Kasus penggeledahan Hook Entertainment, yang merupakan rumah bagi Lee Seung Gi, Park Min Young, hingga Lee Seo Jin tampaknya menemui babak baru. Dilaporkan bahwa agensi tersebut mendapat penggeledahan dari pihak Kepolisian Korea Selatan pada 10 November 2022.

Semula, tindakan penggeledahan ini dikaitkan dengan perusahaan milik Kang Jong Hyun. Namun, Dispatch memberikan bukti di luar tuduhan awal. Malahan, nama Lee Seung Gi terseret cukup dalam dan diduga tidak menerima bayaran sepeser pun dari agensi. 

Benarkah Hook Entertainment memperdaya Lee Seung Gi sejak debut? Cari tahu kronologi lengkapnya di bawah ini.

1. Lee Seung Gi meminta laporan keuangan

Lee Seung Gi Tak Dibayar, 10 Fakta Terbaru Kasus Hook EntertainmentKdramastars.com

Melansir Koreaboo, Lee Seung Gi sempat meminta laporan keuangan secara lengkap dari agensinya, Hook Entertainment di tengah kisruh penggeledahan pada Sabtu (18/11/2022) lalu.

Orang dalam industri hiburan Korea Selatan, pelantun lagu "Return" ini merasa ada yang tidak sesuai antara dirinya dengan agensi dalam hal laporan keuangan. Perwakilan Lee Seung Gi meminta agar agensi melakukan transparansi untuk semua proyek dan aktivitas kliennya.

2. Lee Seung Gi berniat mengambil langkah tegas

Lee Seung Gi Tak Dibayar, 10 Fakta Terbaru Kasus Hook EntertainmentPinterest.com

Di samping meminta transparansi keuangan, perwakilan Lee Seung Gi juga tidak segan mengambil langkah tegas jika Hook Entertainment tidak memberikan jawaban yang tepat untuk kliennya.

Langkah tegas itu berupa pembatalan kontrak dengan agensi tersebut. Pengungkapan itu cukup mengejutkan banyak pihak, mengingat Lee Seung Gi telah bersama agensi lamanya sejak debut 18 tahun lalu.

3. Lee Seung Gi tidak dibayar sepeser pun

Lee Seung Gi Tak Dibayar, 10 Fakta Terbaru Kasus Hook EntertainmentKoreaboo.com

Ketegangan antara Lee Seung Gi dan Hook Entertainment dibuka secara gamblang oleh Disptach pada Senin (21/11/2022). Media yang terkenal kontroversial di mata penggemar membocorkan jika agensi Lee Seung Gi belum membayar sang artis selama 18 tahun di bidang musik.

Padahal, Lee Seung Gi memulai debut bernyanyi pada 2004 silam dengan album pertama bertajuk The Dream of A Moth. Bahkan, satu kemenangan pun untuk musiknya. Ini belum termasuk penampilan akting dan berbagai acara varietas yang telah dibintangi oleh Lee Seung Gi.

Melalui pembongkaran ini, warganet menilai bahwa Lee Seung Gi telah menjadi korban gaslighting oleh agensinya sendiri selama dia menandatangani kontrak eksklusif.

4. Dispatch merilis dokumen penting

Lee Seung Gi Tak Dibayar, 10 Fakta Terbaru Kasus Hook EntertainmentKoreaboo.com

Bersamaan dengan itu, Dispatch juga merilis dokumen penting. Media Korea Selatan itu membongkar bahwa Hook Entertainment mulai menyadari dan memanfaatkan Lee Seung Gi sebagai pencetak uang terbesar mereka.

Tak sampai di situ, beberapa dokumen pendapatan dari awal karier Lee Seung Gi telah dimusnahkan sehingga cukup sulit untuk memverifikasi berapa banyak yang seharusnya ia terima. Karier musik Lee Seung Gi melejit sejak merilis lagu "Because You're My Girl". 

https://www.youtube.com/embed/Z_71bu_RZj0

Lee Seung Gi merebut hati publik melalui suara merdunya di lagu "Because You're My Girl" pada 2004 silam. Kemudian, ia memantapkan posisinya sebagai solois ternama dengan lagu "Delete".

Kariernya terus menanjak hingga meraih berbagai penghargaan bergengsi seperti Rookie of the Year di Seoul Music Awards, SBS Gayo Daejeon, dan MBC Gayo Daejejeon kala itu. Lee Seung Gi juga mengantongi penjualan sebanyak 100.000 eksemplar dari tiga album yang dirilis pada 2004, 2006, dan 2007.

Sementara, Hook Entertaiment meraup keuntungan yang seharusnya dinikmati oleh Lee Seung Gi. Ia telah merilis 137 lagu selama 18 tahun. Namun sangat mirisnya, pendapatan yang diperoleh di bidang musik adalah nihil. 

5. Lee Seung Gi seharusnya memiliki Rp116 miliar

Lee Seung Gi Tak Dibayar, 10 Fakta Terbaru Kasus Hook EntertainmentKoreaboo.com

Berdasarkan penelusuran Dispatch, Lee Seung Gi telah merilis 27 album dan 137 lagu secara total. PSY memberikan isyarat bahwa dirinya seharusnya menerima banyak royalti dari lagu "Because You're My Girl" yang pernah viral.

Diketahui, PSY merupakan produser dari lagu tersebut. Jika PSY menerima banyak royalti, maka seharusnya berlaku juga untuk Lee Seung Gi. Pada kenyataannya tidak demikian. Tim Dispatch berhasil memperoleh dokumen yang mendistribusikan musik Lee Seung Gi.

Antara tahun 2006 dan 2022, Lee Seung Gi semestinya menghasilkan pendapatan sebesar lebih dari 9.60 miliar won atau setara Rp116 miliar. Hanya saja, dokumen tahun 2004-2009 hilang, sehingga tidak semua hasil pendapatan Lee Seung Gi lengkap.

6. Terdapat pesan salah kirim ke Lee Seung Gi

Lee Seung Gi Tak Dibayar, 10 Fakta Terbaru Kasus Hook EntertainmentKoreaboo.com

Semua kecurigaan Dispatch bermula dari pesan salah kirim yang diterima Lee Seung Gi pada 29 Januari 2021. Berdasarkan pesan di atas, Lee Seung Gi merasa senang karena ia bukan penyanyi minus alias penyanyi yang dianggap merugi oleh pihak agensi.

Ia pun membagikan pesan internal itu kepada salah satu rekan senior di dunia hiburan. Lee Seung Gi mengetahui bahwa dirinya menghasilkan dari bidang musik. Namun, sang rekan terkejut saat Lee Seung Gi berkata demikian, karena teman baiknya belum mendapatkan bayaran dari agensi.

7. Pembagian kontrak Lee Seung Gi dan agensi

Lee Seung Gi Tak Dibayar, 10 Fakta Terbaru Kasus Hook EntertainmentKoreaboo.com

Demi melengkapi fakta yang dibongkar, Dispatch juga membagikan rincian kontrak Lee Seung Gi dengan agensi. Tahun 2004, pembagian keuntungan antara Lee Seung Gi dan agensi sebesar 40%:60%, yang artinya Lee Seung Gi akan menerima 40% dari keuntungan dan sisanya akan diterima oleh agensi.

Kemudian di tahun 2009, pembagian keuntungan mengalami penyesuaian. Lee Seung Gi menerima keuntungan sebesar 60% dan 40% untuk Hook Entertainment. Begitu di tahun-tahun berikutnya, keuntungan Lee Seung Gi semakin meningkat.

Namun, cara agensi menangani biaya produksi dan biaya lain untuk musik Lee Seung Gi membuat sang aktor sama sekali tidak menerima penghasilan dari hasil kerja kerasnya. Mereka juga meminta Lee Seung Gi bertanggung jawab atas biaya agen atau biaya di luar itu yang seharusnya ditangani oleh agensi. 

8. Agensi diduga memperdaya Lee Seung Gi

Lee Seung Gi Tak Dibayar, 10 Fakta Terbaru Kasus Hook EntertainmentKoreaboo.com

Memanasnya kasus Hook Entertainment membuat warganet bertanya-tanya apakah Lee Seung Gi pernah meminta penjelasan ke agensi. Dispatch mengungkap bahwa sang aktor pernah melakukan itu.

Seorang teman dekat Lee Seung Gi membantu kesulitannya dengan bertanya ke beberapa eksekutif di agensi. Namun, jawaban yang diberikan selalu gaslighting dan Lee Seung Gi semakin meragukan dirinya.

Juni 2021: Seung Gi! Saya tidak dapat mengatakan ini kepada penyanyi dari agensi kami. Kamu adalah penyanyi minus. Jadi, bagaimana kami bisa menghitung royalti yang didapat?

Agustus 2022: Tahukah kamu berapa biaya untuk memproduksikan album? Saya harus memberikan hadiah kepada direktur media A dan membeli hadiah lain untuk direktur media B.

November 2022: Kamu sangat menyebalkan! Kami telah meminta anggota tim akuntasi Park untuk menyelesaikan data keuangan, tetapi ia tidak mau melakukannya.

Pernyataan di bulan November terjadi di sebuah pertemuan saat Lee Seung Gi meminta bukti keuangan dirinya.

9. Lee Seung Gi sempat mengaku di acara varietas

https://www.youtube.com/embed/SbypuaDxXsA

Warganet yang mendengar bahwa Lee Seung Gi diperdaya oleh agensi menggali lebih dalam isu panas ini. Ternyata, Nation's Uhm Chin Ah (anak brilian dari teman ibumu) ini pernah mengaku di salah satu acara varietas.

Ia mengungkapkan jika dirinya tidak tahu-menahu mengenai penghasilan yang didapatkan. Para pembawa acara mencurigai Lee Seung Gi tengah menyembunyikan informasi pribadi tersebut dan terus menggodanya untuk memberitahu publik.

Kala itu, banyak warganet merasa Lee Seung Gi telah menghasilkan banyak uang, namun enggan untuk disebarluaskan. Pandangan tersebut berbanding terbalik ketika mengetahui ada tuduhan Lee Seung Gi belum menerima bayaran sebagai penyanyi sejak debut.

10. Hook Entertainment mengaku menyesal

Lee Seung Gi Tak Dibayar, 10 Fakta Terbaru Kasus Hook EntertainmentAllkpop.com

Usai dibongkar Dispatch, Kwon Jin Young selaku CEO Hook Entertaiment melalui siaran pers menanggapi tuduhan tersebut. 

"Baru-baru ini, ada hal yang tidak menyenangkan mengenai perusahaan kami dan saya yang muncul di media. Terlepas dari isu itu benar atau tidak, saya merasa malu. Saya malu dan meminta maaf karena semuanya salahku dan hasil dari kurangnya kebijaksanaan," jelas Kwon Jin Young.

Kwon Jin Young mengungkapkan bahwa pihaknya masih belum mau mengonfirmasi fakta tentang tuduhan yang diberitakan saat ini. Ia meminta pengertian publik karena dalam tahap penyelesaian.

Selain itu, ia akan mengambil tanggung jawab penuh tanpa mundur atau menghindar. Ia dan pihak agensi berupaya melakukan yang terbaik agar tidak mengganggu aktivitas artis lainnya dan berhati-hati untuk tidak menimbulkan kekhawatiran yang lebih jauh.

Sangat mengejutkan, Bela. Semoga masalah Lee Seung Gi dengan Hook Entertainment mencapai win-win solution, ya.

Baca Juga: Ini Kronologi Penggeledahan Hook Entertainment, Agensi Park Min Young

Baca Juga: Mengintip Cara Kerja Dispatch, Media Korea yang Bongkar Rahasia Artis

Baca Juga: OMEGA X Beberkan Perlakuan Buruk yang Mereka Terima Selama Ini