Bukan hal yang mudah untuk menjadi bintang besar di industri hiburan Korea Selatan. Banyak jalan panjang dan terjal yang harus para idol K-pop ini lalui untuk bisa memiliki berpenghasilan tinggi di negara tersebut. Ada yang bisa bertahan, namun ada pula yang tidak.

Lain halnya dengan sederet idol K-pop perempuan yang mampu mempertahankan eksistensi mereka di industri yang cukup kompetitif. Tak hanya cantik, tetapi mereka juga berhasil mengumpulkan pundi-pundi keuangan, hingga terpilih sebagai idol K-pop dengan penghasilan tertinggi 2021. 

Siapa saja mereka? Dari mana saja sumber kekayaan para idol K-pop ini berasal? Melansir dari scmp.com, berikut daftarnya. 

1. IU

7 Idol K-pop Berpenghasilan Tertinggi 2021, Fix, Sultan Korea!Twitter.com/okdramaqueen

Bertalenta, kaya dan dermawan. Sebagian hal yang bisa menggambarkan sosok IU yang telah lama berkarier di dunia hiburan Korea Selatan. Ia termasuk idol K-pop paling populer, sekaligus berpenghasilan tertinggi tahun 2021 berdasarkan sumber Seoul Space dan Korea Portal.  

Di usia mudanya, ia berhasil memiliki kekayaan sebesar US$45 juta atau setara Rp640 miliar dari berbagai sumber penghasilan. Sepanjang karier, IU telah menulis lebih dari 50 lagu untuk albumnya sendiri, bermain drama dan film, serta memiliki royalti lainnya.  

Dengan paras menawannya, IU kerap kali membintangi sejumlah iklan merek terkenal seperti Sony, Samsung, Guess, dan lainnya. Namun, hasil kekayaannya tersebut sebanding dengan kepahitan hidup yang pernah ia alami. Sebelum berpenghasilan tinggi, IU sering dihina oleh kerabatnya karena bermimpi sebagai penyanyi dan ditolak 20 agensi.

2. Lee Hyori

7 Idol K-pop Berpenghasilan Tertinggi 2021, Fix, Sultan Korea!Pinterest.com

Memulai debut sebagai anggota grup Fin.K.L, Lee Hyori menjadi salah satu musisi perempuan Korea Selatan dengan bayaran tertinggi di industri K-pop menurut berbagai media Korea. Bahkan, pada tahun 2006, Lee Hyori sudah memiliki penghasil cukup tinggi. 

Tak hanya mengandalkan bakat menyanyinya, tetapi wajahnya sering menghiasi iklan merek ternama seperti Samsung dan minuman beralkohol, Lotte Liquor. Pada 2013, ia menikah dengan Lee Sang Soon, seorang produser.

Bersama sang suami, Lee Hyori membangun sebuah konten menarik tentang kehidupannya berjudul Hyori's Bed dan Breakfast atau dikenal dengan judul lain, Hyori Homestay dan tentu saja menambah kekayaannya hingga US$40 juta atau senilai Rp568 miliar.

3. Sandara Park

7 Idol K-pop Berpenghasilan Tertinggi 2021, Fix, Sultan Korea!Inkistyle.com

Dikenal dengan nama panggung Dara, salah satu anggota grup terpopuler sepanjang masa yakni 2NE1. Sandra Park sukses membangun kekayaannya sendiri lewat karier solonya, pasca pembubaran 2NE1 pada 2016 lalu. 

Ia menjadi salah satu 'wajah' paling laris di Korea Selatan dan Filipina dengan membintangi iklan berkelas, seperti Clio, Etude House, Nikon, hingga merek perawatan rambut. Dengan segudang aktivitasnya itu, Sandara Park meraup pendapatan sekitar US$30 juta dollar atau setara Rp426 miliar.

4. BoA

7 Idol K-pop Berpenghasilan Tertinggi 2021, Fix, Sultan Korea!Thebiaslist.com

Menikmati K-pop, rasanya kurang afdal jika tidak mengenal musisi legendaris Korea Selatan, yakni BoA. Sebagai artis veteran, BoA tak hanya terkenal di Korea, tetapi ia juga terkenal di Jepang dan sebagian besar Asia Timur.

Sejak debutnya di tahun 2000 silam, BoA telah merilis 20 album studio yang terbagi dalam 10 album bahasa Korea, 9 album bahasa Jepang, serta sebuah album berbahasa Inggris. Dengan musikalitas cukup tinggi, BoA pernah tampil sebagai juri di acara pencarian bakat Korea Selatan, K-pop Star. 

Selain itu, ia juga pandai berakting dengan memainkan berbagai karakter di film dan drama Korea. Bahkan, BoA pernah beradu akting bersama Derek Hough di film Hollywood, Make Your Move 3D. Selama berkarier, ia telah memiliki penghasilan sekitar US$25 juta dollar atau setara Rp355 miliar. 

5. Bae Suzy

7 Idol K-pop Berpenghasilan Tertinggi 2021, Fix, Sultan Korea!Pinterest.com

Menandai debutnya sebagai anggota grup Miss A, Suzy melanjutkan karier sebagai aktris papan atas Korea Selatan. Ia membintangi KDrama hits berjudul Start-Up, hingga menghasilkan pendapatan cukup besar per episode untuk drama tersebut. 

Aktif bermedia sosial, Suzy juga kerap menjadikan media sosial untuk beriklan dengan sejumlah merek perawatan kulit dan fashion. Bahkan, beberapa merek Internasional sekelas Reebok, Swarovski, hingga Kerasys, pernah bekerja sama dengan bintang populer ini.  

Suzy juga memiliki properti di daerah Gangnam yang nilai asetnya lebih dari US$3,8 juta. Kini, pendapatan Suzy terus meningkat hingga US$25 juta atau setara Rp355 miliar

6. Yoona 'SNSD'

7 Idol K-pop Berpenghasilan Tertinggi 2021, Fix, Sultan Korea!Pinterest.com

Selain menjadi anggota SNSD, Yoona juga mengembangkan kariernya di dunia seni peran. Ia memulai karier aktingnya hampir bersamaan dengan aktifnya Yoona di SNSD. Karena kepiawaiannya memainkan berbagai karakter, Yoona telah membintangi drama Korea terlaris, dari Love Rain hingga The K2

Bahkan, ia mendapat julukan ratu iklan karena membintangi lebih dari 40 iklan merek berdasarkan laporan Kpop Hit. Penghasilan Yoona pun diprediksi mencapai US$25 juta atau setara Rp355 miliar. Pastinya, terus meningkat dengan aktivitasnya yang masih padat di dunia hiburan Korea.  

7. Lisa 'BLACKPINK'

7 Idol K-pop Berpenghasilan Tertinggi 2021, Fix, Sultan Korea!Timeinternational.co.id

Memiliki keunggulan di bidang musik, Lisa menjadi salah satu idol K-pop berpenghasilan tertinggi tahun 2021. Selain aktif bernyanyi, Lisa juga dikenal sebagai ikon fashion. Ia bekerja sama dengan sejumlah merek ternama, seperti Prada, Samsung, Adidas, Celine, hingga Bulgari. Dari aktivitasnya tersebut, Lisa telah mengantongi pundi-pundi kekayaan hingga US$14 juta atau setara Rp199 miliar.
 
Wow, sungguh luar biasa isi kantong mereka, Bela. Namun, tentu saja hasil yang didapatkan setara dengan kerja keras dan perjuangan mereka untuk mencapai titik puncak. 

Baca Juga: Jun Ji-Hyun #1, Daftar Artis Korea dengan Bayaran Termahal per Episode

Baca Juga: 7 Artis Hollywood yang Ternyata Memiliki Pulau Pribadi, Tajir Melintir

Baca Juga: Miliki Kekayaan Rp716 Miliar, Ini Sumber Penghasilan Priyanka Chopra