Tutup
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA
unfortunately

Pembahasan RUU PKS Dianggap Sulit, Para Selebriti Ini Marah

Pengesahan jadi ikut mundur ke 2021

Ayu Utami

Sejak Selasa malam (30/06), media sosial diramaikan dengan isu usulan Komisi VIII Dewan Perwakilan Rakyat yang menarik Rancangan Undang-Undang Penghapusan Kekerasan Seksual (RUU PKS) dari Program Legislasi Nasional 2020, dengan alasan pembahasannya sulit.

Alasan tersebut kontan membuat warganet—terutama mereka yang berjuang untuk pengesahan RUU PKS tersebut—geram dan merasa alasan yang diutarakan DPR tidak masuk akal.

Pada sebuah wawancara, Wakil Ketua Komisi VIII DPR, Marwan Dasopang menjelaskan bahwa pembahasan tersebut bukan dihentikan, melainkan diundur ke 2021, agar beban DPR tahun ini tidak terlalu banyak.

Lalu, bagaimana tanggapan para selebriti yang sudah menggaungkan isu ini sejak lama?

1. Yacko

Instagram.com/itsyacko

Melihat Indonesia darurat kekerasan seksual, Yacko yang seorang rapper sekaligus dosen ini merasa marah hingga menuangkannya ke dalam caption unggahan Instagramnya. Luapan tersebut turut disambut persetujuan oleh seniman dan aktivis, Kartika Jahja.

2. Hannah Al Rashid

Instagram.com/hannahalrashid

Hannah juga tidak tinggal diam. Aktris 34 tahun tersebut merasa emosinya campur aduk, antara patah hati, marah, kecewa dan sedih. Dirinya pun melempar ajakan berkomentar kepada para pengikutnya di media sosial.

3. Indah Permatasari

Aktris pemeran Si Manis Jembatan Ancol satu ini juga tidak mau bungkam. Lewat akun media sosialnya, perempuan 23 tahun tersebut turut berkomentar dengan nada sarkasme.

4. Sonia Eryka

Content creator satu ini juga menyesalkan tentang mundurnya pengesahan RUU PKS tersebut. Menurutnya, pembahasan kekerasan seksual tidak akan sulit jika yang membahas memiliki empati terhadap korban.

5. Cinta Laura

Instagram.com/claurakiehl

Menampilkan cuitan Anindya Vivi, seorang penyintas kekerasan seksual di Instagram Story miliknya, Cinta Laura juga menyayangkan keputusan yang diusulkan oleh Komisi VIII DPR.

Dari pembahasan RUU PKS yang dianggap sulit. Bagaimana menurutmu, Bela?

IDN Media Channels

Latest from Working Life