Tutup
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA
unfortunately

Kandidat Presiden Korea Selatan Ini Terlibat Kultus Aliran Sesat

Eksploitasi pengikutnya secara finansial dan seksual

Natasha Cecilia Anandita

Korea Selatan tak hanya dikenal karena dunia hiburannya, tapi juga kehidupan sosial dan budayanya yang menarik untuk dipelajari. Aliran sesat dan kultus misalnya, yang banyak berkembang di negara ini, walau penduduknya mayoritas adalah tidak beragama.

Tak ada perhitungan pasti berapa banyak sekte atau kultus di Korea Selatan, tapi diyakini ada ratusan. Para ahli menekankan bahwa terdapat sekitar 60 pemimpin sekte agama di Korea Selatan yang bersifat karismatik dan mengakui dirinya sebagai Tuhan atau Dewa.

Kini, yang menarik adalah salah satu kandidat presiden Korea Selatan untuk periode yang akan datang, dikabarkan merupakan pemimpin dari kultus aliran sesat dan telah mengeksploitasi pengikutnya. Apa saja yang dilakukannya? Berikut penjelasannya mengutip dari Koreaboo.

Huh Kyung Young yang tenar sejak tahun 2007

News1

Huh Kyung Young adalah seorang politikus Korea Selatan dari Partai Revolusioner Nasional, sekaligus kandidat Presiden Korea Selatan 2022. Debut politiknya terjadi pada tahun 1987 ketika ia mencalonkan diri untuk pemilihan presiden ke-13, tetapi ketenarannya yang sebenarnya terjadi antara 2007-2009.

Meskipun ia kalah dalam pemilihan presiden ke-17 pada tahun 2007, namun Kyung Young mendapat banyak perhatian dari kampanyenya yang unik serta sederet klaimnya yang membuat publik tertawa dan menggelengkan kepala.

kookmin Ilbo

Beberapa klaim yang pernah ia katakan, yaitu dia bisa melayang, berkomunikasi dengan makhluk luar angkasa, menyembuhkan penyakit dengan tatapannya, serta memiliki IQ lebih dari 400. Ia juga dikenal dengan klaimnya yang paling keterlaluan tentang “tunangan bersyarat dengan mantan presiden Park Geun Hye" seperti yang dikutip oleh Korea Times.

Dibekukan, dipenjara, bahkan keluarkan single

Dari 2008 hingga 2018, politikus satu ini dilarang mencalonkan diri dalam pemilihan. Salah satu alasannya adalah ia pernah dipenjara satu setengah tahun karena dinyatakan bersalah atas penyebaran informasi palsu tentang Park Geun Hye (dan tokoh masyarakat lainnya).

Terlepas dari itu, ia tetap menjadi tokoh politik yang menarik bagi orang Korea. Ulahnya pun tak sampai di situ, ia pernah merilis sebuah lagu untuk debutnya sebagai penyanyi, dengan lagu "Call Me" yang liriknya amat tidak terduga pada tahun 2009.

“Tatap mataku, itu akan membuatmu bahagia. Tatap mataku, itu akan membuatmu sehat. Sebut nama saya, itu akan membuat Anda tertawa. Sebut namaku, itu akan membuatmu lulus ujian apapun.

Nyanyikan lagu saya, itu akan membuat Anda menurunkan berat badan. Nyanyikan laguku, itu akan membuatmu tumbuh tinggi. Sebut namaku, itu akan membuatmu lebih cantik.

Sebut namaku, itu akan membuatmu lebih tampan. Sebut saja namaku tiga kali sehari, setiap pagi, siang, dan malam. Ini secara alami akan membawa senyum ke wajah Anda. Jangan ragu, lakukan sekarang juga!”

Seperti itulah penggalan liriknya.

Jalankan kultus aliran sesat dari rumahnya

youtube.com/SBSTruth

Intrik dan berbagai kampanye yang dilakukannya mulai semakin terasa menjijikan saat fakta-fakta tentang dirinya terungkap ke publik. Pada tahun 2021, program Unanswered Questions di saluran SBS mengungkap rahasia Huh Kyung Young, yang merupakan seorang pemimpin kultus yang mengeksploitatisi pengikutnya secara finansial dan seksual.

Sektenya tersebut bahkan dipimpin langsung dari rumahnya, yang disebut “Istana Surga atau Heaven Palace (Haneulgung)”. Ia bahkan menyebut dirinya sebagai "Manusia Dewa" (“God Man”). Menurut mantan pengikut kultus di segmen Unanswered Questions, aliran sesat Huh Kyung Young yang sekarang berkembang pesat, tidak religius sama sekali pada awalnya.

Kembali pada tahun 2016, Kyung Young memulai dengan berbagi interaksi seperti minum teh (atau “ceramah”, seperti yang disebut oleh para pengikutnya) dengan para pengikutnya di rumahnya. Awalnya, ceramah tentang dugaan wawasan supernaturalnya itu, tidak dikenakan biaya. Bahkan, mantan pengikut tersebut mengatakan, para pengikut yang berkunjung rela memberikan donasi untuk mendukung pertemuan kelompok kecil tersebut.

Kultus mulai berkembang dan memproklamirkan diri sebagai nabi/ dewa

huh-heavenpalace.com

Namun, ketika dia melihat peningkatan pesat dalam permintaan dari para pengikutnya, politikus itu mulai mencari ruang yang lebih besar untuk mengadakan kuliah atau ceramahnya, yang akhirnya ia menemukan sebuah tempat yang pas dan ia namakan Istana Surga (Heaven Palace).

Dan tepat saat dia pindah ke tempat baru tersebut, ia mulai menyebut dirinya sebagai “Manusia Dewa” (“God Man”). Jumlah pengikutnya meledak, ceramah menjadi lebih sering secara eksponensial, dan akhirnya, Kyung Young secara aktif mencari cara untuk mendapatkan keuntungan dari seluruh operasi Heaven Palace.

““God Man” Huh Kyung Young adalah titisan Tuhan yang mengatur ruang kosmik. Dia menunjukkan kemampuan tak terbatas dengan energinya yang datang langsung dari inti alam semesta, Istana Surga Putih.” — Situs web Huh Kyung Young (huh-heavenpalace.com)

youtube.com/SBSTruth

Sebagai “Manusia Dewa”, sang kandidat presiden ini mulai menawarkan berbagai pilihan “manfaat” bagi para pengikutnya, selain ceramah regulernya. Dari “pengalaman penyembuhan misterius" dengan "energi transendental" miliknya, hingga "papan nama" yang menjamin para pengikutnya "masuk ke istana surga putih (asal alam semesta)", Huh Kyung Young tanpa henti meyakinkan pengikutnya bahwa dia adalah makhluk yang lebih tinggi.

“Energi yang dipancarkan dari God Man Huh Kyung Young adalah energi misterius yang unik. Sifat energinya, manusia sulit untuk memahami atau menggambarkan dalam istilah konvensional… Energi Huh Kyung Young dipancarkan dalam berbagai cara dan bentuk yang mencakup kontak mata, sentuhan tangan, berkah, papan nama untuk Istana Surga Putih, dan para malaikat dari Roh Kudus.

Ketika seseorang menerima energi kosmik dengan memanggil Huh Kyung Young dia menjadi lebih kuat secara fisik dan mental dan berpengaruh bagi orang lain. Melafalkan Huh Kyung Young sepuluh kali berturut-turut membuat tingkat energi seseorang meningkat ke tingkat mu maksimum, yaitu tak terhingga.” — Situs web Huh Kyung Young (huh-heavenpalace.com)

Eksploitasi finansial dan seksual mulai terjadi

youtube.com/SBSTruth

Investigasi rahasia Unanswered Questions di dalam Heaven Palace juga mengungkapkan bahwa Kyung Young meminta pengikutnya untuk merasakan manfaatnya atau  “energi Huh Kyung Young,” dengan harga mulai dari 100.000 KRW (sekitar Rp1,2 juta) hingga 100 juta KRW (sekitar Rp1,2 miliar) tergantung pada tingkatan manfaat.

Misalnya, seorang pengikut dapat membayar 1 juta KRW untuk menerima “berkah”, yang merupakan “penebusan tanpa syarat Manusia Dewa… baik untuk yang mati maupun yang hidup.”

“Anda akan diampuni untuk semua dosa dari kehidupan Anda saat ini dan kehidupan Anda sebelumnya. Bersamaan dengan penebusan itu, Anda juga akan menerima berkah atas tanah tempat leluhur Anda dikuburkan.” — Resepsionis di Istana Surga

youtube.com/SBSTruth

Selain itu, berdasarkan penyelidikan penyamaran, terungkap bahwa politikus 72 tahun itu memaksa pengikutnya untuk menandatangani surat pernyataan saat mengunjungi Istana Surga dan menerima “berkat” dengan menyerahkan semua hak untuk menuntut pelecehan seksual terlepas dari “apa yang dia sentuh."

Dengan kata lain, pengikut nantinya tidak boleh untuk menuntut Kyung Young, jika suatu saat mereka merasa mereka telah dirugikan baik secara materi maupun pelecehan seksual.

“Saya setuju bahwa Huh Kyung Young tidak pernah melakukan prosedur medis pada saya. Saya juga setuju bahwa dia tidak pernah melecehkan atau menyerang saya secara seksual…Dengan ini saya melepaskan semua hak saya untuk mengajukan tuntutan hukum terhadap Huh Kyung Young atas tuduhan pelanggaran medis, seksual, dan/atau kriminal lainnya.

Dalam hal tuntutan hukum tersebut, saya setuju untuk digugat balik atas pencemaran nama baik dan saya setuju untuk bertanggung jawab atas semua biaya yang timbul dari gugatan perdata tersebut.” — Kutipan dari surat pernyataan tersebut

youtube.com/SBSTruth

Setelah ditandatangani, seorang pengikut dapat membayar 100,000 KRW untuk menerima “energi”, dalam bentuk dipukul, dicubit, dan umumnya diraba-raba oleh sang “manusia dewa” itu.

Media Joongang melaporkan bahwa pada tahun 2021 saja, Huh Kyung Young melipatgandakan kekayaannya dari 7,20 miliar KRW (sekitar Rp86 miliar) menjadi 26,4 miliar KRW (sekitar Rp316 miliar) dengan Heaven Palace.

youtube.com/SBSTruth

Laporan tersebut berdasarkan hasil survei oleh Komisi Pemilihan Nasional, yang bertanggung jawab mengawasi “urusan pemerintahan tentang partai politik dan dana”.

Mengenai legalitas Huh Kyung Young menggunakan uang kultus ini untuk kampanye kepresidenannya, seorang ahli mempertimbangkan dan berkomentar bahwa dia berpotensi melanggar hukum.

“Ada undang-undang tentang bagaimana dan di mana para kandidat politik ini dapat mendanai kampanye mereka. [Huh Kyung Young] menggunakan pendapatannya dari Heaven Palace untuk menjalankan kampanyenya.

Dalam hal ini, penggalangan dana politik harus terdaftar sebagai bagian dari tujuan bisnis Heaven Palace. Itulah satu-satunya cara untuk melegitimasi pendapatan bisnisnya untuk mendanai kampanye politiknya secara legal. Tapi tidak, dan secara teknis dia mungkin melanggar undang-undang dana politik,” ungkap Pengacara Shin Dong Wook.

Pendapat ahli tentang Huh Kyung Young

youtube.com/SBSTruth

Huh Kyung Young terus berdebat dengan agresif terhadap gagasan tersebut. Seorang profesor teologi dari Universitas Busan, akhirnya menunjukkan bagaimana politikus Seoul tersebut 100% memimpin aliran sesat dari Heaven Palace.

Menurutnya, Kyung Young sudah memenuhi lima persyaratan untuk membentuk kultus agama apa pun. Bahkan, ia mampu menyediakan tempat untuk para pengikutnya yang merupakan hal sulit dilakukan oleh para kultus aliran sesat lain di Korea.

youtube.com/SBSTruth

“Ada lima Ps yang membentuk kultus agama apa pun. Pertama, ia membutuhkan seorang nabi. Huh Kyung Young adalah seorang nabi bagi para pengikutnya. Kedua, perlu janji—sesuatu yang berbeda dari konsep keagamaan yang ada. Huh Kyung Young juga memilikinya.

Ketiga, perlu rencana. Huh Kyung Young memiliki rencana yang jelas yang menetapkan harga tertentu untuk tindakan tertentu. Keempat, perlu kemungkinan. Huh Kyung Young terus-menerus mempropagandakan kemungkinan janjinya dengan terus aktif dalam politik dan menawarkan janji-janji baru.

Akhirnya, ia membutuhkan tempat—sebuah base camp. Banyak sekte sebelumnya yang muncul dari Korea berjuang untuk menemukan tempat untuk berakar seperti Istana Surga. Langkah ini biasanya datang terakhir. Tapi bagi Huh Kyung Young, mengamankan tempat datang dengan mudah. Dia memiliki semua lima Ps dalam waktu yang sangat singkat,” jelas Profesor Tak Jee Il.

Sementara itu, Huh Kyung Young secara resmi terdaftar sebagai kandidat untuk pemilihan presiden ke-20 pada 14 Februari 2022. Dia mempertahankan peringkat persetujuan sebesar 5,6%.

Korea Selatan dan kultus agama

youtube.com/SBSTruth

Kultus agama memang diketahui menjamur di Korea Selatan. South China Morning Post (SCMP) melaporkan sebanyak 44% masyarakat Korea Selatan menyatakan bahwa dirinya percaya pada sekelompok sekte yang tersebar luas di negaranya.

Para ahli sendiri menekankan bahwa terdapat sekitar 60 pemimpin sekte agama di Korea Selatan yang bersifat karismatik dan mengakui dirinya sebagai Tuhan atau Dewa. Namun, kejinya, beberapa di antaranya bahkan terlibat kasus kejahatan seputar penipuan, pencucian otak, pemaksaan, hingga pemerkosaan berkelanjutan.

youtube.com/SBSTruth

Di era pandemi kemarin saja, penyebaran COVID-19 di Korea Selatan disebut-sebut karena seorang jemaat dari kultus agama gereja Shincheonji. Perkembangan kultus di Korea Selatan sendiri terjadi selama periode traumatis sepanjang sejarah Korea. Ini termasuk periode kolonial Jepang tahun 1910-1945, perang Korea 1950-1953 dan selama periode kekuasaan pemerintahan militer.

Kala itu, masyarakat Korea masih mencari identitas untuk diri mereka. Namun, setelah pengetahuan masuk, perlahan, masyarakat pun semakin tidak lagi memercayai hal-hal terkait spiritual dan memilih untuk tidak beragama.

Kultus dan politik di Korea sudah sejak lama berkaitan. Ini mungkin terjadi karena krisis identitas dan kepercayaan yang dialami banyak warganya. Belum lagi, banyak penawaran-peanwaran yang disediakan para sekte ini untuk warga Korea, terlebih dalam aspek-aspek vital kehidupan.

Korea Selatan tak hanya terkenal dengan dunia hiburannya tapi juga menjamurnya kultus yang tak sedikit berkaitan dengan politik, seperti yang terjadi pada politikus sekaligus kandidat presiden Huh Kyung Young. Bagaimana pendapatmu, Bela?

IDN Media Channels

Latest from Working Life