Tutup
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA
unfortunately

15 Selebriti Korea Paling Kaya di Tahun 2022, Ada Lee Seung Gi? 

Dihitung berdasarkan pendapatan bersih

Nabila Damaan

Seperti yang kita ketahui, segala hal yang berkaitan dengan Korea Selatan, khususnya dunia hiburannya nggak pernah kehilangan sorotan dunia. Mulai dan musik, film, acara tv, dan lain sebagainya melekat di seluruh penggemar di seluruh dunia.

Hal tersebut tentunya disokong dengan kepiawaian para idol yang mampu memikat banyak hati lewat karya-karya mereka. Imbasnya tentu pendapatan yang menjanjikan dari tahun ke tahun.

Nah, untuk menutup tahun 2022, melansir dari berbagai sumber, Popbela akan menyajikan 15 daftar selebriti Korea Selatan yang memiliki jumlah pendapatan bersih terbanyak. Siapa saja mereka? Check this out!

15. Kim Tae Hee - US$16 Juta

hancinema.com

Aktor Korea yang menduduki peringkat ke-15 daftar selebriti Korea paling kaya di tahun 2022 dipegang oleh bintang drama mengharukan Hey Bye Mama, Kim Tae Hee.

Walaupun lahir dari keluarga yang kaya raya, namun Kim Tae Hee dapat membuktikan bahwa dirinya juga bisa memperoleh penghasilannya sendiri.

Menurut whatsthenetworth.com, kekayaan bersih Kim tae Hee diperkirakan mencapai US$16 juta, di mana sebagian besar berasal dari kariernya sebagai aktris. Dia juga menghasilkan banyak uang dari iklan dan, tentu saja, investasi real estate bersama sang suami, Rain.

14. Lee Seung Gi - US$16 Juta

soompi.com

Lee Seung Gi adalah selebritas Korea multitalenta yang merupakan seorang aktor, penghibur, pembawa acara, dan penyanyi yang berkualitas.

Dia adalah aktor Korea terkaya ke-14 dengan perkiraan kekayaan bersih mencapai USD$16 juta. Dikenal dengan drama papan atas seperti Vagabond dan Mouse, dapat dikatakan bahwa Lee Seung Gi berkantong tebal. Menurut International Business Times, bintang A Korean Odyssey itu dilaporkan menghasilkan 120 juta won  per episode K-drama. Belum lagi dengan kerjasamanya sebagai model merek-merek ternama. 

“Because You're My Woman”, “Will You Marry Me”, dan “Return” adalah beberapa lagu hits yang membuat pendengarnya menghentakkan kaki. Sayangnya ia sedang dalam lilitan kasus hukum dengan agensinya, Hook Entertainment yang diduga tidak membayar royalti dan penghasilan dari dirinya bernyanyi selama belasan tahun. Kalau semua terbayar, bisa jadi Lee Seung Gi masuk dalam 10 besar aktor terkaya Korea, nih!

13. Park Seo Joon - US$21 Juta

koreaboo.com

Park Seo-Joon menempati urutan ke-13 dalam daftar slebriti Korea terkaya dengan perkiraan kekayaan bersih US$21 juta. Aktor ini menjadi populer karena perannya dalam serial TV drama romantis remaja Fight For My Way yang sukses besar.

Belum lama ini, penggemar dibuat terkejut dengan pernyataan bahwa pemeran Itaewon Class ini akan membintangi salah satu proyek MCU, The Avenger.  

Meskipun ia mungkin tidak masuk dalam daftar aktor K-drama dengan bayaran tertinggi, bintang What's Wrong with Secretary Kim ini adalah salah satu selebriti Korea Selatan terkaya, bergabung dengan aktor peraih penghargaan Lee Seung Gi, Hyun Bin, So Ji Sub dan banyak lagi.

12. Hyunbin - US$21 Juta

soompi.com

Hyun Bin menjadi populer karena penampilannya dalam drama televisi komedi romantis My Name is Kim Sam-soon. Dia kemudian tampil di sejumlah acara TV terkenal seperti drama fantasi romantis Secret Garden, drama fantasi Memories of the Alhambra, dan komedi romantis Crash Landing on You.

Namanya juga berhasil masuk ke dalam daftar aktor Korea dengan bayaran termahal per episode, yakni mencapai 110.000 won per episode. Hyun Bin muncul di beberapa film baru, yaitu The Point Men, Confidential Assignment 2 dan Harbin, yang akan menambah jutaan kekayaan bersihnya. Saat ini ia telah mengantongi kekayaan bersih sebesar US$21 juta.

11. Song Joong Ki - US$24 Juta

mustsharenews.com

Song Joong Ki berhasil masuk ke dalam daftar selebriti Korea paling berpengaruh versi Forbes dalam dua tahun, yakni 2013 dan 2018, masing-masing menempati peringkat ke-7 dan ke-8.

Drama hit seperti Sungkyunkwan Scandal, Descendants of The Sun hingga Vincenzo telah membantu Song Joong Ki menjadi salah satu bintang dengan kekayaan bersih sebesar US$24 juta. Rata-rata, untuk setiap episode, ia menghasilkan US$50.300. Selain itu, dia adalah duta merek perusahaan pasar online 11Street dari SK Planet.

10. Song Hye Kyo - US$25 Juta

allkpop.com

Namanya semakin terkenal sejak dia membintangi serial komedi romantis tahun 2004 berjudul Full House. Sejak itu, aktris Korea Selatan itu ditunjuk untuk memimpin beberapa acara televisi paling terkenal belakangan ini, termasuk Encounter dengan Park Bo Gum dan Descendants of the Sun dengan mantan suaminya, Song Joong Ki.

Menurut laporan, Song Hye Kyo memiliki kekayaan bersih sebesar US$25 juta per Juli 2021. Mantan istri Song Joong Ki ini mendapatkan sebagian besar penghasilannya dari perannya dalam serial televisi dan film.

Selain penghasilan dari film Song Hye Kyo juga mendapatkan sejumlah uang dari pekerjaannya sebagai duta merek-merek terkenal, seperti merek high-end Fendi, dan beberapa merek kosmetik.

9. Lee Min Ho - US$26 Juta

soompi.com

Lee Min Ho adalah aktor, penyanyi, dan model Korea Selatan yang merupakan aktor terkaya keempat dengan perkiraan kekayaan bersih sebesar US$26 juta. Dia meraih ketenaran tidak hanya di Korea tetapi juga di Asia karena memerankan karakter Gu Jun-Pyo dalam film 2009 Boys Over Flowers.

Nama Lee Min Ho masuk ke dalam urutan 10 besar selebriti terkaya di tahun 2022. Orang dalam industri mengungkapkan bahwa jika merek ingin Lee Min Ho mendukung produk mereka, mereka harus membayarnya US$800 ribu. Lee Min Ho juga merupakan salah satu aktor K-drama dengan bayaran tertinggi, nih.

Dia mengantongi penghargaan Aktor Pendatang Baru Terbaik untuk Boys Over Flowers di Baeksang Arts Awards ke-45. Dia adalah salah satu aktor dengan bayaran tertinggi yang mengenakan biaya US$58.700 untuk setiap penampilan.

8. Ha Ji Won - US$30 Juta

soompi.com

Jeon Hae Rim atau lebih dikenal dengan nama panggungnya Ha Ji Won, menempati urutan ke-8 dalam daftar 15 besar selebriti terkaya di tahun 2022.

Perempuan kelahiran 1978 ini dikenal karena kepiawaiannya dalam memainkan sejumlah karakter dan emosi dengan sangat mudah dan terampil. Ji Won adalah salah satu aktris Korea Selatan yang paling dicari dan diakui. Pada tahun 2010, Ha Ji Won menjadi sensasi besar setelah beradu akting dengan Hyun Bin dalam drama Secret Garden. 

Melansir Kbizoom, meskipun dia tidak lagi seaktif di masa puncaknya, dengan bakat dan popularitasnya, Ha Ji Won selalu berada di puncak aktris dengan bayaran tertinggi di Korea dengan sekitar 400-600 juta won untuk setiap karya. Pada tahun 2016, untuk setiap kontrak periklanan, Ha Ji Won menerima 500 juta won.

7. Park Bo Young - US$30 Juta

soompi.com

Memulai debut akting ketika masih duduk di sekolah menengah, Park Bo Young saat ini menduduki peringkat ke-7 daftar selebriti terkaya di tahun 2022.

Aktris Korea Selatan terkenal karena perannya dalam film A Werewolf Boy (sebagai Eun-joo) dan Scandal Makers (sebagai Hwang Jeong-nam). Dia juga muncul dalam serial televisi seperti The King and I dan Jungle Fish.

Dalam daftar yang dikeluarkan oleh Hype MY, terungkap bahwa dia adalah atris dengan bayaran tertinggi ke-9 pada tahun 2020. Terungkap juga bahwa dia dibayar sekitar US$25.000  per episode. Peringkat di atasnya adalah Shih Min A, yang juga dikabarkan mendapatkan penghasilan sebanyak itu per episode.

6. Lee Jong Suk - US$32 Juta

soompi.com

Pemeran karakter Park Chang-ho dalam drama Big Mouth, Lee Jong Suk, menduduki posisi ke-6 daftar selebriti Korea Selatan terkaya di tahun 2022.

Sebelum membintangi banyak drama populer, Lee Jung Suk ternyata pernah dinobatkan sebagai model laki-laki termuda yang pernah berpartisipasi di Seoul Fashion Week.

Mulai tahun 2016, Lee Jong Suk telah mendapatkan setidaknya 50 juta won per episode. Dengan wajah tampan dan pengalaman modeling sebelumnya, Lee Jong Suk juga membuat mendapatkan penghasilan melalui iklan dan kontrak iklan. Sejak 2020, ia secara teratur muncul di peringkat aktor Korea terkaya dengan kekayaan bersih yang mencapai US$32 juta. 

5. Bae Suzy - USD35 Juta

NME.com

Berada di posisi ke-5, Bae Su-ji atau yang lebih kita kenal dengan Bae Suzy salah satu aktris Korea Selatan terkaya dalam usianya yang masih 27 tahun. Jumlah kekayaan mencapai US$35 juta. Memiliki banyak talenta, mantan anggota Miss A ini juga pandai dalam seni peran, lho Bela.

Suzy memperoleh kekayaan bersih awalnya melalui promosinya sebagai anggota Miss A. setelah para anggota berpisah dengan JYP Entertainment, Suzy fokus pada karier solonya. Kebanyakan pendapatan ia dapatkan dari royalti atas karya-karya yang ia tulis. 

Sebagai artis solo, Suzy merilis dua mini album, Yes? No? dan Faces of Love. Dia juga tampil di lagu artis lain, seperti "Before This Song Ends" dari JJ Projects, ""I Won't Do Bad Things" dari B1A4, "Together in Love" dari Show Lo, dan "Out of Breath" dari Babylon.

4. Lee Young Ae - US$40 Juta

soompi.com

Lee Young Ae adalah seorang aktris sekaligus model asal Korea Selatan. Namanya semakin bersinar semenjak membintangi drama sejarah bertajuk Dae Jang Geum. Melalui drama tersebut pun berhasil mendapatkan banyak penghargaan untuk aktris terbaik.

Menurut celebritynetworth.com , kekayaan bersih Lee Young Ae diperkirakan mencapai US$40 juta. Sumber penghasilan utamanya adalah melalui drama-drama top-rating, jadi tidak diragukan lagi bagaimana aktris Saimdang, Light's Diary ini berhasil menghasilkan jutaan. 

Selain serial hitnya, dia juga menjadi wajah dari LG Household dan brand ambassador perawatan kulit mewah The History of Whoo dan Mamonde dari Amore Pacific. 

Lee Young Ae, pemenang Baeksang Arts ini juga menjadi bos bagi dirinya sendiri setelah membangun merek kosmetiknya sendiri, Lyanature. 

3. So Ji Sub - USD$41 Juta

allkpop.com

Perkiraan kekayaan bersih So Ji Sub setelah lebih dari 20 tahun bekerja di industri ini adalah US$41 juta. Untuk setiap episode, So Ji Sub dibayar US$67.100.

Meskipun berada di urutan ke-3 dalam daftar, kekayaan bersih So Ji Sub masih hampir 3 kali lebih rendah dari Kim Soo Hyun, nih Bela. Wah, sudah terbayangkan berapa jumlah kekayaan Kim Soo Hyun.

Memulai kariernya sebagai model jeans, So Ji Sub berkembang sebagai atlet renang, aktor sekaligus rapper terkenal di Korea Selatan. Selama 25 tahun berkarier, ia telah membintangi banyak film, acara televisi, serial web, dan video musik, salah satu drama yang mengangkat namanya, yaitu Doctor Lawyer. 

2. IU - US$45 Juta

allkpop.com

IU (Lee Ji-eun) adalah salah satu aktris paling terkenal di Korea Selatan. Punya banyak bakat UI bukan hanya hebat dalam dunia tarik suara dan produksi lagu. Kemampuan aktingnya pun nggak pernah diragukan. Dibuktikan dengan drama-drama populer yang pernah ia bintangi, salah satunya ialah Hotel de Luna.

Di awal tahun 2022, IU dinobatkan sebagai salah satu idola K-Pop terkaya dari royalti hak cipta di Korea Selatan. Selain membuat musik dan akting, IU yang bernama asli Lee Ji-eun juga mengambil bagian dalam kegiatan hiburan lainnya seperti menjadi pembawa acara musik, model, kemitraan berbayar, iklan, dan ditunjuk sebagai duta merek. Kekayaan bersih IU di tahun 2022 sekitar US$35 hingga US$45 juta, dan jumlah tersebut akan terus bertambah seiring berjalannya waktu. 

1. Kim Soo Hyun - US$117 Juta

herworldsingapore.com

Pemegang tahta selebriti terkaya di Korea Selatan tahun 2022 ialah Kim Soo Hyun. Dirinya dikenal sebagai salah satu aktor dengan bayaran tertinggi saat ini, lho.

Menurut CEO World pada tahun 2021, Kim Soo Hyun adalah aktor Korea terkaya dengan kekayaan bersih mencapai USD$117 juta, yang tidak mengherankan karena Kim Soo Hyun telah dikenal sebagai salah satu aktor A-tier dengan bayaran tertinggi di industri ini. 

Melansir Kbizoom, bintang My Love From The Star, Kim Soo Hyun menghasilkan 600 juta won dari iklan. Sejauh ini, jumlah ini telah meningkat menjadi 800 juta won.

Di Korea saja, Kim Soo Hyun telah mengantongi lebih dari USD$10 juta melalui 15 iklan dan kontrak sponsor. Dengan 30 iklan di pasar Tiongkok, dia telah menghasilkan lebih banyak uang, hingga USD$81 juta.

Demikianlah daftar 15 selebriti Korea Selatan paling kaya di tahun 2022. Jumlah kekayaan tersebut dilihat dari pendapatan bersih, dan masih akan terus bertambah seiring berjalannya waktu. 

IDN Media Channels

Latest from Working Life