Hidup mandiri tidak semudah yang dibayangkan oleh kebanyakan orang. Setidaknya, kamu yang selama ini hidup seorang diri di kosan memahami kalimat tersebut, bukan? Mulai dari suasana yang jauh dari keluarga hingga segala sesuatu yang harus dikelola seorang diri.

Tentu, ruang sempit di mana kamu tinggal, sangat memengaruhi mood untuk tetap semangat dalam menjalani rutinitasi di dalam kamar kosan. Tenang, Popbela memiliki setidaknya lima tips jitu terkait penataan ruang sempit kamar kos yang bikin kamu nyaman dan semangat, meski harus WFH atau kelas online dari kamar kos.

1. Dominasi warna cerah

5 Penataan Ruangan Sempit di Kamar Kos Ini Bikin Kamu Nyaman WFHrenoguide.com.au

Kamu mungkin berpikir bahwa warna hanya sebatas hiasan yang merepresentasikan kesukaan atau interest-mu. Namun, warna nyatanya memiliki fungsi yang lebih dalam hal desain interior. Pemilihan warna dapat memengaruhi keadaan psikologi penghuni, lho.

Fakta tersebut dikemukan sendiri oleh seorang color specialist bernama Leatrice Eiseman yang menjelaskan hubungan erat antara warna dan manusia seperti melansir dari scienceofpeople.com. Mulai dari mood hingga karakter seseorang.

Nah, khusus untuk ruang sempit seperti kamar kos, kami sangat mengajurkan dominasi warna cerah. Selain memberi efek ruang yang lebih luas dari aslinya, warna cerah dapat memberi kesan yang positif untuk keadaan emosi dan psikologi seseorang.

2. Pencahayaan dalam ruangan

5 Penataan Ruangan Sempit di Kamar Kos Ini Bikin Kamu Nyaman WFHcertified-lighting.com

Sebagaimana disebutkan sebelumnya, dominasi warna yang cerah merupakan pemilihan yang tepat untuk ruangan sempit. Dengan begitu, kamu dapat menyelaraskan pencahayaan dalam ruangan yang cukup terang untuk menyempurnakan segalanya.

Namun, apabila kamu termasuk orang yang suka mengalami insomnia di malam hari. Kamu dapat mengakalinya dengan lampu kuning yang remang, agar keadaan kamar yang sempit tidak membuatmu meras sesak. Sebaliknya, lebih menenangkan dan mudah untuk tidur.

3. Tata letak mebel

5 Penataan Ruangan Sempit di Kamar Kos Ini Bikin Kamu Nyaman WFHdekoruma.com

Berbicara mengenai pengaturan ruangan, bagaimana mungkin kamu melupakan langkah untuk mengatur tata letak mebel? Biasanya, kamu terbiasa menata furnitur dengan cara menggesernya menempel ke dinding, agar ruang lapang muncul di tengah-tengah, bukan?

Tahukah kamu? Cara tersebut tidaklah sepenuhnya efektif. Ruangan yang sempit lebih baik diberi celah dengan dinding untuk memberi ruang yang lebih untuk bernapas. Dengan ini, cahaya ruangan akan menimbulkan bayangan dari furnitur. 

Alhasil, bayangan yang dihasilkan akan menciptakan ilusi persepsi ruangan lebih besar dalam ruangan yang berukuran kecil. Kamu tentu, mendambakan upaya maksimal agar ruangan sempit tidak terlihat kecil sebagaimana aslinya.

4. Alternatif perabotan

5 Penataan Ruangan Sempit di Kamar Kos Ini Bikin Kamu Nyaman WFHblog.froy.com

Coba perhatikan, perabotan yang menghiasi ruangan sempit di kamar kosmu? Apakah mereka cenderung hadir dengan fungsi tunggal? Jika iya, kamu sebaiknya menggantinya dengan alfternatif mebel yang memberi dual fungsi atau multifungsi.

Sebagai contoh, kamu dapat memanfaatkan jenis ranjang yang memiliki kabinet pada bagian kaki, sehingga barang-barang dapat disimpan di dalamnya. Kamu pun dapat menggunakan cermin besar untuk berkaca sekaligus memberi efek ruangan yang luas.

5. Wall art pada plafon

5 Penataan Ruangan Sempit di Kamar Kos Ini Bikin Kamu Nyaman WFHmg.archilovers.com

Memang, ruangan yang sempit sebaiknya mengaplikasikan pembatasan barang maupun furnitur agar mereka tidak memberi efek yang memenuhi ruangan. Sehingga kamu pun memilih untuk tidak memberikan hiasan yang berlebihan bagi ruang sempit di kamarmu.

Namun, ada satu hal yang kamu lupakan terkait hiasan. Tahukah kamu? Memberi hiasan berupa wall art pada plafon bersifat sangat highly recommended! Meskipun dalam jumlah yang banyak, wall art membuat mata terdikstrasi untuk melihat ke atas. Sehingga ilusi ruang vertikal yang lebih tinggi tercipta.

Yuk, mulai menata ulang ruang sempit kamar kos, agar kamu lebih merasa nyaman saat WFH atau kelas online.

Baca Juga: 9 Ide Desain Kreatif untuk Mengakali Kamar Kos yang Kecil

Baca Juga: 9 Trik Desain Kamar Mandi Menjadi Surga untuk Menyendiri

Baca Juga: 7 Inspirasi Desain Ruangan Dua Fungsi untuk Rumah Minimalis