Tutup
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA
unfortunately

Master Bunglon, 13 Aktor & Aktris Korea Ini Aktingnya Serba Bisa

Mereka masih orang yang sama, kan?

Ajenk Rama

Siapa yang tak menikmati drama Korea? Bahkan, ada satu kutipan terkenal bahwa 'semua orang akan nge-drakor pada waktunya.'  Bukan soal alur ceritanya saja, tetapi akting aktor dan aktris pun menjadi faktor pendukung. 

Sudah menjadi kewajiban bagi mereka untuk bisa memainkan karakter dengan baik. Ada yang dapat julukan spesialis peran orang kaya, orang susah, hingga antagonis. Berbeda dengan sejumlah aktor dan aktris Korea ini, akting mereka serba bisa banget. Dari satu peran ke peran lain, transisinya sangat mulus.

Penguasaan dan pendalaman karakter menjadi kunci utama berakting. Pantas rasanya jika mereka disebut master bunglon. Siapa saja aktor dan aktris Korea yang aktingnya serba bisa dan mendapat julukan master bunglon? Berikut daftarnya. 

1. Ahn Bo Hyun

Berbagai sumber

Karier akting Ahn Bo Hyun sudah dimulai sejak 2014 silam sebagai figuran. Visualnya baru terlihat saat memerankan karakter antagonis di Itaewon Class bersama Kwon Nara dan Park Seo Joon. 

Sang aktor membuat perubahan signifikan dari antagonis yang paling dibenci menjadi Moon Seo Ha di See You in My 19th Life. Selain itu, ia juga menunjukkan sisi romantis di drama Korea, Yumi's Cell bersama Kim Go Eun.

Aktingnya di beberapa drama menampilkan bahwa dirinya serba bisa dan piawai sebagai seorang aktor. Yang lebih mengesankan tak ada karakter yang tak bisa dilakoni oleh Ahn Bo Hyun dan karakternya selalu melekat di hati penonton setianya. Iya nggak, nih?

2. Lee Jong Suk

Berbagai sumber

Awalnya, Lee Jong Suk dikenal sebagai aktor flower boys. Imej tersebut menempel di diri sang aktor karena peran yang dimainkannya cenderung sebagai sosok laki-laki romantis dan hangat. 

Sebut saja, Pinnochio, Doctor Stranger, Romance is a Bonus Book, I Can You Hear Voice, 7 First Kisses, hingga W. Hampir semua drama Korea tersebut, Lee Jong Suk mendapatkan peran laki-laki lembut, penyayang, dan romantis. 

Tampaknya, ia menyadari imej tersebut dan melakukan perubahan di film thriller, VIP dan drama Korea, Big Mouth. Citra antagonis berhasil terpancar dari visual flower boys-nya. Lee Jong Suk sukses membalikkan keadaan dari spesialis peran romantis menjadi aktor serba bisa di berbagai peran. 

3. Woo Do Hwan

Berbagai sumber

Woo Do Hwan memulai karier akting di 2011 silam dalam beberapa film pendek dan web drama. Sebelum akhirnya, akting Woo Do Hwan menarik perhatian di Great Seducer dan The King: Eternal Monarch

Di The King: Eternal Monarch, ia memainkan lakon dua karakter, yaitu sebagai pengawal serius bernama Jo Young. Sisi lainnya, ia juga berperan sebagai Jo Eun Seob, seorang laki-laki 28 tahun yang lagi menjalankan wajib militer. 

Tak puas hanya berakting biasa, sang aktor menunjukkan sisi lainnya di film Bloodhounds sebagai karakter petinju yang terjerat utang. Dari film ini, Woo Do Hwan menunjukkan jika dirinya adalah aktor serba bisa dan layak mendapat julukan master bunglon. 

4. Kim Bum

Berbagai sumber

"Almost Paradise achimboda deo nunbusin", lirik lagu dari boyband T-Max pernah menjadi primadona di kalangan penggemar tahun 2000-an. Lagu ini merupakan soundtrack dari drama Korea hit, Boys Before Flowers

Salah satu pemerannya, Kim Bum masih aktif berakting. Aktor yang visualnya awet muda ini bertransformasi dari karakter playboy, So Yi Jung menjadi sosok berbagai karakter tak terlupakan. 

Di Law School, ia berperan sebagai mahasiswa hukum. Namun di Tale of the Nine Tailed, Kim Bum berubah menjadi Lee Rang, manusia setengah gumiho yang jahat. Sang aktor dinilai sukses memerankan beragam karakter sepanjang kariernya. Benar-benar seperti bunglon!

5. Ok Taecyeon

Berbagai sumber

Salah satu anggota 2PM, Taecyeon terjun ke dunia akting pertama kali di melodrama, Cinderella's Sister pada 2010 silam. Akting sang idol aktor ini mencuat setelah memainkan karakter Jin Gook, siswa pemberontak di drama Korea musikal, Dream High (2011 - 2012). 

Lebih dari 10 proyek drama dibintangi oleh Taecyeon, peran yang dimainkannya beragam dan membuktikan kualitas aktignya. Namun, hampir semua karakter yang dilakoni bersifat protagonis. Baru di 2021, Taecyeon berhasil mengukuhkan diri sebagai aktor serba bisa. Ia berperan sebagai sosok antagonis di drama Korea populer, Vincenzo.

Penonton saja tak menyangka Taecyeon mampu memainkan peran sejahat itu. Atas peran tersebut, sang idol aktor itu menerima pujian dan pengakuan dari berbagai kalangan. Ia mengakui jika dirinya tak mendapat kesempatan mengambil peran antagonis, karena agensi terdahulunya tidak memberikan izin tersebut. 

6. Yoo Yeon Seok

Berbagai sumber

Untuk aktor kawakan satu ini, kamu pasti teringat dengan karakter ikonik yang dimainkan di Hospital Playlist sebagai Ahn Jeong Won, bukan? Peran tersebut sangat melekat di diri Yoo Yeon Seok. 

Apalagi, Ahn Jeong Won digambarkan sebagai dokter ahli bedah yang suka banget sama anak kecil dan penganut Katolik yang taat. Karakter ini yang membuat penonton jatuh hati. Yoo Yeon bagaikan aktor bunglon, yang memiliki spektrum akting cukup luas. 

Selain peran protagonis yang dicintai, Ia juga mampu memerankan karakter protagonis yang dibenci seperti David Park, peran Yoo Yeon Seok di Narco-Saints

7. Im Siwan

Berbagai sumber

Debut sebagai bintang idola, karier akting Im Siwan sempat diragukan. Ia sendiri debut akting di drama sejarah, The Moon Embracing the Sun pada 2012 silam. Namanya mulai diperhitungkan pasca memerankan Jang Geu Ree di Misaeng bersama Kang Sora, Lee Sung Min, dan Kang Ha Neul. 

Satu per satu lakon, Im Siwan mainkan dengan sangat baik. Bahkan, ia dinobatkan sebagai karakter laki-laki paling green flag di dua drama Korea, Run On (2020 - 2021) dan Summer Strike (2022).

Eits, jangan terkecoh dulu dengan karakter protagonisnya ini. Im Siwan juga bisa banget berperan jahat bak psikopat di film Korea, Emergency Declaration (2021) dan serial Netflix, Unlocked (2023). Wah, ini definisi aktor bunglon sejati, sih!

8. Koo Kyo Hwan

Berbagai sumber

Hampir di drama Korea hit, aktor kelahiran 1982 selalu muncul dan membuat penampilan 'bersejarah'. Misalnya, penampilan spesialnya sebagai Bang Goo Ppong di drama Korea, Extraordinary Attorney Woo yang menuai pujian penuh. 

Memang, semua peran yang didapatkan oleh Koo Kyo Hwan sulit untuk dilupakan. Selain Bang Goo Ppong, Ia pernah memainkan karakter nyentrik di Maggie (2019). Lalu, tampil memukau saat berlakon sebagai Tae Joon Ki di Escape from Mogadishu (2021). 

Koo Kyo Hwan juga sukses memikat penggemar lewat peran Han Ho Yeol di serial populer, D.P. musim pertama dan kedua. Pujian berdatangan berkat akting sang aktor yang serba bisa dan selalu totalitas dalam berakting. 

9. Wi Ha Joon

Berbagai sumber

Pemain pendukung di serial Netflix, Squid Game satu ini memang belum lama merintis karier di dunia seni peran. Wi Ha Joon pertama kali debut akting di  film horor, Gonjiam: Haunted Asylum (2018) dan drama Korea, Something in the Rain (2018). 

Meski terbilang newbie, tapi berbagai peran telah ia mainkan dari seorang YouTuber, polisi muda, konsultan keuangan yang andal, hingga psikopat berdarah dingin. Karakter tersebut menyatu dalam diri Wi Ha Joon. 

Salah satu karakter yang membekas di ingatan penonton adalah sosok psikopat berdarah dingin di film Korea thriller, Midnight (2021). Aura misterius dan senyum jahatnya sambil membawa senjata tajam membuat penonton merinding. Kok bisa Wi Ha Joon seseram itu, ya? Aktor bunglon banget!

10. Cha Seung Won

Berbagai sumber

Penonton drama Korea lawas, You're All Surrounded (2014), pasti familiar dengan aktor senior satu ini. Cha Seung Won banyak terlibat dan sudah lama berkecimpung di dunia seni peran Korea. 

Sejumlah drama Kora yang pernah dibintangi seperti The Greatest Love (2011), A Korean Odyssey (2017 - 2018), One Ordinary Day (2021), hingga Our Blues (2022). Peran yang dilakoninya juga beragam, nih. 

Sebutan Chameleon Actor atau Aktor Bunglon tak sembaranga disematkan ke Cha Seung Won. Pasalnya, sang aktor dinilai mampu bermain dalam berbagai karakter yang variatif dan sukses memainkan sosok antagonis secara sempurna. 

Kepiawaiannya berakting sebagai aktor bunglon semakin diakui pasca ia melakoni peran detektif pemberani, namun di sisi lain, ia adalah seorang transgender di film Man on High Heels. Luar biasa, bukan? Berkat totalitasnya, Cha Seung Won diganjar penghargaan Le Grand Prix di Festival Film Prancis 2016. 

11. Lee Yeon

Berbagai sumber

Siapa yang mengikuti alur kisah dari serial Netflix, Juvenile Justice (2021)? Di serial itu, ada satu tokoh bocah laki-laki bernama Bang Seong Woo, yang ternyata diperankan oleh aktris muda yang mempunyai bakat akting luar biasa. 

Lee Yeon, aktris kelahiran 1995 yang mampu membuat penonton terkecoh dengan peran yang dimainkan di sejumlah drama. Ia berhasil menghidupkan karakter dan memberi kesan mendalam di hati penonton. 

Selain peran bocah laki-laki, Lee Yeon juga pernah berlakon sebagai gadis muda berbakat seni, mantan atlet yang berjuang menjadi single parents, gadis lugu yang menjengkelkan teman-temannya, programmer andal, hingga pembunuh bayaran di Kill Boksoon (2023). 

Meski berusia muda, Ia terus memperlihatkan kemampuannya berakting dengan transisi yang sangat mulus. Tidak berlebihan jika Lee Yeon dijuluki sebagai aktris bunglon, karena kualitas aktingnya membuat penonton tidak menyadari peran tersebut dilakoni oleh aktris yang sama. 

12. Lee Sung Kyung

Berbagai sumber

Memulai karier yang sama sekali berbeda dari dunia seni peran, Lee Sung Kyung termasuk deretan aktris populer dan namanya tidak pernah surut dari perbincangan. Menjadi model oke, menyanyi pun tak kalah bagus dengan bintang idola lain, berakting sangat menjiwai. 

Ia bisa menyatu dengan emosi dari karakter yang dibawakan. Dari perannya di Cheese in The Trap hingga Dr. Romantic 3, transisinya sangat mulus. Jika kamu ingin melihat sosok gadis pemalu, manis, dan menggemaskan, bisa lihat karakternya di Weightlifting Fairy Kim Bok Joo. 

Tetapi kalau ingin melihat karakter keras kepala dan menyebalkan, tonton saja sosok Cha Eun Jae di Dr. Romantic 3 (2023). Definis aktris serba bisa dengan peran 'bunglon'.

13. Jun Ji Hyun

Berbagai sumber

Merintis karier sejak 1997, Jun Ji Hyun sudah sangat terkenal di kalangan penikmat drama Korea. Ia terjun ke dunia akting dengan membintangi film Korea bergenre romansa, White Valentine (1999). 

Sejumlah karakter telah dimainkan Jun Ji Hyun dan tak pernah gagal memukau penonton, salah satunya tokoh Shim Chung di Legend of The Blue Sea (2016) dan Cheon Song Yi di My Love from the Star (2013). Bahkan, dialog Song Yi masih dijadikan meme oleh para content creator sampai sekarang. 

Dari peran putri duyung, aktris, penjaga hutan Gunung Jiri, hingga pencuri pernah dilakoni aktris dengan bayaran termahal ini. Peran-perannya tidak biasa dan menjadi trendsetter, hal ini yang membuat Jun Ji Hyun layak disebut aktris bunglon. 

Itulah deretan aktor dan aktris serba bisa yang dijuluki master bunglon. Menurutmu, apa peran yang belum dilakoni oleh para aktor dan aktris di atas, Bela?

IDN Media Channels

Latest from Working Life