Tutup
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA
unfortunately

Profil Bima Yudho, Kreator TikTok yang Kritik Kondisi Kota Lampung

Suaranya mewakili warga kota Lampung

Nabila Damaan

Bima, seorang pemuda asal Indonesia yang kini tengah menempuh pendidikan di Australia, menjadi sorot pembicaraan berkat aksinya mengkritik kondisi kota Lampung di media sosial, TikTok. 

Kreator yang satu ini membuat video pendek berisikan kritik terhadap pemerintah, khususnya pemerintah setempat yang dinilai lalai membangun kota Lampung. Sontak video yang diunggahnya melalui akun TikTok @awbimaxrebon pun menjadi viral, dan ternyata, nggak jarang banyak warga yang mendukung aksinya tersebut.

Publik pun dibuat penasaran dengan sosok Bima Yudho, apalagi setelah diketahui bahwa dirinya dan orang tuanya mendapatkan intervensi dari Pejabat Lampung Utara tempatnya bermukim. Lantas seperti apa profil Bima?

1. Pemilik akun Awbimax Rebon memiliki nama lengkap adalah Bima Yudho Saputro.

instagram.com/awbimax

2. Bima adalah pelajar berusia 20 tahun yang tengah menempuh pendidikan di Australia dengan biaya mandiri dari orang tuanya.

instagram.com/awbimax

3. Pada bulan Maret 2023, Bima lulus dari Australian College of Business Intelligence (ACBI) dengan gelar Diploma Digital Marketing.

instagram.com/awbimax

4. Diketahui, Bima akan melanjutkan gelar S1 di Western Sydney University.

instagram.com/awbimax

5. Selama menjalani pendidikan, Bima juga aktif menjadi konten kreator di berbagai platform termasuk TikTok, Bela. Hingga saat ini ia memiliki 923 ribu pengikut di TikTok.

tiktok.com/@awbimaxreborn

6. Untuk menambah pemasukan, Bima diketahui juga menjadi pekerja paruh waktu di Australia.

instagram.com/awbimax

7. Bima sendiri berasal dari masyarakat menengah ke atas, lantaran sang ayah yang bekerja sebagai PNS dan ibunya yang merupakan pemilik pabrik produk hasil pertanian di Lampung.

instagram.com/awbimax

8. Melalui akun TikTok, Bima bercerita bahwa ia sempat gagal masuk PTN (Perguruan Tinggi Negeri) di kampus ITB (Institut Teknologi Bandung).

instagram.com/awbimax

9. Sebelum akhirnya memutuskan belajar ke luar negeri, Bima sempat diterima di UNAIR (Universitas Airlangga) jurusan Akuakultur, di Universitas Brawijaya jurusan Agribisnis, dan di ITS (Institut Teknologi Sepuluh Nopember) dan diterima di jurusan Informatika, lho.

instagram.com/awbimax

10. Namanya semakin viral setelah membuat video kritik tentang kondisi kota Lampung. Ia sempat dilaporkan ke polisi, namun ia tidak takut. Justru Bima bisa mendapatkan protection visa dari Australia

tiktok.com/@awbimaxreborn

11. Sempat mendapatkan ancaman, Bima mendapatkan banyak dukungan, termasuk dari Hotman Paris

12. Setelah viral, banyak warga Lampung yang ikut speak-up tentang kondisi jalanan Kota Lampung

tiktok.com/@miradesianalampung12

13. Beberapa wargapun mengucapkan terima kasih kepada Bima, karena tak lama sejak viral, jalanan di Kota Lampung mulai diperbaiki

Itulah sekilas tentang profil Bima Yudho Saputro, kreator TikTok yang berani utarakan keresahan tentang kampung halamannya. 

IDN Media Channels

Latest from Working Life