan menjadi lawan main Song Hye Kyo di series Netflix, The Glory. Drama ini bergenre thriller dan dikabarkan telah memulai syuting berdasarkan unggahan sang aktris.

13. Tak ingin sombong

instagram.com/ldh_sky

Terakhir diwawancarai, Lee Do Hyun memuji akting Ahn Hyo Seop di Business Proposal dan Nam Joo Hyuk di Twenty Five, Twenty One. Ia mengatakan ada begitu banyak aktor hebat di luar sana. Jadi, dia tidak ingin sombong atas kemampuannya sendri karena hal itu.

"Nam Joo Hyuk sunbaenim dari 'Twenty Five, Twenty One' juga sangat bagus. Ada banyak aktor hebat di luar sana. Jadi, aku, keluarga, manajer dan staf agensi selalu saling mengingatkan, 'Kita harus rendah hati, turunkan pundakmu'!" ungkapnya.

Selamat ulang tahun, Lee Do Hyun! Semoga proyek terbarunya lancar dan sukses selalu.

IDN Media Channels

Latest from Working Life