Tutup
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA
unfortunately

7 PTN dengan Jurusan Kedokteran Terbaik, Pilih yang Mana?

Calon dokter, simak informasinya di sini!

Evelyn Anggraini

Bela, apakah kamu masih jadi pejuang PTN saat ini? Seperti yang kamu ketahui, SNPMB jalur SNBP telah menutup registrasi pendaftarannya pada 15 Februari 2023. Nah, mulai pada 16 Februari hingga 3 Maret 2023, seleksi penerimaan mahasiswa baru ini membuka pendaftaran jalur SNBT untuk kamu yang ingin menempuh tes UTBK. Pelaksanaannya pun akan diselenggarakan kurang lebih tiga minggu, mulai dari 23 Maret mendatang.

Pastinya kamu bakal lebih giat dalam mempersiapkan UTBK, namun sebelumnya kamu perlu mengetahui pilihan universitas terbaik sesuai keinginanmu. Rasanya, jurusan Kedokteran masih memiliki banyak peminatnya, tetapi persaingannya begitu ketat.

Bagi kamu yang memiliki keinginan berprofesi menjadi dokter, tidak ada salahnya untuk bersikukuh memilih PTN di bawah ini. Berikut Popbela ulaskan dari berbagai sumber mengenai 7 PTN dengan jurusan Kedokteran terbaik. Ada pilihanmu, nggak?

1. Universitas Indonesia (UI)

Sumber internet

Berada di posisi pertama, tidak heran kalau Fakultas Kedokteran Universitas Indonesia (FKUI) sebagai fakultas tertua dan salah satunya yang terbaik di Indonesia. FKUI telah meraih akreditasi A dari Badan Akreditasi Nasional—Perguruan Tinggi (BAN—PT) sejak 2014 lalu. FKUI dengan logo makaranya yang berwarna hijau, memiliki tiga program, di antaranya Program Sarjana, Program Studi Spesialis, dan Program Internasional.

2. Universitas Airlangga (Unair)

bacaterus.com

Fakultas Kedokteran Universitas Airlangga (FK Unair) adalah fakultas kedokteran tertua kedua di Indonesia. Saat ini, FK UNAIR berusia 108 tahun sejak didirikan sebagai Nederlandsch-Indische Artsen School (NIAS) pada tahun 1913. FK Unair terus meningkatkan mutu pendidikan, baik secara nasional (LAMPT-Kes) maupun Internasional.

FK UNAIR memilki 19 Unit, 28 Departemen, dan 43 Program Studi yang meliputi jenjang Sarjana, Magister, Spesialis, Subspesialis, dan Doktor.

3. Universitas Gadjah Mada (UGM)

pendidikanmaju.com

Fakultas Kedokteran Universitas Gadjah Mada merupakan Fakultas Kedokteran tertua yang berdiri pada tanggal 5 Maret 1946. FK UGM tercipta karena adanya penggabungan PTK (Perguruan Tinggi Kedokteran) antara beberapa perguruan tinggi negeri. Namun, karena jumlah jurusannya makin banyak UGM memutuskan untuk menggabung jurusan-jurusan di rumpun ilmu kesehatan. Seluruh jurusan tersebut akhirnya dilebur menjadi bagian bagian.

FK UGM memiliki tiga program Sarjana, 20 program Pasca Sarjana, enam program Master, hingga program Doktor.

4. Universitas Hasanuddin (Unhas)

m.liputan6.com

Universitas Hasanuddin (Unhas) adalah kampus dengan jurusan kedokteran terbaik di Indonesia. Menurut data BAN-PT, jurusan yang memiliki banyak peminat ini sudah terakreditasi A. FK Unhas memiliki beberapa jenjang pendidikan, di antaranya Program Sarjana, Studi Profesi, Spesialis 1, Spesialis 2, S2 atau Magister, dan juga S3 atau doktor.

5. Universitas Sebelas Maret (UNS)

uns.ac.id

Berlokasi di Surakarta, Fakultas Kedokteran Universitas Sebelas Maret atau FK UNS menjadi daya tarik tersendiri bagi calon mahasiswa baru yang berkeinginan menjadi seorang dokter. Menariknya, jurusan ini tidak hanya memuat Kedokteran saja, melainkan terdapat Psikologi juga. Selain itu, fakultas ini telah bekerja sama dengan lebih dari 20 universitas dan lembaga pendidikan luar negeri, lho!

FK UNS memiliki sejumlah jenjang pendidikan, mulai dari profesi, dua program sarjana, dan 14 bidang spesialis.

6. Universitas Brawijaya (UB)

pendidikandokter.com

Fakultas Kedokteran Universitas Brawijaya bermula dari sekolah kedokteran swasta bernama Sekolah Tinggi Kedokteran Malang (STKM), yang berdiri sejak 14 September 1963. Namun, kegiatan pendidikan kedokterannya sudah dikenal 17 tahun sebelumnya di Kota Pelajar ini. Tidak perlu khawatir, akreditas FK UB dari BAN-PT sudah mendapat peringkat A, meskipun jurusan Farmasi masih memiliki nilai B.

Terdapat lima jurusan di FK UB, yakni Kedokteran, Kebidanan, Farmasi, Ilmu Gizi, dan Ilmu Keperawatan. Tak hanya itu, di sini juga terdapat kuliah spesialis dengan 18 program khusus.

7. Universitas Diponegoro (Undip)

joss.co.id

Minimnya tenaga dokter profesional pada awal kemerdekaan menjadi faktor utama pendirian FK UNDIP. Pada 1 Oktober 1961, barulah fakultas ini resmi berdiri. Terdapat empat departemen yang menaunginya, yakni Kedokteran, Ilmu Keperawatan, Ilmu Gizi, dan Kedokteran Spesialis. FK UNDIP juga menyediakan pendidikan, internship, koas, dan residen spesialis yang bekerja sama dengan Rumah Sakit Dr. Kariadi Semarang.

Untuk program studi Kedokteran dan Ilmu Gizi sudah mendapatkan akreditas A dari BAN-PT. Sedangkan akreditasi tertinggi, yaitu akreditasi unggul, diraih oleh Keperawatan. Dua di antaranya masih mendapatkan peringkat B.

Itulah ketujuh PTN dengan jurusan Kedokteran terbaik. Dari deretan universitas ternama di atas, mana yang menjadi impianmu, nih?

IDN Media Channels

Latest from Working Life