Tutup
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA
unfortunately

8 Fakta Video Rewind Indonesia 2023, Narasi Lebih Kompleks

Video Rewind Indonesia 2023 trending satu YouTube

Nindi Widya Wati

Hampir 10 tahun ini, setiap momen pergantian tahun baru tidak hanya disambut antusias dengan pesta kembang api. Namun, banyak orang kini juga menunggu-nunggu adanya penayangan video Rewind Indonesia.

Mengenai video Rewind Indonesia 2023, kali ini juga telah tayang di kanal youtube Indonesian Creators, pada Jumat (12/01/2024). Lewat klip berdurasi 17 menit ini, kita bisa melihat rangkuman peristiwa yang terjadi di Tanah Air selama satu tahun terakhir.

Dalam penggarapan video Rewind Indonesia 2023, ternyata menyimpan sejumlah fakta dan momen menarik, Bela. Penasaran? Yuk, simak informasi lengkapnya berikut ini! 

1. Chandra Liow dan Adi Victory kembali jadi sutradara

Instagram.com / chandraliow

Seperti menjadi kejutan, saat melihat Chandra Liow kembali menduduki kursi sutradara bersama Adi Victory di Rewind Indonesia 2023. Padahal, kalau mengingat sebelumnya, Chandra Liow sempat mengaku kepada Deddy Corbuzier bahwa ia tak akan lagi memproduksi Rewind Indonesia 2023. 

Lantaran, Chandra Liow sempat menyerahkan posisi sutradara Rewind Indonesia kepada Cia Nicolay dan Adi Victory. Namun, takdir berkata lain, Cia merasa tak akan bisa maksimal menggarap Rewind Indonesia karena mengalami musibah ditinggal salah seorang sahabatnya. 

Usai Cia memutuskan mundur menggarap Rewind Indonesia 2023, posisi sutradara pun kembali dipegang oleh Chandra Liow bersama Adi Victory. 

2. Waktu pengerjaan Rewind Indonesia cukup panjang

Instagram.com / chandraliow

Penggarapan Rewind Indonesia 2023, secara keseluruhan memangkas waktu yang tidak sebentar. Mengenai proses perencanaan Rewind Indonesia 2023 di bulan Oktober, dan syuting baru dilakukan pada akhir Desember 2023. 

Tentunya, waktu tersebut berbeda dari Rewind Indonesia sebelumnya yang dilakukan pada awal Desember. Bahkan, diketahui kalau total waktu syuting Rewind Indonesia 2023 tercatat paling panjang dalam sejarah produksi Rewind Indonesia. 

3. Pemilihan angka cantik di Rewind Indonesia 2023

YouTube.com / Indonesian Creators

Usai sibuk dengan segala proses produksi di akhir Desember, akhirnya membuat tayangan Rewind Indonesia 2023 dirilis pada 12 Januari 2024. Penayangan video Rewind Indonesia 2023 dipilih pada tanggal dan jam cantik, yang sangat mendeskripsikan Indonesia. 

Bisa kita lihat, mengenai pemilihan tanggal 12 seakan melambangkan huruf R dan bulan Januari atau bulan 1 melambangkan huruf I. Jika digabungkan, keduanya menjadi kata RI yang bisa bermakna Rewind Indonesia atau Republik Indonesia. Selain itu, durasi video 17 menit dan jam perilisan pukul 19:45 WIB dipilih sebagai angka-angka yang melambangkan tahun Kemerdekaan Indonesia.

4. Narasi Rewind Indonesia 2023 hadir lebih istimewa

YouTube.com / Indonesian Creators

Rewind Indonesia 2023 terasa makin istimewa, karena videonya dikemas dengan narasi yang menceritakan perjuangan hidup anak muda bernama Umay. Dengan diiringi lagu "Maju Tak Gentar, Membela yang Benar" karya C. Simanjuntak, kilas balik tahun 2023 tergambarkan lewat kisah hidup Umay.

Umay diceritakan sebagai sosok yang gemar menolong sesama. Namun sayang, ia menjadi korban kekerasan dari salah seorang anak orang tertinggi di negeri ini. Sengsaranya sosok Umay sebagai rakyat kecil inilah yang coba diangkat lewat Rewind Indonesia 2023.

5. Sejumlah ikon tradisional di Rewind Indonesia 2023

YouTube.com / Indonesian Creators

Video Rewind Indonesia 2023 diwarnai dengan sejumlah ikon tradisional khas Indonesia. Terlihat, setelah menyaksikan kisah Umay disambung dengan suara merdu Putri Ariani yang menyanyikan lagu "Loneliness".

Ketika juara empat America's Got Talent itu tampil, terdapat wayang gunungan yang menjadi latar penampilan Putri Ariani. Tak hanya sekali, wayang gunungan yang bermakna kehidupan itu juga muncul pada adegan lain di Rewind Indonesia 2023. 

Masih menyoroti nuansa tradisional khas Indonesia, nampak pula lewat busana yang digunakan oleh para pemeran di video Rewind Indonesia 2023. Sebagian besar dari mereka, mengenakan busana adat tradisional yang berasal dari seluruh provinsi di Tanah Air.

6. Sederet lagu viral yang menghiasi Rewind Indonesia 2023

YouTube.com / Indonesian Creators

Selain bertujuan merangkum momen-momen penting di tahun 2023, Rewind Indonesia juga memperdengarkan sejumlah lagu yang menjadi tren di sepanjang tahun kemarin. Mulai dari lagu "Rayuan Perempuan Gila" milik Nadin Amizah, "Jiwa yang Bersedih" punya Ghea Indrawari, hingga lagu "Rungkad" yang dinyanyikan Happy Asmara. 

Menggunakan teknik mashup, lagu-lagu yang mewarnai Indonesia selama 2023 itu dijadikan satu menjadi iringan video Rewind Indonesia 2023 dari awal sampai akhir. Dalam kesempatan ini, Christian Bong dari Indomusikgram yang didapuk merancang mashup dan medley Indonesia Pop Songs 2023.

7. Boyong sejumlah figur publik populer Tanah Air

YouTube.com / Indonesian Creators

Kurang lengkap rasanya, kalau video Rewind Indonesia tidak menghadirkan sejumlah influencer populer Tanah Air. Lewat video berdurasi 17 menit ini, sebagian besar dari influencer melakukan reka adegan mengenai isu yang viral di tahun 2023.

Dimulai dari munculnya sebuah pintu merah, yang menjadi akses menuju isi dari tayangan Rewind Indonesia 2023. Putri Ariani membuka rangkuman kisah di tahun 2023, dengan melantunkan lagunya berjudul "Loneliness". Muncul pula sosok Mak Beti, komika Pras Teguh, hingga Ria SW yang dikenal sebagai food vlogger. 

8. Apresiasi generasi muda yang harumkan nama Indonesia

YouTube.com / Indonesian Creators

Rewind Indonesia 2023 terasa sangat berkesan, karena turut mengapresiasi generasi muda yang berhasil mengharumkan nama Indonesia di kancah internasional. Mereka yang hadir di antaranya, Priska Madelyn Nugroho, Rifda Irfanaluthfi, Khozt Rizal, Tim E-Sports Putra & Putri, Mischka & Devon, Fareza Febriano, Chris Putra, sampai Indra Sjafri. Selain itu, sejumlah warga berprestasi lainnya juga ditampilkan melalui properti televisi. 

Itulah sejumlah fakta Rewind Indonesia 2023, apakah kamu sudah menyaksikannya, Bela? 

IDN Media Channels

Latest from Working Life