Tutup
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA
unfortunately

Kota-Kota dengan Sistem Transportasi Terbaik, Indonesia Urutan Berapa?

Hong Kong jadi yang terbaik

Nabila Damaan

Angkutan umum menjadi salah satu elemen penting bagi suatu kota. Kemajuan suatu negara juga bisa dilihat dari sistem transportasi publiknya yang baik, lho. Belum lagi jaringan kereta api dan jaringan jalan yang terintegrasi dengan baik yang terhubung dengan moda-moda transportasi lainnya ke berbagai kota, seperti yang dilakukan oleh kota-kota yang akan Popbela bahas kali ini.

Menurut Oliver Wyman Forum dan University of California, Berkeley, 10 daftar kota di bawah ini dinilai memiliki sistem transportasi publik terbaik di dunia, lho.

Lantas, Indonesia sendiri berada di urutan berapa ya? Untuk mengetahuinya, simak terus artikelnya, yuk! 

10. London – 64%

maliktravel.net

Banyak kota terbaik untuk transportasi umum ada di Eropa, London, Inggris salah satunya. London berada di urutan ke-10 sebagai kota dengan sistem transportasi publik terbaik di dunia.

Menurut Oliver Wyman Forum dan University of California sistem transportasi di London terbaik dengan angka 64% yang didukung jaringan transportasi yang luas dan berkembang mencakup layanan swasta dan publik.

Hampir seluruh moda transportasi publik menjangkau seluruh kota, mulai dari kereta api, metro, dan bus yang saling terintegrasi.

Belum lagi baru-baru ini London menambahkan jalur, Elizabeth Line. Jalur kereta api bawah tanah baru yang terbentang lebih dari 100 km dari Reading dan Heathrow di barat melalui terowongan tengah menyeberang ke Shenfield dan Abbey Wood di timur.

9. Berlin – 65%

ec.europa.eu

Masih ada di benua Eropa, dan nggak jauh berbeda dengan London, Berlin juga punya sistem transportasi terbaik di dunia. Melansir Business Today, Berlin memiliki jaringan kereta metro dan pinggiran kota melalui trem dan kapal feri.

Canggihnya lagi, semua moda transportasi di Berlin bisa dipantau melalui aplikasi. Aplikasi tersebut juga menyediakan perencanaan perjalanan dan pembayaran seluruh transportasi publik, termasuk mobil dan e-skuter, lho.

8. Paris – 66%

mastercer.com

Paris juga menjalankan sistem transportasi publik dengan sangat baik. Hal tersebut dibuktikan dengan adanya 16 jalur metro dengan lebih dari 300 stasiun pemberhentian. Hanya dengan menggunakan metro kamu bisa menjangkau banyak kota di Paris. 

Sistem transportasi umum Paris dijalankan oleh RATP dan terdiri dari Métro (bawah tanah), Trem, kereta ekspres pinggiran RER (yang terhubung dengan Métro di dalam Paris), bus dan Noctilien (bus malam). 

Melansir Business Today, Paris telah menggunakan kembali ruang jalanan dan mempersempit ruang parkir demi mendorong orang-orang menggunakan moda transportasi publik. Sekarang kamu akan lebih jarang melihat mobil-mobil yang terparkir di pinggir jalan Kota Paris, Bela.

7. Tokyo – 66%

tokyocheapo.com

Pindah ke benua Asia, nggak heran kalau kota Tokyo di Jepang punya sistem transportasi terbaik di dunia. Masyarakat Jepang dikenal dengan ketertibannya. Berada di angka 66%, sistem transportasi di Tokyo diunggulkan dengan tersedianya moda transportasi yang memadai dengan keberangkatan tepat waktu. Sehingga kamu nggak akan menemukan tuh alasan telat karena gangguan KRL di sana. 

Tokyo juga ramah untuk turis karena papan petunjuk multibahasa, selain itu juga terdapat Tokyo juga menyediakan JR Rail Pass atau kartu perjalanan, kamu dapat mudah menavigasi stasiun, naik dan turun bus, dan bahkan naik bus air dengan mudah.

6. Oslo – 67%

nordicbackyard.com

Ibu Kota Norwegia, Oslo juga punya sistem transportasi yang baik. Layaknya negara-negara di benua Eropa semua moda transportasi sudah saling terintegrasi menjangkau ke seluruh penjuru kota.

Baik warga lokal maupun turis merasa perjalanan dengan transportasi publik sangatlah mulus, kecuali ketika badai salju tiba yang akan menyebabkan beberapa penundaan. 

Sistem kereta api kota sangat efisien dan mencakup sebagian besar negara, seperti halnya berbagai jalur bus, trem, dan feri. Karena sebagian besar Norwegia terletak di pantai, feri terkadang merupakan bentuk transportasi tercepat.

5. Helsinki – 71%

intelligenttransport.com

Helsinki adalah ibu kota sekaligus kota terbesar di Finlandia yang memiliki sistem transportasi terbaik ke-5 di dunia. Helsinki memiliki sistem angkutan umum yang sangat baik, terdiri dari layanan bus, trem, metro, kereta komuter, dan feri. 

Menerapkan prinsip multimoda, hanya dengan satu tiket kamu dapat naik trem, bus, metro, dan bahkan feri kota ke Suomenlinna. Lewat aplikasi tersebut kamu bisa mengatur perjalanan dengan pemilihan moda dan rute yang tepat meski pada jam-jam sibuk.

4. Singapura – 72%

tripsavvy.com

Dekat dengan Indonesia, dan dikenal sebagai salah satu negara maju di Asia Tenggara, membuat Singapura secara serius menanggapi masalah transportasi.

Pilihan angkutan umum di Singapura mudah dijangkau bahkan hanya dengan berjalan kaki. Menempatkan Singapura pada posisi ke-4 dengan sistem transportasi terbaik.

Transportasi di Singapura umumnya berbasis di darat. Beberapa bagian Singapura bisa diakses dengan jalan raya, termasuk pulau-pulau seperti Sentosa dan Pulau Jurong.

Selain itu, Singapura juga memiliki kesiapsiagaan risiko yang kuat, serta memiliki kemampuan dalam manajemen bencana, sehingga Singapura tumbuh sebagai negara dengan jaringan transportasi yang tangguh.

3. Stockholm – 73%

wikimedia.com

Seperti kota-kota lain dalam daftar, Stockholm, ibu kota Swedia  menawarkan jaringan bus, kereta api, kereta bawah tanah, dan feri yang efisien. Sistem kereta bawah tanah mereka yang dikenal dengan The Metro, The Tunnelbana atau T-bana sangat dihargai, dikenal karena kebersihan, catatan keamanan, dan keluasannya.

Stasiun bawah tanah ini dijuluki "galeri seni terpanjang di dunia", karena dari 100 stasiun yang ada, lebih dari 90 dihias dengan lukisan, mozaik, pahatan, dan keajaiban artistik lainnya. 

Perahu juga merupakan cara yang luar biasa bagi wisatawan untuk berkeliling, menawarkan akses pemandangan yang terjangkau ke tempat-tempat wisata utama seperti taman hiburan Gröna Lund dan Istana Drottningholm yang megah.

2. Zurich – 73%

wwf.panda.org

Kebanyakan masyarakat kota Zurich, Rusia memilih berjalan kaki. Namun, bukan berarti tidak tersedianya angkutan umum, ya. Kota ini menawarkan sistem angkutan umum yang luar biasa, Bela. Terdiri dari kapal, trem, kereta gantung, dan kereta api, untuk melayani mereka yang bosan berjalan kaki.

Sepertinya kita juga nggak perlu membeli tiket kelas satu, karena angkutan umum di kota ini sudah layaknya seperti angkutan umum eksklusif. Bagaimana tidak, baik stasiun maupun kereta yang mereka miliki sangatlah bersih dan nyaman.

1. Hong Kong – 77%

news.rthk.hk

Menurut Oliver Wyman Forum dan University of California, menempatkan Hong Kong berada di urutan nomor 1. Hong Kong memiliki salah satu sistem transit yang paling mengesankan di dunia, digunakan oleh sekitar 5,8 juta orang setiap hari.

Luasnya jaringan metro memastikan bahwa 75 persen populasi berada dalam jarak satu kilometer dari stasiun. Terlepas dari banyaknya lalu lintas pejalan kaki harian yang dilihatnya, sistem ini mempertahankan tingkat ketepatan waktu 99,9 persen yang luar biasa.

Jakarta

channelnewsasia.com

Jakarta menjadi salah satu kota di Indonesia yang sudah menerapkan sistem transportasi terintegrasi. Harga angkutan umum nya pun cukup terjangkau dengan pembayaran terpadu untuk seluruh moda.

Hanya saja infrastruktur transportasi, terbatasnya moda transportasi di Jakarta yang masih kurang memadai, menempatkan Jakarta pada urutan ke-38, nih Bela. 

Itulah 10 daftar kota dengan sistem transportasi publik terbaik di dunia. Kalau menurutmu kota mana yang punya sistem angkutan umum terbaik? Ceritakan pengalamanmu di kolom komentar, ya!

IDN Media Channels

Latest from Working Life