Tutup
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA
unfortunately

Ini Penjelasan 5 Perilaku Aneh Kucing yang Sulit Dimengerti

Tingkah kucing yang bikin geleng kepala

Nindi Widya Wati

Kucing saat diamati, terkadang menunjukkan perilaku yang unik hingga terlihat aneh. Hal ini kerap membuat membuat pemiliknya bingung, bahkan frustasi dengan perilaku hewan peliharaan yang satu ini.

Apalagi, kalau mengetahui setiap kucing memiliki kepribadian dan karakteristik unik, seperti halnya manusia. Kucing biasanya kerap terlihat berguling hingga memperlihatkan bagian bokongnya. 

Sebenarnya, saat kucing menunjukkan perilaku aneh, itu merupakan bagian dari naluri alami, cara berkomunikasi, hingga menunjukkan kasih sayang kepada pemiliknya. Kira-kira apa saja perilaku aneh kucing? Yuk, simak informasinya.

1. Senang berguling

Pexels.com

Kalau bicara tingkah aneh kucing, biasanya senang salto, menjatuhkan diri ke tanah, bahkan berguling-guling. Kalau melihat kucing berguling, pertanda rasa aman dan menginginkan perhatian pemiliknya. Selain itu, kucing juga bisa menandai area dengan aromanya dengan cara ini.

2. Kucing memperlihatkan bokong

Pexels.com

Bila mengamati perilaku kucing, maka akan mengetahui kalau hewan dengan 38 spesies ini kerap mengangkat bokongnya. Kucing akan berperilaku demikian, saat sang pemilik sedang mengelusnya. 

Perilaku ini merupakan pertanda baik, karena mengartikan kucing memberi pujian kepada sang pemilik. Selain itu, kucing juga terpantau menyukai tindakan itu dan menginginkannya lagi.

3. Memakan rumput

Pexels.com

Siapa sangka, kalau kucing terkadang bisa memakan rumput atau tanaman? Perilaku tersebut, kiranya untuk memenuhi kebutuhan nutrisi kucing, lho

Bahkan, kucing dapat secara teratur makan rumput untuk merangsang aktivitas otot di saluran pencernaan dan memaksa parasit keluar dari usus. Selain itu, sari dalam rumput mengandung asam folat yang baik bagi kesehatan kucing.

4. Menjilati pemilik

Pexels.com

Pernah melihat kucing dengan sengaja menjilati pemiliknya? Ternyata, tindakan itu merupakan tanda kasih sayang dan perasaan yang positif. Bagi kucing, menjilat pemilik adalah perilaku alami sebagai bentuk ekspresi cinta, perhatian, dan ikatan sosial.

5. Duduk di kardus

Pexels.com

Beberapa kucing mungkin disediakan tempat tidur khusus oleh para pemiliknya. Akan tetapi, biasanya kucing lebih menyukai duduk di sebuah kotak atau kardus, hingga tidur di dalamnya.

Bukan tanpa alasan, ternyata kucing senang bertingkah seperti itu karena menganggap kardus layaknya tempat bermain. Selain itu, kucing adalah pemburu dan suka bersembunyi di tempat yang kecil sebelum mengejutkan mangsanya. Sehingga, kotak menjadi tempat persembunyian yang sempurna.

Itulah lima perilaku aneh kucing yang dapat membuat pemilik geleng kepala. Apakah anabulmu berperilaku sama, Bela? 

IDN Media Channels

Latest from Working Life