Tutup
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA
unfortunately

Tetap Produktif, Ini 7 Cara Menikmati Waktu Senggang Tanpa Gadget

Aktivitas ini dapat menyehatkan pikiran dan tubuh!

Natasha P.

Memasuki era digital, banyak aktivitas dilakukan menggunakan internet dan gadget sebagai media pendukung. Sehingga, bermain gadget bisa menguras waktu ketimbang beraktivitas di luar.

Padahal banyak kegiatan produktif tanpa gawai yang bisa kamu tempuh untuk mengisi waktu luang. Nah, apa saja kegiatan itu? Yuk, simak artikel sampai habis!

1. Membuat agenda dan jurnal pribadi secara manual

resveralife.com

Banyak manfaat yang didapat ketika membuat jurnal dan agenda pribadi. Kamu bisa menulis apa saja yang kamu inginkan, misal perencanaan, impian, cita-cita, bahkan jadwal aktivitas yang ingin kamu jalankan.

Dengan menulis, kamu bisa menuangkan semua pikiran, perasaan, atau peristiwa kehidupan yang terjadi di dalam hidupmu. Menurut penelitian, menulis jurnal sehari-hari dapat meningkatkan kesejahteraan psikologis, memberikan rasa nyaman dan lega karena bebas berekspresi.

2. Mengobrol santai dengan topik berbobot

unsplash.com/TrungThanh

Mengobrol bisa menjadi pilihan untuk menghabiskan waktu luang. Ketika mengobrol, kamu bisa bertukar pikiran dengan lawan bicaramu yang tentu dapat meningkatkan wawasan serta cara pandang terhadap suatu hal.

Manfaat mengobrol lainnya dapat menbuat hati lebih lega dan pikiran lebih eksploratif. Karena itu, sangat penting ketika mengobrol membahas topik yang berbobot, seperti isu-isu terkini, masa depan, atau pekerjaan. Dengan catatan, konten obrolan bukanlah isu miring atau gosip tak penting. 

Atau kamu bisa memulai mengobrol dengan topik sederhana, seperti tentang kisah hidup atau perjuangan seseorang. Dari situlah, kamu bisa memetik hikmah dan pelajaran di baliknya.

3. Memasak

unsplash.com/JasonBriscoe

Memasak bisa menjadi alternatif kegiatan yang dapat kamu lakukan di waktu luang. Selain membuat hati lebih senang, kita juga berbangga karena bisa menikmati hidangan buatan kita sendiri. Kamu juga bisa bereksperimen memasak resep-resep baru, seperti membuat kudapan ringan, kue, atau makanan yang sedang viral di media sosial.

Apalagi jika kita membuat masakan untuk orang terkasihi, yang bisa membuat hati yang sedang bersedih menjadi bahagia. Selain bisa menyalurkan bakat, dengan memasak sendiri kamu bisa menghemat biaya pengeluaran dan tentunya lebih sehat ketimbang membeli makanan di restoran.

4. Berolahraga

unsplash.com/BruceMars

Tak ada salahnya berolahraga di waktu senggang di tengah himpitan kesibukan. Walaupun melelahkan, dengan berolahraga kamu bisa membentuk kekuatan dan kesehatan tubuh.

Menyadur laman Kementerian Kesehatan, banyak manfaat yang dapat kamu rasakan ketika rutin berolahraga, seperti meningkatkan kemampuan otak, menjaga berat badan, mencegah penyakit, memperkuat tulang dan otot, serta meningkatkan daya tahan tubuh.

Jika kamu ingin memulai hidup sehat, kamu bisa memulai olahraga sederhana seperti berjalan pagi rutin selama 30 menit setiap harinya, lompat tali, atau cardio workout. Kamu bisa juga mengikuti workout sederhana di kanal YouTube pilihanmu.

5. Yoga

Unsplash.com/Carl Barcelo

Rasa penat dan stres berkepanjangan akibat pekerjaan atau aktivitas akademik, tentu membuat hati dan tubuh lelah. Karena itu, tak ada salahnya kamu mencoba yoga dan bermeditasi untuk membuat pikiran lebih tenang dan meningkatkan fleksibilitas tubuh. 

Latihan pernapasan dan meditasi ketika yoga juga sangat efektif mengurangi stres dan kecemasan berlebih.

6. Berkebun

pexels.com/Akil Mazumder

Melakukan kegiatan di tempat terbuka menjadi pilihan bagus untuk membuat tubuh dan pikiran menjadi lebih rileks. Salah satunya adalah berkebun. Dengan berkebun, kamu bisa menghasilkan buah dan sayur yang segar, yang tentu lebih sehat dan bebas pestisida.

Lewat kegiatan inilah, kamu lebih banyak bergerak, yang tentu menghasilkan keringat dari kulit yang dapat memperlancar sirkulasi darah.

7. Membaca buku

unsplash.com/EliottReyna

Buku adalah jendela dunia. Dengan membaca buku, kita dapat membuka cakrawala pengetahuan kita terhadap banyak hal. Menghabiskan waktu luang dengan membaca, dapat menyegarkan otak kita setelah lelah beraktivitas. Membaca juga meningkatkan daya ingat dan memperasah otak kita dalam berpikir serta berkonsentrasi. Selain itu, kosa kata dan wawasanmu akan semakin luas, yang dapat meningkatkan kemampuan menulismu.

Nah, itu dia ke-7 aktivitas yang bisa kamu lakukan di waktu senggang tanpa gawai. Semoga bermanfaat!

IDN Media Channels

Latest from Working Life