Tutup
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA
unfortunately

5 Top Universitas di Singapura, Jadi Incaran Mahasiswa Indonesia

Banyak lulusan yang jadi publik figur & politisi

Aisyah Banowati

Singapura menjadi salah satu negara favorit tujuan para calon mahasiswa maupun mahasiswa Indonesia. Faktor jarak, cuaca, biaya, dan kualitas pendidikan yang maju membuat banyak mahasiswa asal Tanah Air memilih untuk belajar di Singapura. 

Dalam artikel kali ini POPBELA ingin membahas lima top Universitas di Singapura yang banyak menjadi incaran mahasiswa asal Indonesia. Ada universitas mana, saja? Cek daftarnya di sini, yuk!

1. National University of Singapore (NUS)

mcdonnell.wustl.edu

Biaya pendidikan per tahun: 17.650 SGD

Tahun ini, National University of Singapore (NUS) menduduki peringkat kedelapan berdasarkan QS World Rangking 2024. Universitas yang terletak di 21 Lower Kent Ridge ini memiliki 69 program sarjana dan 221 program pascasarjana.

Universitas yang berorientasi pada riset ini memiliki lima program studi unggulan, yakni:

  1. Architecture/Built Environment
  2. Computer Science and Information Systems
  3. Engineering – Chemical
  4. Engineering – Civil & Structural
  5. Engineering – Electrival & Electronic

Diketahui, aktris Raline Shah merupakan salah satu lulusan NUS di tahun 2007. Saat itu, dirinya belajar ilmu politik dan berhasil membawa pulang gelar Bachelor of Arts dari jurusan Political Science and New Media & Communication.

2. Nanyang Technological University (NTU)

instagram.com/ntu_sg

Biaya pendidikan per tahun: 17.800 sampai 77.600 SGD

Nanyang Technological University (NTU) merupakan perguruan tinggi yang menekankan pembelajaran berbasis penelitian serta fokus pada inovasi dan teknologi. NTU juga merupakan satu-satunya institute yang mengajarkan ilmu pendidikan di Singapura, National Institute of Education (NIE).

Berdasarkan QS World University Rankings by Subject terdapat lima jurusan terbaik yang dimiliki NTU. Berikut daftarnya:

  1. Material science
  2. Electrical and Electronic Engineering
  3. Communication and media studies
  4. Chemistry
  5. Civil and Structural Engineering

Diketahui, Menteri Dalam Negeri kabinet Indonesia Maju (2019-2024), Jenderal Pol. (purn.) Tito Karnavian merupakan lulusan NTU. Beliau lulus dengan predikat magna cum laude setelah menyelesaikan pendidikan S3-nya.

3. Singapore University of Technology and Design (SUTD)

unstudio

Biaya pendidikan per tahun: 13.500 sampai 62.076 SGD

Singapore University of Technology and Design (STUD) menjadi universitas pertama di dunia yang menawarkan pembelajaran mengenai program desain dan kecerdasan buatan.

Universitas yang satu ini menjalin kerjasama dengan Massachusetts Institute of Technology (MIT) serta Zhejiang University (ZJU) sehingga dalam kurikulumnya menekankan pembelajaran berbasis sains, teknologi, teknik, dan matematika.

SUTD menawarkan delapan program studi yang bisa dipilih calon mahasiwa yang tertarik untuk belajar di universitas yang terletak di jalan 20 Dover Drive ini. 

  1. Applied and Pure Sciences
  2. Architecture and Construction
  3. Business and Management
  4. Computer Science and IT
  5. Creative Arts and Design
  6. Education and Training
  7. Engineering
  8. Social Studies and Media

SUTD juga dikenal memiliki jaringan alumni yang kuat di berbagai industri dan negara. Di sisi lain, pihak universitas turut memberikan dukungan berkelanjutan serta peluang jejaringan yang dapat membantu meningkatkan prospek karier para lulusannya.

4. Singapore Management University (SMU)

smu.edu.sg

Biaya pendidikan per tahun: 6.200 - 43.380 SGD

Singapore Management University (SMU) menyediakan banyak program pembelajaran untuk para mahasiswa yang ingin mengenyam pendidikan mengenai bisnis.

Baru berdiri di tahun 2000, SMU sudah berhasil menjadi universitas termuda yang mendapat akreditasi dari AACSB (Association to Advance Collegiate Schools of Business) pada tahun 2011. 

Universitas yang terletak di jantung kota Singapura ini menyediakan fasilitas terbaik untuk para mahasiswanya. Mulai dari auditorium yang mampu menampung 300 orang sekaligus, gedung olahraga, pusat seni dan budaya, studio musik, hingga gym. 

Berikut adalah jurusan populer yang menjadi incaran para calon mahasiswa Singapore Management University (SMU): 

  1. Business
  2. Law
  3. Computer Science
  4. Social Studies
  5. Engineering
  6. Architecture
  7. Health & Medicine

Diketahui, politisi Singapura yakni Pritam Singh dan Zhulkarnain Abdul Rahim sama-sama lulus dari SMU. Pritam Singh sendiri meraih gelar doktor dari SMU di tahun 2011, sedangkan Zhulkarnain Abdul Rahim menyelesaikan pendidikan masternya di bidang Islamic Law dan Finance pada tahun 2013.

5. Singapore University of Social Sciences (SUSS)

mothership.sg

Biaya pendidikan per tahun: 30.000 - 33.640 SGD

Singapore University of Social Sciences (SUSS) awalnya merupakan Singapore Institute of Management (SIM) yang telah berganti nama. SUSS memiliki 80 program akademik yang bermitra dengan universitas terkemuka dari Australia, Eropa, Inggris, dan Amerika Serikat. 

Menariknya, SUSS menyediakan pembelajaran dalam mode studi penuh waktu dan paruh waktu yang fleksibel. Hal ini memungkinkan para mahasiswa untuk mengambil kelas bersama mahasiswa paruh waktu yang telah memiliki pengalaman kerja sehingga menciptakan kondisi belajar yang unik. 

Berikut adalah lima program pembelajaran yang dimiliki oleh SUSS:

  1. S R Nathan School of Human Development
  2. School of Business
  3. School of Humanities and Behavioural Sciences
  4. School of Law
  5. School of Science and Technology

Diketahui, ketua partai politik Partai Solidaritas Indonesia (PSI), Kaesang Pangarep merupakan publik figur Tanah Air yang menempuh pendidikan di SUSS. Anak bungsu dari Presiden Jokowi ini memilih untuk belajar marketing dan peminatan komunikasi. 

Itulah lima top universitas di Singapura yang menjadi incaran banyak mahasiswa asal Indonesia. Selain dengan biaya pribadi, universitas di atas juga menerima mahasiswa dari berbagai macam beasiswa. 

Jika kamu tertarik untuk kuliah di antara lima universitas bergengsi tersebut tapi masih terkendala biaya, kamu dapat mengajukan beberapa beasiswa, di antaranya:

  1. The Singapore Scholarship yang ditujukan bagi pelajar dari negara anggota ASEAN.
  2. Singapore International Graduate Award (SINGA) merupakan beasiswa yang menawarkan program langsung ke jenjang S3. 
  3. LPDP membuka beasiswa penuh untuk para lulusan S1 yang ingin melanjutkan pendidikan S2 dan S3.
  4. Temasek Foundation Sunburst Scholarship menawarkan beasiswa senilai 14.000 SDG serta biaya kegiatan pendidikan lain bagi para penerimanya.
  5. Dr. Goh Keng Swee Scholarship ditujukan untuk para pelajar berprestasi dari negara di Asia Pasifik yang ingin melanjutkan studinya di Singapura.

Jangan lupa untuk mengecek kembali syarat dan ketentuan dari beasiswa di atas sebelum mengajukan lamaran, ya!

IDN Media Channels

Latest from Working Life