Indonesia terkenal akan kekayaan alam yang luar biasa. Mulai dari destinasi wisata, kebudayaan bahkan harta hewani dan hayati yang terbentang dari Sabang sampai Merauke. Nggak hanya itu, transportasi di Indonesia juga nggak kalah unik. Bisa ditemukan di Indonesia yang berbeda dengan negara lain, ini beberapa transportasi ikoniknya.

1. Delman

Transportasi Ikonik Indonesia yang Sudah Jarang Terlihat di Kota Besaryoutube.com/ Lintang Akayla

Semakin adanya modernisasi transportasi, nggak aka nada yang menggantikan delman. Alat transportasi yang juga dijadikan lagu, berawal dari fungsinya untuk mengangkut barang. Kereta yang ditarik oleh kuda ini berasal dari nama penemunya, Charles Theodore Deeleman. Seorang litografer dan insinyur Belanda pada masa Hindia Belanda.

2. Becak

Transportasi Ikonik Indonesia yang Sudah Jarang Terlihat di Kota Besartransportasi.co/

Alat transportasi yang nggak menggunakan mesin selanjutnya adalah becak. Beroda tiga dengan seorang pengemudi yang mengayuh pedal seperti sepeda. Walaupun jarang, becak masih sering ditemukan di kota-kota seperti Yogyakarta, Semarang dan kota-kota lainnya di Jawa.

3. Bajaj

Transportasi Ikonik Indonesia yang Sudah Jarang Terlihat di Kota Besardesiyoelan.blogspot.com/

Alat transportasi bermotor roda tiga ini masih sering ditemukan di kota Jakarta. Dikemudikan oleh seorang supir, bajaj belum menggunakan setang bundar seperti mobil melainkan setang lurus seperti motor. Cukup mungil dan gesit, bemo masih digemari karena dapat masuk ke gang-gang kecil dan bisa menampung dua orang dewasa.

4. Bemo

Transportasi Ikonik Indonesia yang Sudah Jarang Terlihat di Kota BesarDok. internet

Bemo atau singkatan dari ‘becak-motor’ ini mirip seperti bajaj. Bedanya adalah bemo bisa menampung empat hingga enam penunmpang dewasa sekaligus. Kamu akan menemui bemo di kota Jakarta, Bogor, Bandung, Surabaya, Malang, Padang, dll.

5. Bentor

Transportasi Ikonik Indonesia yang Sudah Jarang Terlihat di Kota BesarToba Satu

Ada lagi nih kombinasi antara becak dan motor alias Bentor. Kamu bisa menemui alat transportasi umum ini di Medan. Bentuknya seperti becak, yang membedakan adalah pengemudi nggak menggayuh pedal tetapi sudah menggunakan mesin motor. Jadi pengemudi nggak capek lagi deh.

6. Angkot

Transportasi Ikonik Indonesia yang Sudah Jarang Terlihat di Kota BesarHilman Kamaludin

Nah angkot adalah alat transportasi umum bermotor yang masih banyak kamu temui sekarang. Nggak seperti bus yang menurunkan penumpang di halte, angkot lebih fleksibel karena bisa menaikkan dan menurunkan penumpang di mana saja. Hanya saja, kebiasaan ini membuat jalanan macet dan kurang tertib, terlebih jika sopir angkot ngetem di pinggir jalan.

7. Perahu klotok

Transportasi Ikonik Indonesia yang Sudah Jarang Terlihat di Kota Besartravelingprecils.com/

Kamu bisa menemui alat transportasi ini di Banjarmasin. Digunakan untuk wisata air, biasanya perahu klotok beroperasi untuk mengelilingi hutan melalui sungai. Wah sudah terbayang bukan, keseruan dan pengalaman yang nggak terlupakan?

Baca Juga: Etika Menggunakan Transportasi Umum yang Wajib Kamu Ketahui