Tutup
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA
unfortunately

Jago Improvisasi Adegan, 8 Aktor Korea Ini Dijuluki Master Adlib

Ada aktor favoritmu?

Ajenk Rama

Seorang aktor tetap membutuhkan naskah untuk mendalami karakter, tetapi mereka tidak sepenuhnya bergantung pada naskah cerita. Adakalanya, para aktor ini melakukan adlib atau improvisasi adegan dalam drama Korea sesuai kebutuhan. 

Adlib atau improvisasi adegan biasanya dilakukan secara spontan oleh para aktor. Tim produksi pun memercayakan mereka untuk berkreativitas dengan hal tersebut. Makanya, banyak aktor Korea yang dijuluki master adlib berkat kemampuannya berimprovisasi. 

Melansir dari berbagai sumber, siapa saja aktor Korea yang sering melakukan adlib? Improvisasi apa saja yang biasanya mereka lakukan di drama Korea? Intip daftarnya di sini. 

1. Kang Ki Young

Soompi.com

Pemeran Myeong Seok ketahuan melakukan adlib beberapa kali di episode Extraordinary Attorney Woo. Dari episode pertama, Kang Ki Young menambahkan adlib "itu sangat lucu" saat ia bereaksi dengan perkenalan Woo Young Woo. 

Ternyata, adlib pendek Kang Ki Young mengesankan sang sutradara dan digunakan dalam teaser Extradordinary Attorney Woo. Lalu, adlib berikutnya terjadi saat Young Woo datang dengan petunjuk baru di episode 8.

Dapat dikatakan, adegan atau dialog Kang Ki Young di drama Korea yang tengah viral ini separuhnya merupakan adlib sang aktor. Artinya, Kang Ki Young mampu memahami karakter Myeong Seok dengan sangat baik dan melemparkan adlib di tempat yang tepat. 

2. Nam Joo Hyuk

Twenty Five, Twenty One memang telah berakhir, namun menyisakan segelintir kenangan indah di dalamnya. Nam Joo Hyuk menjadi salah satu aktor yang paling sering melakukan adlib atau improvisasi tak terduga di lokasi syuting. 

Misalnya, adegan berdebat Na Hee Do (Kim Tae Ri), Baek Yi Jin (Nam Joo Hyuk), dan Koo Yu Rim (Bona 'WJSN'). Dalam drama, adegan berhenti di Nam Joo Hyuk kena marah Kim Tae Ri karena menyalahkan Bona. 

Padahal di lokasi syuting, sang aktor malah melakukan improvisasi berdebat dengan Kim Tae Ri cukup panjang. Kim Tae Ri pun meladeni improvisasi tersebut hingga para staf ikut tertawa karena ide kocak Nam Joo Hyuk. Sayang, adegan improvisasi tersebut dihapus. 

3. Kim Min Kyu

Masih ingat dengan adegan ciuman Seol In Ah dengan Kim Min Kyu di episode 7 dalam drama Korea, A Business Proposal? Adegan tersebut sempat viral saat Cha Sung Hoon, karakter Kim Min Kyu melepas kacamata di pertengahan adegan. 

Ternyata, adegan lepas kacamata itu adalah adlib Kim Min Kyu dan ia tidak menyangka mendapat respon luar biasa dari penonton. Padahal, alasannya melepas kacamata agar leluasa berciuman dengan Young Seo (Seol In Ah). 

Tak sampai di situ, improvisasi kocak Kim Min Kyu berlanjut di beberapa episode seperti adegan pelukan bersama Seol In Ah dan adegan saat Sung Hoon memalingkan wajahnya ketika melihat Young Seo tidak tahan menahan buang air kecil di depan toilet. 

4. Ahn Hyo Seop

Hancinema.net

Pemeran utama A Business Proposal, Ahn Hyo Seop pun melakukan adlib beberapa kali saat beradu akting dengan Kim Se Jeong. Sebuah cuplikan video menamplikan sang aktor melakukan adlib berbeda sebanyak tiga kali pada dialognya.

Adlib Ahn Hyo Seop di lokasi syuting sukses membuat Kim Se Jeong, Choi Byungchan, dan sutradara tertawa. Tak hanya tertawa, adlib sang aktor juga membuat sempat wajah Kim Se Jeong bersemu akibat gombalan Ahn Hyo Seop. 

Ciuman manis Ahn Hyo Seop ke bibir mungil Kim Se Jeong di episode 10, ternyata adlib yang diminta oleh sang sutradara. Hal ini terkuak di video balik layar A Business Proposal selama 7 menit di Naver TV, yang tayang pada 1 April 2022. 

5. Nam Goong Min

Hancinema.net

Tahun 2015 silam, Nam Goong Min memerankan Nam Gyu Man, sosok psikopat di drama Korea Remember. Karakter jahat yang dimainkan sang aktor sukses mencuri perhatian penonton. 

Dalam wawancara di televisi, Nam Goong Min mengaku bahwa ia melakukan banyak adlib untuk perannya tersebut. Makanya, karakter Nam Gyu Man sulit terlupakan. Meski begitu, ia tidak merasa menjadi aktor yang hebat, karena melakukan banyak improvisasi. 

Nam Goong Min mengungkapkan bahwa adlib tercipta karena penulis, sutradara dan para pemeran lain saling percaya terhadapnya untuk melakukan suatu adegan atau dialog yang mengesankan. 

6. Lee Dong Wook

Hancinema.net

Pemeran drama Korea, Bad and Crazy ini mengaku secara blak-blakan bahwa ia adalah aktor yang sering berimprovisasi adegan saat syuting. Sebelumnya, Lee Dong Wook adlib tambahan saat mulai syuting adegan ranjang bersama Jo Bo Ah di Tale of the Nine Tailed.

"Daripada berpaku pada naskah, ada banyak adegan saat saya menambahkan adlib atau menciptakan situasi. Sutradara memahami dan memercayai saya melakukan adlib. Hampir semua adlib yang saya lakukan disiarkan," ucap Lee Dong Wook saat berperan di Bad and Crazy.  

Menurut sutradara, improvisasi Lee Dong Wook di drama tersebut dapat memperkaya isi cerita.

7. Park Seo Joon

Hancinema.net

Digaet tim Marvel, Park Seo Joon pun pernah berimprovisasi untuk karakternya, Lee Young Joon di What's Wrong With Secretary Kim. Seorang kru produksi membocorkan jika sang aktor tak segan berbagi ide untuk berimprovisasi adegan lucu di drama tersebut. 

Adlib Park Seo Joon di drama lawas sukses mengocok perut para staf di lokasi syuting dan menjadikannya mood maker di tengah proses syuting yang melelahkan. Selain itu, ia juga pernah menciptakan berbagai improvisasi kocak saat beradu akting dengan Kang Ha Neul di film Korea, Midnight Runners.  

8. Song Kang

Melejit lewat Love Alarm, Song Kang tak canggung berimprovisasi di adegan romantis bersama dua lawan mainnya, yaitu Han So Hee dan Park Min Young. Aktor muda satu ini mengaku banyak berimprovisasi saat syuting Nevertheless. 

Forecasting Love and Weather juga tidak terlepas dari adlib sang aktor. Video di balik layar drama memperlihatkan Song Kang berusaha berimprovisiasi dengan Park Min Young saat adegan ciuman. Penggemarnya mengetahui Song Kang gemar melakukan adlib di drama. 

Ternyata, adegan yang selama ini ditonton penuh improvisasi dari para aktor. Ada yang kamu sadari nggak, Bela?

IDN Media Channels

Latest from Working Life