Dalam drama Korea, tak jarang artis Korea harus melakukan adegan berbahaya. Memakai jasa stuntman atau pemeran pengganti menjadi salah satu pilihan yang bisa digunakan para aktor dan aktris demi menjaga keselamatan mereka. 

Namun, beberapa artis Korea ini memilih untuk melakukan adegan berbahaya sendiri tanpa menyewa stuntman. Mereka menunjukkan dedikasinya di setiap penampilan aksi, yang menantang maut. 

Lalu, siapa saja aktor dan aktris Korea yang melakukan adegan berbahaya tanpa bantuan stuntman? Persiapan apa yang mereka lakukan demi perannya tersebut? Merangkum dari berbagai sumber, berikut daftarnya di bawah ini. 

1. Lee Joon Gi

https://www.youtube.com/embed/ElveMPzFosA

Baru menyelesaikan drama My Life Again, Lee Joon Gi dikenal sebagai aktor yang kerap memerankan adengan berbahaya tanpa stuntman. Ia menguasai berbagai macam bela diri dan sering menerima pujian dari sang sutradara berkat totalitasnya saat memerankan sebuah karakter. 

Di drama terbarunya itu, Lee Joon Gi melakukan semua adegan aksi sendiri dan secara khusus, berlatih ilmu bela diri demi meningkatkan kemampuan, yang dibutuhkan dalam proses syuting. 

Ada alasan tersendiri, sang aktor bersikeras melakukan semua adegan berbahaya seorang diri dalam sebuah wawancara.  

"Jika aku memakai pemeran pengganti atau stuntman, penonton mungkin menemukan hal yang berbeda. Ada rasa bangga saat aku melakukannya seorang diri," ujar Lee Joon Gi. 

Pendiriannya yang kuat berakting tanpa stuntman, terkadang menempatkan Lee Joon Gi dalam bahaya. Misalnya, ia pernah hampir tersapu arus sungai saat proses syuting film Gunman in Joseon. 

Namun, hasil akhirnya selalu memuaskan. Akting Lee Joon Gi di setiap drama tak pernah gagal dan menuai decak kagum dari para sutradara yang bekerja sama dengannya. 

2. Wi Ha Joon

https://www.youtube.com/embed/EtaXe-AIvgI

Setelah melejit melalui Squid Game, Wi Ha Joon beradu akting dengan Lee Dong Wook d drama aksi-kriminal berjudul Bad and Crazy. Lawan mainnya itu mengungkapkan bahwa Wi Ha Joon melakukan adegan berbahaya seorang diri secara sukarela.

Padahal, tim produksi telah menyiapkan stuntman untuk melakukan beberapa adegan aksi di drama tersebut. Ternyata, adegan berbahaya yang Wi Ha Joon lakukan, termovitasi dari lawan mainnya. 

"Saya melihat Lee Dong Wook bisa melakukan hal tersebut. Jadi, saya berpikir jika saya juga bisa melakukan itu," ungkap Wi Ha Joon. 

Lee Dong Wook sendiri kagum dengan keberanian sang aktor yang berhasil menyelesaikan adegan berbahaya seorang diri di drama Bad and Crazy.

3. Lee Seung Gi

Tanpa Stuntman, 10 Artis Korea Ini Lakukan Adegan BerbahayaWowkeren.com

Masih ingat dengan dua drama Lee Seung Gi, yang paling banyak menampilkan adegan berbahaya? Yup, dua drama itu adalah Vagabond (2019) dan Mouse (2021). Ternyata, hampir semua adegan berbahaya di dua drama tersebut dilakukan tanpa stuntman.

Adegan melompat dari gedung tinggi ke atas mobil dan keluar dari mobil yang meledak di drama Vagabond dilakukan Lee Seung Gi seorang diri. Saat itu, tim produksi meminta sang aktor untuk memakai pemeran pengganti. 

Namun, sang aktor bersikukuh melakukannya sendiri. Ia menenangkan tim produksi dengan memakai jaket tahan api. Tak hanya di Vagabond, Lee Seung Gi juga melakukan adegan berbahaya lain di drama Mouse. 

Menurutnya, ada beberapa adegan yang mengharuskannya menampilkan wajahnya secara close-up. Demi adegan berbahaya, ia mempersiapkan diri di sebuah sekolah aksi. 

4. Jung Woo Sung

Tanpa Stuntman, 10 Artis Korea Ini Lakukan Adegan BerbahayaAsianwiki.com

Sekitar tahun 2008, Jung Woo Sung pernah membintangi sebuah film aksi berjudul The Good, The Bad, The Weird. Di film itu, banyak adegan aksi yang muncul dan ia melakukan seluruh adegan berbahaya tanpa bantuan stuntman. 

Bahkan, saat adegan Jung Woo Sung menunggangi kuda yang berlari kencang sambil membawa senapan berat, dan melakukan atraksi singkat dengan memutar senapan yang dipegangnya. 

5. Gong Yoo

Tanpa Stuntman, 10 Artis Korea Ini Lakukan Adegan BerbahayaFacebook.com/Yonguija

Bintang utama dari drama Goblin ini pernah menerima pujian atas aktingnya di film layar lebar berjudul The Suspect. Film tersebut mengisahkan sosok Ji Dong Chul (Gong Yoo), seorang agen khusus dari Korea Utara yang dibuang oleh negaranya. 

Ada beberapa adegan berbahaya yang harus Gong Yoo lakukan dan ia melakukan adegan itu tanpa stuntman. Demi peran ini pula, aktor senior Korea Selatan ini menjalani diet ketat selama 3 bulan dan belajar bela diri Rusia. Bahkan, Gong Yoo melakukan adegan melompat dari jembatan sungai Han sebanyak 12 kali, lho.

6. Lee Min Ho

Sejak membintangi Boys Before Flowers, Lee Min Ho sering mendapat peran dengan imej orang kaya dan penuh karisma. Namun, ada satu drama aksi yang dibintangi Lee Min Ho dan agak terlupakan oleh publik berjudul City Hunter. 

Banyak adegan cukup berbahaya yang harus dilakukan oleh Lee Min Ho. Ia pernah berjalan di atas pembatas kaca, lalu melompat ke pembatas yang lebih tinggi. Kerennya, Lee Min Ho melakukan adegan berbahaya itu tanpa memakai stuntman atau pemeran pengganti. 

7. Han So Hee

https://www.youtube.com/embed/X6jHC9nT9wY

Dari karakter perempuan penggoda di The World of the Married, Han So Hee berkembang menjadi aktris yang paling dicari oleh sutradara. Lebih dari dua drama telah dibintangi Han So Hee sejak 2020. 

Aktingnya semakin memukau saat ia bermain di serial aksi Netflix, My Name bersama Ahn Bo Hyun dan Park Hee Son. Dalam sebuah wawancara, aktris kelahiran Ulsan ini mengaku bahwa ia melakukan adegan berbahaya seorang diri dan berlatih selama hampir empat bulan sebelum proses produksi. 

8. Ha Ji Won

Tanpa Stuntman, 10 Artis Korea Ini Lakukan Adegan BerbahayaAsianwiki.com

Pemeran Hospital Ship ini dijuluki sebagai 'Angelina Jolie' versi Korea, karena aksinya yang sempurna saat melakukan adegan berbahaya tanpa bantuan stuntman. Ha Ji Won pernah berkelahi dengan seorang aktor pria dalam drama The King 2 Hearts seorang diri. 

Nggak hanya akting, Ha Ji Won juga melakukan adegan berbahaya di iklan NorthCape. Ia tak segan memanjat tebing yang curam sambil menggendong tas berisi berbagai macam peralatan dan tenda. Ketenangan Ha Ji Won saat memanjat tebing untuk kebutuhan iklan dipuji oleh sang pelatih. 

9. Jun Ji Hyun

https://www.youtube.com/embed/p7DiJXgw5ag

Pemilik sebuah pusat perbelanjaan, Jun Ji Hyun juga pernah melakukan adegan cukup berbahaya di film The Thieves sekitar 10 tahun silam. Ia memerankan karakter Yenicall, sosok pencuri yang punya julukan 'kucing pencuri'. 

Di film lawas tersebut, Jun Ji Hyun banyak melakukan adegan aksi yang menantang maut. Ia tak ragu saat beradegan melompat dari atas gedung ke balkon di sebuah apartemen dan dilakukannya seorang diri. 

10. Park Shin Hye

https://www.youtube.com/embed/ceM3xWsMOzE

Aktris yang kini tengah menjalani kehidupan sebagai seorang ibu muda, ternyata pernah melakukan adegan berbahaya di sebuah drama pada 2016 silam. Adegan tersebut terjadi di episode awal saat Park Shin Hye berkelahi dengan beberapa orang laki-laki di dalam rumah sakit. 

Tanpa bantuan stuntman, istri dari Choi Tae Joon ini melakukan adegan perkelahian tersebut seorang diri. Kim Rae Won, lawan mainnya di The Doctors mengakui kemampuan Park Shi Hye dalam melakukan adegan berbahaya. 

"Park Shin Hye melakukan tendangan berputar dalam adegan perkelahiannya. Saya tidak terlibat dalam adegan tersebut, tetapi saya mendengar bahwa sang sutradara memuji karena ia menampilkan kemampuan akting yang keren seperti seorang aktor," ungkap Kim Rae Won. 

Saat melakukan adegan berbahaya itu, Park Shin Hye mengaku sempat kelelahan selesai mengambil gambar. Namun, ia tetap puas dengan totalitas yang diberikan demi perannya. 

Keren banget para artis Korea ini, ya. Ada aktor atau aktris favoritmu nggak, Bela?

Baca Juga: Di Balik Layar 6 Adegan Seks Film yang Sebenarnya Tak Berjalan Mulus

Baca Juga: Bikin Geleng Kepala! 10 Meme Kocak Adegan Ditabrak Mobil di Sinetron

Baca Juga: 14 Aktor Korea yang Pernah Beradegan Panas, Bikin Berdebar!