Tutup
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA
unfortunately

Ramah Kreator, Medsos X Gelontor Fitur Streaming dan Live Shopping

Masih dalam tahap pengembangan

Audia Natasha Putri

Memasuki bulan Oktober ini, aplikasi X mengumumkan tengah mengembangkan fitur baru berupa streaming game dan live shopping. Hadirnya fitur baru ini ini tak lepas dari tujuan bos besar X, Elon Musk untuk mewujudkan media sosial miliknya menjadi aplikasi serba bisa.

Seperti diketahui, Musk berkomitmen untuk menjadikan X sebagai aplikasi yang ramah bagi semua kalangan, terlepas dari latar belakang mereka.

Tak hanya itu, Bos Tesla ini juga berharap para gamers dan pemilik bisnis memanfaatkan fitur streaming dan live shopping sebagai media yang mempermudah branding dan promosi.

Menarik para kreator

Youtube.com/39daph

Di zaman serba digital, konten kreator mungkin menjadi pekerjaan yang cukup menjanjikan. Sebuah pekerjaan fleksibel yang bisa dilakukan di mana saja, tanpa harus terhalang tembok kantor dan jarak.

Melihat fenomena ini, Musk pun bersikap oportunitis untuk menjadikan fitur streaming dan live sebagai sarana untuk memikat lebih banyak kreator ke platform X. Bukan hanya itu, Musk juga dilaporkan sedang mengupayakan fitur-fitur audio-video tersebut agar tampil maksimal.

Sudah mulai uji coba

Dok. X

Mengutip dari Endgadget, saat ini X tengah melakukan uji coba streaming game dasar. Uji coba ini mulai digelontorkan pada X Premium, sebuah fitur berbayar yang memungkinkan pelanggan untuk merasakan akses lebih awal fitur terbaru.

Demonstrasi ini dipamerkan oleh Musk dalam sebuah streaming Diablo IV berdurasi 54 menit yang diunggah oleh akun X bernama @cyb3rgam3r420. Akan itu, Musk pun membalas unggahan itu dengan menjelaskan bahwa perusahaan sedang menguji fitur terbarunya.

Bagaimana cara streaming game di X?

Dok. X

Berita ini tentu menjadi angin sejuk bagi para kreator game dan pemilik bisnis untuk memamerkan taringnya. Mengingat, X adalah media sosial populer dengan pengguna terbanyak keenam di dunia. Tak hanya itu, X seringkali dimanfaatkan oleh para kreator untuk mengunggah karyanya atau sekadar berinteraksi dengan para penggemar.

Teknisi X, Mark Kalman pun menjawab pertanyaan itu. Dalam sebuah unggahan, ia membagikan sebuah video tutorial bagi pelanggan Premium untuk mengatur streaming game dari akun mereka. Caranya pun cukup praktis, yakni dengan menghubungkan Open Broadcaster Software (OBS) ke akun X Twitter melalui X Media Studio.

Terdapat fitur komentar

X.com/39daphne

Salah satu cara penonton untuk lebih dekat dengan kreator kesayangannya adalah dengan berinteraksi lewat kolom komentar saat streaming berlangsung.

Oleh karena itu, X tampaknya akan mendukung untuk menyematkan kolom komentar interaktif dalam fitur streaming dan live shopping ke depannya. Walau belum punya fitur selengkap aplikasi streaming lainnya, X tetap berambisi untuk menggaet para streamer untuk menggunakan platform mereka.

Terlepas dari kemudahan yang diberikan, X berupaya untuk menggarap fitur ini lebih apik untuk memikat lebih banyak pengguna ke aplikasi media sosial milik bos SpaceX ini.

Fitur live shopping

Dok. X

Selain layanan streaming, perusahaan media sosial ini juga mulai bereksprimen dengan mendemonstrasikan fitur live shopping dengan menggandeng Paris Hilton sebagai kemitraan.

Jika fitur ini mulai diterapkan, nantinya para penonton bisa mengobrol, menelusuri katalog, dan berbelanja di satu halaman tampilan yang sama.

Dilaporkan dari Variety, Hilton telah menandatangani kontrak sebagai bentuk persetujuan untuk membuat empat program konten video per tahun yang mencakup fitur belanja langsung.

Masih ada gangguan

The New York Times

Sebagaimana fitur streaming dan live video ini masih belia, tampaknya infrastruktur X masih berupaya mengimbangi produk terbaru mereka untuk memberikan pengalaman terbaik bagi pengguna. Pasalnya, berulang kali fitur terbaru ini mengalami gangguan.

Contohnya saja, saat Gubernur Florida Ron DeSantis melakukan siaran langsung di Spaces untuk mengumumkan pencalonan dirinya sebagai calon presiden bersama Musk. Tak berjalan lancar, streaming di Spaces tersebut berulang kali memgalami gangguan dalam menampilkan gambar dan video.

Itu tadi informasi singkat mengenai informasi singkat fitur streaming dan live shopping yang akan segera muncul di X Twitter. Selagi uji coba ini tengah berkembang, mari kita tunggu fitur terbaru ini muncul secara global ya, Bela.

IDN Media Channels

Latest from Working Life