Tutup
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA
unfortunately

Biasakan Terorganisir! Ini 8 Tips Agar Lebih Produktif Setiap Harinya

Menumbuhkan kebiasaan baru yang produktif

Aisyah Banowati

Menjadi produktif bukan berarti mengejar hasil akhir tanpa peduli dengan prosesnya. Pada arti yang lebih sederhana, produktif artinya bekerja secara efektif dan efisien dengan memanfaatkan sumber daya sebaik-baiknya—manusia dan waktu.

Namun, sulit menjadi produktif jika kamu tidak fokus dan disiplin. Dibutuhkan waktu untuk memahami dan mencari tahu cara mengelola kelemahan yang kamu miliki supaya nantinya tidak menghambat pekerjaan. 

Untuk itu, membentuk suatu kebiasaan yang terorganisir dengan baik dengan rutinitas harian yang teratur dapat membantu kamu meningkatkan fokus dan disiplin. Melansir dari The Spruce, berikut adalah delapan tips agar kamu lebih terorganisir sehingga dapat lebih produktif setiap harinya.

1. Letakkan kunci di dekat pintu

unsplash.com/scottwebb

Terbisa untuk menghilangkan kunci kendaraan pada saat-saat paling penting? Barang-barang seperti kunci kendaraan, dompet dan handphone menjadi item penting yang harus dibawa setiap kali bepergian. Untuk itu, sebaiknya kamu menyimpannya dalam satu wadah di dekat pintu agar mudah mengambilnya saat harus pergi dengan terburu-buru.

2. Buat daftar kegiatan

unsplash.com/stilclassis

Membuat daftar kegiatan di awal hari atau sebelum tidur dapat membantu kamu lebih produktif setiap harinya. Selain itu, dengan mengetahui apa yang harus kamu lakukan akan lebih mudah menentukan prioritas mana yang harus lebih dahulu diselesaikan. Sensasi mencoret apa yang telah kamu kerjakan akan mendorong semangat untuk menyelesaikan tugas berikutnya.

Namun, mencoba melakukan terlalu banyak hal hanya akan membuat kamu stres sehingga menjadi kurang produktif dan lebih mudah merasa cemas. Jadi, perbaiki daftar kegiatan milik kamu dan prioritaskan tentang apa yang perlu dilakukan hari ini.

3. Kendalikan pengeluaran

unsplash.com/pampouks

Memiliki keuangan yang rapi dan teratur yakni dengan mengatur dan mencatat pengeluaran agar tidak lepas kendali. Mengatur keuangan dengan baik akan membantu mengidentifikasi kesalahan finansial agar terhindar dari pemborosan dan utang sehingga membantu kamu agar memiliki kondisi keuangan yang stabil.

4. Gunakan buku catatan kecil yang muat di saku

unsplash.com/gabriellefaithhenderson

Kini, setiap handphone memiliki aplikasi notes yang dapat digunakan untuk mencatat apapun dengan lebih mudah dan cepat. Namun, ada beberapa kelebihan dengan mencatat secara manual pada buku catatan kecil yang dapat kamu bawa kemana-mana.

Pertama, dengan mengurangi penggunaan handphone, kamu dapat mengurangi paparan sinar radiasi yang dapat menyebabkan berbagai masalah kesehatan. Di sisi lain, menurut studi, menulis manual akan membantu kamu mengingat lebih banyak, memproses informasi dengan lebih baik, serta berpikir lebih cepat.

5. Yuk, mulai rapikan dompet milik kamu!

unsplash.com/emkal

Mengatur dompet merupakan salah satu kegiatan pengorganisasian tercepat dan termudah yang bisa kamu lakukan. Saat merapikannya, fokus untuk memastikan bahwa kamu menyimpan apa yang penting di dalamnya dan membuang apa yang tidak perlu.

Usahakan untuk selalu membawa kartu identitas, kartu debit atau kredit—untuk berjaga-jaga—serta uang tunai. Hindari menyimpan kata sandi atau informasi penting di dalam dompet untuk mencegah berbagi hal buruk seperti pencurian informasi.

6. Luangkan waktu untuk mengatur menu makanan

unsplash.com/ferhadd

Ada banyak manfaat yang dapat kamu rasakan saat mengatur menu makanan dengan baik. Merencanakan menu makan untuk sehari atau bahkan seminggu akan membantu kamu mengatur waktu sekaligus keuangan.

Adanya perencanaan artinya kamu tidak perlu lagi berbelanja setiap hari sehingga menghemat waktu, sekaligus mengurangi pengeluaran biaya berlebih untuk barang yang tidak perlu. Di sisi lain, merencanakan apa yang akan dimakan beserta porsinya dapat membantu mengurangi jumlah makanan yang berpotensi kamu buang.

7. Rapikan pakaian yang akan kamu gunakan

unsplash.com/sweetpagesco

Terdengar sepele, namun akan sangat berdampak saat kamu mempraktikannya. Jika esok hari kamu harus beraktivitas di luar rumah, sebaiknya persiapkan pakaian yang akan kamu gunakan di malam sebelumnya. 

Letakkan pakaian yang akan digunakan di bagian paling atas tumpukan baju atau gantungkan pada rak, hal ini akan membantu kamu menghemat waktu saat bersiap-siap di pagi hari. 

Selain pakaian, persiapkan juga apa yang perlu kamu bawa agar keesokan paginya tidak perlu terburu-buru. Sebelum berangkat, tidak ada salahnya untuk memeriksa kembali barang bawaan untuk memastikan tidak ada yang tertinggal.

8. Segera cuci piring kotor, mu!

unsplash.com/leyameera

Banyak orang mengatakan agar merapikan tempat tidur setiap pagi sebelum memulai hari. Well, ungkapan tersebut tidaklah salah, namun ternyata, selain membersihkan tempat tidur ada kegiatan lain yang nggak kalah bermanfaat, lho!

Melansir dari TIME, peneliti dari Florida State University melakukan penelitian dengan meminta 51 siswa untuk mencuci piring. Hasilnya, para peneliti menemukan bahwa orang-orang yang mencuci piring dengan serius dapat meningkatkan inspirasi sebesar 25% dan menurunkan rasa gugup sebesar 27%.

Meski hanya dilakukan pada kelompok kecil, lewat mencuci piring atau kegiatan umum lainnya, memungkinkan untuk mengurangi stres dan meningkatkan kesejahteraan psikologis. 

Itulah beberapa tips yang dapat kamu coba agar lebih terorganisir. Lewat berbagai trial and error, cari cara terbaik agar setiap harinya bisa makin produktif, yuk!

IDN Media Channels

Latest from Working Life