Tutup
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA
unfortunately

Profil Jourdy Pranata, Pemeran Andi di 'Balada Si Roy'

Pernah jadi presenter MTMA!

Nabila Damaan

Tepat pada (19/01/23) kemarin film Balada si Boy baru saja mengudara di seluruh bioskop Tanah Air. Film produksi IDN Pictures ini merupakan adaptasi dari novel karya Gol A Gong yang rilis pada tahun 80-an.

Dibintangi oleh sejumlah talenta-talenta muda berbakat, seperti Abidzar Al Ghifari sebagai Roy, Bio One sebagai Dullah, Febby Rastanty sebagai Ani, dan Jourdy Pranata sebagai Andi. Sosok Jourdy dalam film ini cukup menyita perhatian, lantaran perannya sebagai sahabat Roy yang membantu Roy memberantas ketidakadilan di sekolahnya.

Sebelum bermain dalam film Balada si Roy, Jourdy memang dikenal sebagai aktor, presenter, sekaligus musisi yang punya pamor cukup besar. Popbela merangkum profil Jourdy Pranata, pemeran Andi di film Balada Si Roy. Disimak terus, ya!

Biodata Jourdy Pranata

instagram.com/jourdy.pranata

Akrab dengan panggilan Jourdy. Pemilik nama lengkap Jourdy Pranata ini lahir pada 2 Januari 1994. Saat ini ia menginjak usia 29 tahun, nih. Jourdy adalah seorang kakak dari kedua adik perempuannya yang bernama Sofia Hasbi dan Luthfiyah Hasbi.

Diketahui, Jourdy adalah sosok kakak yang sangat dekat dengan adik-adiknya dan sang ibunda. Sebagai kakak pertama bagi dua saudara perempuanya, tentu Jourdy punya tanggung jawab yang besar untuk kedua adik dan ibunya. Apalagi semenjak sang ayah sudah meninggal dunia, tanggung jawab itu semakin terasa.

Latar belakang pendidikan

instagram.com/jourdy.pranata

Tengah disibukkan sebagai seorang model dan aktor, Jourdy termasuk artis yang tetap memperdulikan pendidikan. Jourdy mengenyam pendidikan jenjang SMK di SMK Telkom Shandy Putra Jakarta pada tahun 2008 dan lulus tahun 2011. 

Setelah lulus, dirinya melanjutkan pendidikan ke perguruan tinggi di Institut Manajemen Telkom jenjang S-1 program studi Ilmu Komunikasi, dan berhasil lulus dengan gelar sarjana di tahun 2015.

Awal perjalanan karier di dunia hiburan Tanah Air

instagram.com/jourdy.pranata

Termasuk wajah baru di dunia hiburan Tanah Air, Jourdy sendiri baru memulai kiprahnya di bidang akting pada tahun 2019 lalu. Sebenarnya di tahun 2014 dan 2017, ia juga pernah terlibat dalam sebuah produksi film, namun hanya sebagai figuran saja, yaitu di film yang berjudul Aku, Kau & KUA (2014), Pertaruhan (2017), dan My Generation (2017).

Empat tahun sejak lulus kuliah, Jourdy kembali ke dunia seni peran. Proyek film perdana yang ia ikuti, yakni film pendek berjudul Suburbia (2019) yang diproduksi oleh mahasiswa film Universitas Bina Nusantara dan berhasil masuk dalam seleksi layar komunitas di Jogja-NETPAC Asian Film Festival yang ke-14.

Sedangkan film komersil pertamanya, yaitu dalam film Habibie & Ainun 3 (2019) di mana ia berperan sebagai tokoh yang bernama Bambang. Barulah setelah itu wajahnya kerap mejeng di beberapa judul film dan series. Adapun sejumlah film yang ia perani adalah sebagai berikut:

#TemanTapiMenikah2 (2020) sebagai Joel, Preman (2021) sebagai Joko, One Night Stand (2021) sebagai Baskara, Kukira Kau Rumah (2021) sebagai Pram, Pengabdi Setan 2: Communion (2022) sebagai Dino Suhendar, Sri Asih (2022) sebagai Farzan Mahendra, dan terakhir Balada si Roy (2023) sebagai Andi.

Mulai terkenal sejak adu akting dengan Prilly Latuconsina

instagram.com/jourdy.pranata

Selain berseni peran di layar lebar, seperti yang kita ketahui Jourdy juga langganan banget main di sejumlah web series. Sosok Jourdy sendiri mulai populer semenjak berperan dalam web series I Love You Silly bersama Prilly Latuconsina di tahun 2021.

Berikut ini adalah sejumlah web series yang pernah ia bintangi setelah I Love You Silly (2021). 

  • Heart Work(s) Season 3 (2021)
  • Hari ini Kenapa, Naira? (2021)
  • Virgin the Series (2022)
  • Married with Senior(2022)
  • My First (2022)
  • Happy Go Jenny (2022)
  • Terakhir ia beradu akting dengan Natasha Wilona di series Diva (2022).

Sempat jadi pembawa acara program petualangan

instagram.com/jourdy.pranata

Wajahnya kerap kita lihat di berbagai judul film dan series, ternyata Jourdy sebelumnya pernah memandu acara petualangan di salah satu televisi Indonesia, lho. Yap, Jourdy ternyata pernah menjadi salah satu presenter di dalam program My Trip, My Adventure. Ia menjadi host di program tersebut sebanyak 5 episode di tahun 2020.

Langganan jadi model dan model musik video

instagram.com/jourdy.pranata

Punya paras yang rupawan, Jourdy juga kerap didapuk sebagai model. Baik model pakaian, hingga model di sejumlah musik video. Bahkan baru-baru ini Jourdy ditunjuk sebagai duta festival dalam Pekan Film Jakarta yang digelar pada 13-16 Oktober 2022.

Terbaru, Jourdy tengah terlihat sedang melakukan proses syuting musik video dari penyanyi Tiara Andhini bertajuk “Usai”. Selain itu, ia juga pernah membintangi video klip musik dari musisi Tanah Air. Berikut adalah daftar musik video yang pernah ia bintangi.

  1. "The Art of Letting Go" - Humania dan Maizura (2019)
  2. "Safar" - Sekaranggi (2020) sebagai Safar
  3. "Temporary Hours" - Rifan Kalbuadi (2020)
  4. "Be(lie)ve" - Sekaranggi (2020) sebagai Safar
  5. "5207" - Rifan Kalbuadi (2020)
  6. "Lelah" - Lio Wairara (2021)
  7. "Sabar" - Geisha (2022)

Penghargaan di dunia akting

instagram.com/jourdy.pranata

Sejak terjun ke dunia akting, kemampuannya dalam dunia seni perannya nggak bisa diragukan. Hal tersebut dibuktikan dari sejumlah nominasi dan penghargaan yang pernah ia raih selama berprofesi sebagai aktor.

Dalam film Kukira Kau Rumah yang disutradarai oleh Umay Shahab ini, Jourdy berhasil menyabet piala penghargaan untuk kategori Pemeran Utama Pria Terfavorit dan Pemeran Pasangan Terfavorit bersama Prilly Latuconsina dalam Indonesia Movie Actors Awards 2022.

Namanya juga kerap masuk ke dalam nominasi penghargaan film, seperti: 

  1. Indonesian Movie Actors Awards 2022 – Pemeran Pasangan Terbaik (bersama Prilly Latuconsina) – Kukira Kau Rumah
  2. Indonesian Movie Actors Awards 2022 – Pemeran Utama Pria Terbaik – Kukira Kau Rumah
  3. Piala Maya 2022 – Aktor Utama Terpilih – One Night Stand

Demikianlah profil Jourdy Pranata, pemeran Andi di Balada Si Roy. Naksir, nggak, sih?

IDN Media Channels

Latest from Working Life