Tutup
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA
unfortunately

Cara Cek Ijazah Resmi Secara Online Melalui Situs Resmi Kemdikbud

Bisa dilakukan melalui situs resmi pemerintah

Cynthia Claudia

Kasus pemalsuan ijazah sekarang kerap terjadi, sehingga dapat merugikan berbagai pihak yang memerlukan ijazah untuk verfikasi kualifikasi. 

Namun, kamu sekarang bisa memeriksa keaslian sebuah ijazah jika memiliki keraguan. Pengecekan keaslian sebuah ijazah juga bisa dilakukan menggunakan layanan verifikasi resmi yang disediakan oleh pemerintah, yaitu Sistem Verifikasi Ijazah secara Elektronik (SIVIL).

SIVIL merupakan situs resmi pemerintah yang bisa diakses secara umum. Berikut ini adalah langkah-langkah yang kamu harus ikuti untuk cek keaslian sebuah ijazah.

1. Siapkan data ijazah yang diperlukan

unsplash.com/energepic.com

Siapkan data ijazah yang diperlukan sebelum melakukan proses pengecekan ijazah. Data yang diperlukan biasanya adalah nomor ijazah, nomor seri ijazah, yang tercantumkan di ijazahnya.

2. Akses situs resmi pemerintah

Pexels.com / Start Stocks

Mulailah akses situs resmi Kemdikbud untuk memeriksa ijazah,  yaitu https://ijazah.kemdikbud.go.id. 

3. Memasukan data ijazah yang diperlukan

https://ijazah.kemdikbud.go.id/

Ketika situsnya sudah terbuka, kamu harus mengisi formulir verifikasi terlebih dahulu untuk memeriksa ijazahmu. Masukkan data-data sesuai dengan ijazahmu, yang diperlukan seperti nomor ijazah dan nomor seri ijazah.

Kamu harus mengisi di kolom-kolom yang tersedia. Kamu juga akan diminta untuk mengisi nama Universitas/ Perguruan Tinggi kamu.

4. Melakukan verifikasi captcha

Pexels.com/Oleg Magni

Untuk memastikan bahwa yang mengakses situs ini adalah manusia dan bukan bot, kamu mungkin akan diminta Anda untuk memverifikasi captcha. Verifikasi ini harus dilakukan dengan benar agar kamu bisa melanjutkan untuk pemeriksaan ijazah.

Setelah semua kolom sudah terisi dengan benar dan kamu sudah selesai memverifikasi captcha, klik tombol “Cari” atau “Search.” Situs tersebut akan memproses data ijazah yang telah kamu masukkan.

5. Hasil pengecekan akan keluar

freepik.com/artursafronovvvv

Ketika proses pengecekan sudah selesai, kamu akan melihat hasil yang menunjukkan keaslian ijazah atau validitas ijazah. Jika ijazahmu dinyatakan sah, akan tercantum informasi mengenai lembaga pendidikan yang menerbitkan ijazah tersebut.

Itulah ank" href="https://www.popbela.com/tag/cara-cek">cara cek ijazah resmi secara online melalui situs resmi kemdikbud, Bela. Gampang, kan, caranya? Sekarang kamu nggak perlu ragu lagi untuk cek ijazah.

IDN Media Channels

Latest from Working Life