Tutup
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA
unfortunately

10 Film Pemenang Piala Oscar Terbanyak Sepanjang Sejarah, Apa Saja?

Seberapa bagusnya film-film pemenang Piala Oscar terbanyak?

Mariana Politton

Sejak diperkenalkan pada 1929, Piala Oscar dalam Academy Awards telah menjadi simbol prestise tertinggi dalam industri perfilman global. Tidak hanya dianggap sebagai penganugerahan semata, melainkan juga bentuk penghormatan terhadap karya-karya film.

Dari situlah, paradigma Piala Oscar berkembang menjadi sebuah tolok ukur keunggulan suatu film, menciptakan pandangan bahwa film-film yang meraih penghargaan ini adalah karya luar biasa yang mencerminkan kualitas terbaik dalam berbagai aspek sinematik.

Di bawah ini adalah daftar film yang berhasil mencatat prestasi gemilang tersebut dengan membawa pulang sejumlah Piala Oscar terbanyak sepanjang sejarah perfilman. Ingin tahu film-film apa saja yang mampu mengukir karyanya dalam sejarah tersebut? Simak daftar nya dibawah ini.

1. The Lord of the Rings: The Return of the King (2003)

imdb.com

Total Piala Oscar yang diraih adalah 11 dari 11 nominasi.

Daftar penghargaan: Best Picture, Best Director, Best Adapted Screenplay, Best Art Direction, Best Costume Design, Best Film Editing, Best Makeup, Best Original Score, Best Original Song, Best Sound Mixing, Best Visual Effects

darteyn.com

Sebagai bagian dari trilogi fantasi The Lord of the Ring yang diadaptasi dari karya J.R.R. Tolkien, The Lord of the Rings: The Return of the King (2003) melanjutkan petualangan Frodo Baggins (Elijah Wood) dan sahabatnya dalam misi untuk menghancurkan Cincin Kuasa yang jahat. Tentu saja, rintangan tidak menghentikan tekad dan kegigihan mereka dalam berjuang.

2. Titanic (1997)

imdb.com

Total Piala Oscar yang diraih adalah 11 dari 14 nominasi.

Daftar penghargaan: Best Picture, Best Director, Best Art Direction, Best Cinematography, Best Costume Design, Best Film Editing, dan Best Original Dramatic Score.

blockbuster.dk

Mengusung genre romansa, Titanic (1997) mengisahkan pertemuan antara Jack Dawson (Leonardo DiCaprio) dan Rose DeWitt Bukater (Kate Winslet) di kapal RMS Titanic pada 1912. Pertemuan tersebut merajut kisah cinta yang penuh tragedi, mulai dari perbedaan strata sosial hingga kecelakaan kapal RMS Titanic yang terinspirasi dari kejadian nyata.

3. Ben-Hur (1959)

hu.wikipedia.org

Total Piala Oscar yang diraih adalah 11 dari 12 nominasi.

Daftar penghargaan: Best Picture, Best Actor in a Leading Role, Best Actor in a Supporting Role, Best Director, Best Writing, Screenplay Based on Material from Another Medium, Best Cinematography, Best Art Direction-Set Decoration, Best Costume Design, Best Sound, Best Film Editing, Best Effects, Special Effects, Best Music, dan Scoring of a Dramatic or Comedy Picture.

imdb.com

Bertemakan sejarah, Ben-Hur (1959) memperkenalkan seorang pangeran Yahudi bernama Judah Ben-Hur (Charlton Heston) yang mengalami pengkhianatan oleh teman Romawinya, menjadikannya terperosok ke dalam perbudakan pada abad pertama. Setelah mendapat kebebasan, satu-satunya tujuan hidupnya adalah melakukan balas dendam.

4. West Side Story (1961)

en.wikipedia.org

Total Piala Oscar yang diraih adalah 10 dari 11 nominasi.

Daftar penghargaan: Best Picture, Best Actor in a Supporting Role, Best Actress in a Supporting Role, Best Director, Best Writing, Screenplay Based on Material from Another Medium, Best Cinematography, Best Art Direction-Set Decoration, Best Costume Design, Best Sound, Best Film Editing, Best Music, dan Scoring of a musical Picture.

thirteen.org

Keunikan dalam film West Side Story (1961) adalah mengombinasikan tiga genre film sekaligus, yakni drama, musikal, dan romansa. Ceritanya sangat menyenangkan sekaligus menyentuh hati, tepatnya mengisahkan dua remaja dari geng rival di kota New York yang saling jatuh cinta. Dampaknya, ketegangan antar geng membawa mereka pada suatu tragedi.

5. The English Patient (1996)

filmaffinity.com

Total Piala Oscar yang diraih adalah 9 dari 12 nominasi.

Daftar penghargaan: Best Picture, Best Actor in a Leading Role, Best Actress in a Leading Role, Best Actress in a Supporting Role, Best Director, Best Writing, Screenplay Based on Material Previously Produced or Published, Best Cinematography, Best Art Direction-Set Decoration, Best Costume Design, Best Sound, Best Film Editing, Best Music, dan Original Dramatic Score.

dipsicdude.com

Film drama romantis The English Patient (1996) mengambil latar belakang pada akhir Perang Dunia II. Di masa ini, film ini mempertemukan perawat muda bernama Hana (Juliette Binoche) dan kartografer bernama Count László de Almásy (Ralph Fiennes) yang dirawatnya akibat kecelakaan pesawat. Pertemuan tersebut mengungkan kisah cinta yang menentukan nasibnya.

6. The Last Emperor (1987)

m.imdb.com

Total Piala Oscar yang diraih adalah 9 dari 9 nominasi.

Daftar penghargaan: Best Picture, Best Director, Best Writing, Screenplay Based on Material from Another Medium, Best Cinematography, Best Art Direction-Set Decoration, Best Costume Design, Best Sound, Best Film Editing, Best Music, dan Original Score.

brightwalldarkroom.com

Sesuai namanya, The Last Emperor (1987) menyoroti kisah kehidupan Kaisar terakhir dari Dinasti Qing, yakni Pu Yi (John Lone) yang menjabat posisi tersebut sejak usia 3 tahun. Mulai dari masa kecilnya hingga kejatuhan sistem monarki di China, film ini mempertontonkan gambaran kehidupan Pu Yi sebagai bangsawan dan warga biasa di Republik Rakyat Tiongkok.

7. Gigi (1958)

en.wikipedia.org

Total Piala Oscar yang diraih adalah 9 dari 9 nominasi.

Daftar penghargaan: Best Picture, Best Director, Best Writing, Screenplay Based on Material from Another Medium, Best Cinematography, Best Art Direction-Set Decoration, Black-and-White or Color, Best Costume Design, Black-and-White or Color, Best Film Editing, Best Music, Original Song, Best Music, dan Scoring of a Musical Picture.

imdb.com

Film Gigi (1958) memperkenalkan Gilberte “Gigi” (Leslie Caron), seorang perempuan muda yang sedang belajar memasuki dunia bebas sebagai perempuan 'bayaran.' Dalam perjalanannya, ia membina hubungan persahabatan dengan seorang playboy kaya bernama Gaston Lachaille (Louis Jourdan), tetapi jalinan tersebut mungkin tak berakhir sesuai yang mereka pikirkan.

8. Slumdog Millionaire (2008)

aseriesoffilmbasedthoughts.wordpress.com

Total Piala Oscar yang diraih adalah 8 dari 10 nominasi.

Daftar penghargaan: Best Motion Picture of the Year, Best Achievement in Directing, Best Writing, Adapted Screenplay, Best Achievement in Cinematography, Best Achievement in Film Editing, Best Achievement in Music Written for Motion Pictures, Original Score, Best Achievement in Music Written for Motion Pictures, Original Song, Best Achievement in Music Written for Motion Pictures, Original Song, Best Achievement in Sound Mixing, dan Best Achievement in Sound Editing.

tribunnewswiki.com

Program televisi Who Wants to Be a Millionaire dapat menjadi pintu keluar dari masalah ekonomi yang dialami Dev Patel (Jamal Malik) di India karena menjanjikan sejumlah uang yang terbilang besar. Ia pun mencoba peruntungan tersebut dan berhasil memenanginya. Akan tetapi, kecurigaan banyak pihak memaksanya untuk berurusan dengan pihak berwajib.

9. Amadeus (1984)

hu.wikipedia.org

Total Piala Oscar yang diraih adalah 8 dari 11 nominasi.

Daftar penghargaan: Best Picture, Best Actor in a Leading Role, Best Actor in a Leading Role, Best Director, Best Writing, Screenplay Based on Material from Another Medium, Best Cinematography, Best Art Direction-Set Decoration, Best Costume Design, Best Sound, Best Film Editing, dan Best Makeup.

orcabeacon.com

Masa kejayaan seorang komponis musik klasik ternama dari Austria, Wolfgang Amadeus Mozart (Tom Hulce), menjadi sorotan utama dari film Amadeus (1984). Namun, film biografi musikal ini melakukan pendekatan dari sudut pandang komposer Antonio Salieri (F. Murray Abraham) yang merasa cemburu terhadap kejayaan Mozart tersebut. 

10. Gandhi (1982)

rottentomatoes.com

Total Piala Oscar yang diraih adalah 8 dari 11 nominasi.

Daftar penghargaan: Best Picture, Best Actor in a Leading Role, Best Director, Best Writing, Screenplay Written Directly for the Screen, Best Cinematography, Best Art Direction-Set Decoration, Best Costume Design, Best Sound, Best Film Editing, Best Music, Original Score, dan Best Makeup.

port.hu

Gambaran kehidupan seorang pemimpin perjuangan kemerdekaan India, Mahatma Gandhi (Ben Kingsley), adalah inti dari film Gandhi (1982). Mulai dari perjuangan pribadi dan politik Ghandi di India hingga ajaran anti kekerasan, film ini memaparkan karakteristik Ghandi dan nilai-nilai demokrasi yang indah dalam menghadapi konflik sosial maupun politik.

Bonus: Gravity (2013)

imdb.com

Total Piala Oscar yang diraih adalah 7 dari 10 nominasi.

Daftar penghargaan: Best Director, Best Cinematography, Best Film Editing, Best Original Score, Best Sound Editing, Best Sound Mixing, dan Best Visual Effects.

ew.com

Pernahkan terbayangkan bagaimana rasanya terjebak di luar angkasa? Film Gravity (2013) menggambarkan pengalaman tersebut melalui kisah Dr. Ryan Stone (Sandra Bullock) yang terisolasi di luar angkasa akibat kecelakaan wahana antariksa selama misi tugasnya. Film ini menyoroti perjuangannya untuk kembali ke bumi dalam kondisi yang paling sulit.

Ternyata mayoritas film yang meraih Piala Oscar terbanyak datang dari karya-karya klasik. Sungguh prestasi yang memukau karena mereka dapat bertahan selama bertahun-tahun, menyaingi film-film modern yang telah dilengkapi ragam teknologi canggih.

Kalau begitu, tunggu apa lagi? Saksikan satu dari kesepuluh film pemenang Piala Oscar terbanyak di atas. Jika kamu mencari rekomendasi film lain, tetap pantau Popbela.com! 

IDN Media Channels

Latest from Working Life