Tutup
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA
unfortunately

7 Hal Penting Ketika Mencari Tempat Kos yang Aman dan Nyaman

Perhatikan fasilitas, lokasi, dan kondisi kamar kos

Audia Natasha Putri

Karena tuntutan pekerjaan atau pendidikan, banyak orang memilih indekos sebagai tempat untuk beristirahat dari penatnya kesibukan. Alasan utama orang untuk memilih ngekos cukup variatif. Mulai menghemat waktu, untuk mempermudah akses ke kantor atau kampus, dan mempermudah mobilitas pekerjaan.

Memilih tempat kos pun tak boleh asal pilih demi mendapat keamanan dan kenyamanan. Memang harga yang murah cukup menggiurkan, tetapi kenyamanan ketika ngekos tetaplah yang utama. Apalagi rasa aman dan nyaman berpengaruh sentral pada suasana hati, produktivitas kita, serta ketentraman lingkungan.

Mengutip banyak sumber, Popbela telah mencatat hal-hal yang harus diperhatikan ketika memilih tempat kos. Simak, yuk!

1. Pastikan ada sirkulasi udara dan sinar matahari yang menghadap ke kamar

pexels.com/ Sindre Strom

Kamar tanpa jendela membuat kita tak nyaman lantaran membuat udara di sekitar terasa pengap dan sesak. Begitu juga tiadanya sinar matahari memberikan peningkatan kelembapan pada kamar, sehingga memancing banyak serangga maupun jamur bersemayam.

Karena itu, pastikan kamar kosmu terdapat jendela dengan sirkulasi yang baik, supaya terdapat pertukaran udara segar dan masuknya sinar matahari.

2. Lokasi strategis

pinterest.com

Kos dengan harga murah akan kalah dengan kos yang strategis. Mengapa? Lokasi strategis memberikan banyak kemudahan dan keuntungan bagi penghuninya.

Mulai adanya akses transportasi publik, banyaknya warung makan yang dekat, atau supermarket untuk berbelanja kebutuhan harian. Terakhir dan tak kalah penting, lokasi strategis dapat memudahkan mobilitasmu dalam beraktivitas.

3. Adanya kamar mandi dalam

bobvila.com

Dari banyaknya fasilitas kos, kamar mandi dalam menjadi pilihan utama banyak penghuni kos. Hal ini karena kamar mandi pribadi membuatmu nyaman lantaran lebih leluasa dalam menggunakannya tanpa harus berebut dengan penghuni lain.

Namun, selalu pastikan lagi kondisi pipa air kamar mandi di dalam kamar kos dalam kondisi baik dan tak ada masalah.

4. Ketenangan dan privasi

brightside.me

Tak kalah penting, ketenagan dan privasi menjadi hal utama yang harus diperhatikan bagi penghuni kos. Kamu nggak mau kan tidurmu terganggu akibat tetangga kamar sebelah menyalakan musik rock hingga larut malam? Atau suara penghuni kos lain sedang telfonan atau mengobrol yang bikin kamu pusing mendengarnya.

Dinding sekat antar kamar kos bisa berpengaruh dalam kenyamananmu di dalam kamar. Sekat yang tipis membuatmu risih dan tak nyaman lantaran harus mendengar suara bising yang masuk.

Pilih tempat kos dengan sekat tembok atau batu bata untuk meredam suara berisik yang masuk ke dalam kamar serta privasi bisa lebih terjaga.

5. Adanya fasilitas umum yang memadai

bhg.com.au

Bela, kamar kos yang nyaman akan sia-sia saja jika tak dibarengi dengan fasilitas umum yang baik. Fasilitas ini meliputi ruang komunal seperti ruang berjemur pakaian, dapur, ruang tamu, dan tempat cuci baju. Deretan fasilitas itu dapat menunjang aktivitas keseharianmu, sehingga kamu lebih leluasa dan nyaman bak tinggal di rumah sendiri.

6. Kondisi dan luas kamar

instagram/@sweet_boho_life

Apabila kamu memutuskan untuk ngekos, maka kamu harus siap tinggal dan menghabiskan waktu di dalam kamar. Pilihlah kamar kos dengan yang dilengkapi perabotan di dalamnya, seperti kasur, lemari, meja, dan kipas. Jadi, kamu tak perlu repot mengeluarkan kocek untuk membeli itu semua.

Jangan lupa perhatikan kondisi kamar dalam keadaan baik, lantai tidak ada yang rusak dan perabotan tida ada yang usang.

7. Kebersihan

instagram /@luboschi.interiores

Tempat yang bersih adalah tempat yang baik pula untuk kesehatanmu. Karena tempat yang bersih menjadi penanda bahwa tempat tersebut layak dan nyaman untuk ditempati.

Apalagi kebersihan fasilitas umum kos seperti dapur, ruang tamu, kamar mandi, tentu membuat kita betah untuk tinggal berlama-lama. Sehingga pilihlah tempat kos dengan kebersihan yang terjamin.

Itulah beberapa hal yang wajib kamu perhatikan ketika mencari tempat kos. Apakah kamu sudah menentukan kamar kos idamanmu, Bela?

IDN Media Channels

Latest from Working Life