Tutup
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA
unfortunately

Paling Cuan Tahun 2020, Ini 9 Idol Kpop Pria dengan Album Terlaris

Siapakah yang menempati posisi teratas?

Ajenk Rama

Meski dihadapkan dengan situasi pandemi yang sulit, namun para idol Kpop dari kalangan pria, tetap menghasilkan cuan terbanyak dari album terlaris 2020 ini. Malah, beberapa di antaranya sukses merajai penjualan dan menyabet predikat million seller, lho. 

Melansir dari Koreaboo.com, ada sederet nama idol Kpop pria yang masuk ke dalam daftar idol Kpop dengan album terlaris 2020, berdasarkan album yang telah dirilis secara personal. Lalu, siapakah idol Kpop yang laris manis dengan penjualan albumnya di 2020? Ini dia selengkapnya, Bela. 

1. Baekhyun 'EXO'

Vogue.com

Pertama kali memulai debut solo pada Juli 2019, Baekhyun yang tergabung di grup EXO ini mengeluarkan album bertajuk City Light dengan lagu andalan berjudul "UN Village". Baru saja dirilis, album Baekhyun kala itu masuk ke dalam daftar album terlaris versi Gaon Music Chart dengan penjualan mencapai 550.000 keping kopi. 

Di album selanjutnya yang bertajuk Delight dengan lagu utama berjudul "Candy" pada 25 Mei 2020, Baekhyun kembali menorehkan prestasi memuaskan. Album tersebut kembali laris manis di pasaran dengan jumlah penjualan di masa pre-order hingga 732.000 keping kopi, sekaligus menjadi album penjualan terbaik yang dilakukan oleh seorang idol Kpop pria. 

Selang dua bulan, album tersebut menyentuh angka penjualan hingga lebih dari 1 juta keping kopi, lho. Terhitung hingga saat ini, album Baekhyun sudah terjual sampai 1,05 juta keping kopi di 2020. Keren banget, ya.

2. Kang Daniel

Inikpop.com

Mantan anggota dari Wanna One ini juga cukup masif dalam hal penjualan album. Usai Wanna One bubar, Kang Daniel fokus untuk mendirikan agensinya sendiri yang bernama Konnect Entertainment. Di bawah 'bendera' agensinya, Kang Daniel mengeluarkan sebuah mini album bertajuk Color On Me, dengan lagu utama berjudul "What Are You Up To". 

Selain itu, ia juga berhasil memenangkan trofi pertamanya di acara Music Bank. Sejak debut solo, Kang Daniel telah merilis tiga album mini. Dua di antaranya bertajuk Cyan dan Magenta yang dirilis pada 24 dan 3 Agustus 2020. Dari ketiga album tersebut, Kang Daniel berhasil menghasilkan pundi-pundi keuangannya dengan penjualan album yang mencapai 604,7 ribu keping kopi di tahun 2020 ini. 

3. Suho 'EXO'

Billboard.com

Meski tengah menjalani wajib militernya, Suho juga termasuk anggota EXO yang juga merilis album mini bertajuk Self-Portrait dan "Let’s Love" sebagai lagu andalan dari album mini tersebut pada 30 Maret 2020. 

Rilisnya album tersebut menjadikan Suho sebagai anggota ke-4 EXO yang debut sebagai solois. Tidak tanggung-tanggung, album mini Suho sukses merajai tangga lagu Gaon Album Chart, dan berhasil terjual sebanyak 290,8 ribu keping kopi di tahun ini. 

4. Taemin 'SHINee'

Kpopping.com

Debut bersama SHINee sejak tahun 2008 di umur 14 tahun, Taemin kini sangat aktif merilis album dan berpromosi sebagai anggota dari SuperM pada 2019 silam. Ia pertama kali memulai debut solonya pada Agustus 2014. Album bertajuk ACE dengan lagu utama "Danger" menjadi titik balik Taemin sebagai seorang solois yang produktif. 

Meski terbilang maknae di grup SHINee, tapi kemampuan Taemin bermusik tidak perlu diragukan lagi. Sejak debut, ia sudah merilis 4 full album, 1 album repackage dan 5 album mini. 

Di tahun 2020 saja, Taemin malah mengeluarkan dua album berseri, yaitu Never Gonna Dance Again: Act 1 pada 7 September 2020 dan Never Gonna Dance Again: Act 2 pada 9 November 2020. Alhasil, penjualan album Taemin terus meningkat hingga 269,1 ribu keping kopi di tahun 2020. 

5. Woodz

Kpopping.com

Dikenal dengan nama asli Cho Seungyoun, Woodz yang pernah debut dengan UNIQ pada 2014, sebagai rapper utama dan sub-vokalis, resmi merilis album solonya pada tahun 2020 ini.

Walaupun melalui banyak hambatan di karier musiknya, tapi album mini yang dirilis oleh Woodz cukup sukses di pasaran. Di tahun ini, Woodz telah merilis sebanyak dua album mini. Pertama, album mini bertajuk Equal yang dirilis pada 29 Juni 2020. 

Selang empat bulan, Woodz kembali menyapa penggemar dengan album mini kedua bertajuk Woops! . Produktivitas Woodz dalam berkarya membuat albumnya berhasil terjual sebanyak 245,7 ribu keping kopi.

6. Park Jihoon

Kpopping.com

Pernah berpartisipasi dalam ajang pencarian bakat, Produce 101 musim ke-2. Park Jihoon juga kembali menata karier musiknya sebagai seorang solois, tidak lama setelah Wanna One dinyatakan bubar. 

Di tahun 2019, Park Jihoon mengeluarkan album mini pertama bertajuk O’Clock  dengan lagu utama, “L.O.V.E”. Sukses dengan album mini perdananya, Park Jihoon berhasil menghasilkan 4 full album dan 3 album mini (termasuk album mini bertajuk W yang baru saja dirilis pada 26 Mei 2020). Di 2020, album Park Jihoon pun menorehkan prestasi dengan 165,2 ribu keping kopi laku terjual di pasaran.  

7. Wonho eks 'Monsta X'

Hellokpop.com

Keluar dari grup yang menaunginya, Wonho tidak membuang-buang waktunya dengan berdiam diri saja. Namun, ia memilih untuk mulai bersolo karier, dengan merilis pre-release lagu berjudul "Losing You" pada 14 Agustus 2020.

Hanya jeda sebulan, Wonho sudah menghasilkan karya baru berupa album mini bertajuk Love Synonym Pt.1: Right for Me yang dirilis pada 4 September 2020. Dengan album mini tersebut, penjualannya pun mencapai 145,5 ribu keping kopi.  

8. Ha Sungwoon

Kpopping.com

Mengikuti jejak anggota Wanna One yang lain, Ha Sungwoon pun memilih bersolo karier sebagi jalur profesinya saat ini. Dua bulan usai Wanna One bubar, Sungwoon merilis album mini pertama bertajuk My Moment, dan "Bird" sebagai lagu utama di Februari 2019.   

Siapa yang menyangka, sejak aktif bersolo karier, nih, Ha Sungwoon sudah merilis 4 album mini, malah dua di antaranya dikeluarkan pada tahun 2020, yaitu Twilight Zone (8 Juni 2020) dan Mirage (9 November 2020). Di antara dua album tersebut, sebanyak 143.2 ribu keping kopi telah terjual. Wah, laris manis juga albumnya Ha Sungwoon, ya

9. Kim Wooseok 'UP10TION'

Pinterest.com

Memakai nama panggung Wooshin di grup UP10TON, sebenarnya ia sudah lebih dulu debut di tahun 2015. Kim Wooseok sempat ambil bagian dalam ajang pencarian bakat, Produce X 101 di tahun 2019, yang menempatkannya di posisi ke-2. Ia pun tergabung dalam grup X1 yang sudah dinyatakan bubar. 

Wooseok mencari cara untuk tetap bisa eksis di dunia hiburan Korea, merilis album mini, 1st Desire [Greed]  menjadi salah satu jalan Wooseok bersolo karier. Album mini tersebut dirilis pada 25 Mei 2020.  

Kerennya, album mini pertama Wooseok berhasil membawa pulang penghargaan di acara Soribada Best K-Music Awards kategori New K-Wave Voice Award pada 2020 ini. Bahkan, penjualan albumnya laris manis dengan raihan sebanyak 117.6 ribu keping kopi. 

Dengan jumlah penjualan yang cukup besar, pasti penghasilan mereka dapatkan cukup fantastis, ya. Apakah idolamu masuk ke dalam daftar ini, Bela?

IDN Media Channels

Latest from Working Life