Tutup
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA
unfortunately

Perhatikan Tanggal Jatuh Tempo Agar Terhindar Denda SPayLater

Apa kamu salah satu penggunanya?

Aisyah Banowati

Bela, familiar kah kamu dengan istilah paylater atau bayar nanti? Kini, sedang marak penawaran paylater dari berbagai aplikasi lewat iklan di media sosial. Merangkum dari berbagai sumber, paylater merupakan metode menunda pembayaran ketika membeli atau meminjam uang dari suatu platform. Pembayaran biasanya dilakukan melalui cicilan  setiap bulan dengan tenggat waktu yang telah disepakati di awal. 

Salah satu aplikasi yang menyediakan jasa paylater yakni Shopee. Sebagai platform belanja online yang berpusat di Singapura, Shopee menyediakan jasa ‘Beli Sekarang, Bayar Nanti’ dengan nama SPayLater. Kabarnya, pengguna SPayLater mengalami peningkatan signifikan. Melansir dari situs help.shopee.co.id, berikut langkah untuk menikmati layanan SPayLater yang aman bagi para penggunanya.

1. Apa itu SPayLater?

instagram.com/shopeepay_id

Sebelum berubah nama menjadi SPayLater, awalnya produk layanan pinjaman yang satu ini dikenal dengan sebutan ShopeePayLater. Melalui fitur ini, pengguna yang telah memiliki akun Shopee dapat melakukan pembelian terlebih dahulu baru membayar di bulan berikutnya atau dengan metode cicilan selama beberapa bulan. Keunggulan lainnya, SPayLater dapat digunakan untuk melakukan pembayaran apa saja di Shopee kecuali Shopee Food.

2. Perhatikan waktu bayar tagihan

shopee.co.id

Bagi para pengguna SPayLater tersedia pilihan tenor pembayaran dalam rentang waktu tiga bulan, enam bulan, serta 12 bulan. Sedangkan, untuk pengguna terpilih memiliki keuntungan lain, yakni dapat membayar dengan tambahan pilihan tenor 18 bulan dan 24 bulan. 

Selain karena proses verifikasi yang cepat dan aman, SPayLater memiliki biaya cicilan (suku bunga dan biaya lain) yang rendah. Untuk lebih jelasnya, berikut rincian suku bunga dan biaya tambahan berdasarkan jenis pembayaran pilihan para pengguna.

help.shopee.co.id

3. Tutorial membayar tagihan SPayLater

shopee.co.id

Jika berniat membayar sebelum jatuh tempo, pengguna SPayLater dapat mengikuti langkah berikut ini. 

  1. Pilih tab Saya pada halaman utama aplikasi Shopee
  2. Pilih SPayLater kemudian klik Bayar Sekarang
  3. Pilih Tagihan Bulan Ini kemudian klik Bayar Sekarang
  4. Pilih metode pembayaran lalu Konfirmasi
  5. Terakhir, pilih Bayar Sekarang dan pengguna dapat melakukan pembayaran

Sebagai catatan, pengguna akan mendapat notifikasi di bagian Keuangan bahwa pembayaran telah diterima dan limit SpayLater akan segera dikembalikan maksimal 1x24 jam. Cara ini hanya dapat dilakukan jika catatan status pesanan sudah selesai, termasuk jika ada pengembalian dana.

4. Bagaimana jika telat membayar?

shopee.co.id

Setiap pengguna SPayLater baru akan diberi limit pinjaman sebesar Rp750.000. Tapi tenang, limit pinjaman dapat terus naik jika pengguna rajin dan tepat waktu dalam membayar tagihan. Namun, jika telat satu hari dalam membayar, maka pengguna perlu bersiap untuk membayar denda. 

Setiap pengguna yang terlambat membayar akan dikenakan denda sebesar 5% per bulan dari seluruh total tagihan yang telah jatuh tempo, termasuk tagihan sebelumnya. Akibat lainnya, akun Shopee yang digunakan untuk menikmati layanan SPayLater dapat dikenakan pembatasan akses fungsi dan penggunaan voucher. 

Bahkan, tak jarang akan dilakukan penagihan via telepon dan penagihan lapangan. Untuk itu, usahakan untuk melakukan pembayaran sebelum tanggal jatuh tempo periode tagihan. Sebagai catatan, limit yang diberikan SPayLater tidak dapat ditransfer ke saldo ShopeePay atau limit SPinjam. 

5. Simak cara melihat tagihan SPayLater

shopee.co.id

Agar tidak terlambat membayar, kamu dapat melihat tagihan SPayLater di aplikasi Shopee dengan mengikuti step by step-nya. Pertama, buka tab Saya pada halaman utama aplikasi Shopee, kemudian pilih SPayLater, baru klik Tagihan Saya. Pada halaman ini, daftar tagihan yang belum lunas dan yang sudah lunas setiap bulannya akan ditampilkan. 

Lantas, kapan sebaiknya pengguna membayar tagihan? Tak perlu khawatir, sebab pihak Shopee akan memberikan reminder sepuluh hari sebelum tanggal jatuh tempo. Rincian tagihan SPayLater akan muncul setiap tanggal 1, tanggal 15, atau tanggal 25, menyesuaikan periode tagihan yang dipilih pengguna. Berikut contoh perhitungan tanggal pembayaran tagihan SPayLater.

help.shopee.co.id

Mudah dan cepat adalah salah satu kenyamanan yang dihadirkan produk SPayLater. Namun, jika pengguna terlena dan enggan membayar bahkan setelah waktu jatuh tempo, tentu ada konsekuensi yang menunggu. Yuk, bijak menggunakan paylater agar untung bukan buntung.

IDN Media Channels

Latest from Working Life