Layanan pembayaran dengan menggunakan kartu kredit, merupakan inovasi perbankan modern yang akan selalu diminati sampai kapanpun. Pasalnya, sejak kehadirannya pada tahun 1958 oleh American Express Company, kartu ini memungkinkankamu meminjam uang untuk membayar barang dan jasa, dengan janji bahwa kamu akan membayar kepada penyedia kartu utang kamu di masa mendatang, berikut dengan tambahan bunga.

Sangat praktis dan mudah, kan? Tapi jangan terburu-buru sebelum memutuskan menjadi pengguna kartu kredit, kamu perlu mempelajari kelebihan dan kekurangannya. Alih-alih mendapat kemudahan, bisa jadi kamu malah mendapat kesulitan.

Inilah kelebihan dan kekurangan kartu kredit yang telah Popbela rangkum dari berbagai sumber.

Kelebihan Kartu Kredit

1. Bayar di belakang

Perlu Dicermati, Inilah Keunggulan dan Kelemahan Kartu Kredit Fotosearch

Kelebihan menggunakan kartu kredit yang pertama, akan memudahkan kamu membayar saat tidak memiliki uang tunai. Selain itu, kamu juga akan dimudahkan saat melakukan transaksi online. Cukup melengkapi identitas diri seperti nama pengguna, nomor identitas pengguna, nomor identitas kartu kredit dan kode Card Verification Code (CVC), kamu sudah bisa membayar tagihan belanja.

2. Banyak diskon dan poin reward

Perlu Dicermati, Inilah Keunggulan dan Kelemahan Kartu Kredit www.parenting.co.id

Pengguna kartu kredit akan mendapatkan poin reward setelah selesai melakukan transaksi. Selain poin reward, pengguna kartu kredit sering mendapatkan tawaran diskon dan promo. Mulai dari promo travel, penginapan, belanja, hingga restoran bisa kamu dapatkan. Jika kamu mampu mengaturnya dengan baik, kartu kredit akan memberikan keuntungan yang besar.

3. Tidak perlu khawatir masalah keamanan

Perlu Dicermati, Inilah Keunggulan dan Kelemahan Kartu Kredit www.finansialku.com

Kelebihan dari kartu kredit yang bisa kamu rasakan adalah keamanan yang terjamin. Dengan sistem khusus, kartu kredit akan memberikan pemberitahuan jika ada transaksi yang tidak normal. Jika kartu kamu hilang, perusahaan kartu kredit akan menahan transaksi, untuk mencegah adanya transaksi yang dilakukan oleh pihak luar.

4. Kemudahan bertransaksi di luar negeri

Perlu Dicermati, Inilah Keunggulan dan Kelemahan Kartu Kredit www.infoperbankan.com

Sering jalan-jalan ke luar negeri dan repot saat harus menukar mata uang? Kini, tidak perlu repot lagi, kamu dapat memanfaatkan kartu kredit saat bertransaksi di luar negeri. Dengan menggunakan kartu kredit, kamu tidak perlu menukar mata uang saat bertransaksi. Hal ini karena label Visa dan Mastercard yang melekat pada pembayaran non-tunai, dapat menjadi akses bertransaksi di berbagai negara.

5. Menyediakan garansi tambahan

Perlu Dicermati, Inilah Keunggulan dan Kelemahan Kartu Kredit lifepal.co.id

Kelebihan penggunaan kartu kredit yang dapat kamu rasakan, adanya garansi tambahan bagi penggunanya. Selain itu, kamu dapat menghubungi perusahaan penyedia jasa kartu kredit, jika terjadi perselisihan saat membeli produk. Apabila barang yang kamu beli rusak dan waktu garansi sudah habis, kamu bisa menghubungi perusahaan kartu kredit, untuk menanyakan apakah mereka bisa menanggungnya atau tidak.

Kekurangan kartu kredit

1. Memiliki banyak biaya tambahan

Perlu Dicermati, Inilah Keunggulan dan Kelemahan Kartu Kredit gobankingrates

Sebelum mendaftarkan diri sebagai pengguna kartu kredit, kamu perlu mengetahui bahwa kartu kredit memiliki banyak biaya tambahan. Biaya yang harus kamu bayarkan, antara lain annual percentage rate atau persentase bunga tahunan (APR), biaya layanan, serta penalti yang harus kamu bayar jika terlambat membayar pinjaman.

2. Harus memerhatikan skor kredit

Perlu Dicermati, Inilah Keunggulan dan Kelemahan Kartu Kredit www.cermati.com

Kelemahan penggunaan kartu kredit, salah satunya kamu perlu perhatikan adalah skor kredit. Jika kamu memiliki skor kredit yang baik, kamu bisa membuka kartu kredit lain atau melakukan peminjaman. Jika skor kredit kamu buruk karena sering telat membayar, perusahaan bisa jadi menghentikan permintaan kamu, sehingga tidak bisa lagi melakukan pembayaran dengan kartu kredit. Bahkan, akan sulit bagi kamu untuk melakukan urusan perbankan lainnya, seperti KPR, buka kartu kredit di bank lain, atau pinjaman lainnya.

3. Terbiasa melakukan utang

Perlu Dicermati, Inilah Keunggulan dan Kelemahan Kartu Kredit www.banksinarmas.com

Perasaan nyaman karena mudahnya bertransaksi, bisa-bisa menghanyutkan kamu, sehingga kamu tidak menyadari sudah terbiasa berutang. Kamu bisa kehilangan kontrol diri, sehingga tagihannya menunggak. Banyak pengguna kartu kredit yang terjebak masalah ini. Maka dari itu, sebagai pengguna kamu perlu bijak, ya!

4. Tagihan bunga yang tinggi

Perlu Dicermati, Inilah Keunggulan dan Kelemahan Kartu Kredit iStockphoto

Kelemahan penggunaan kartu kredit adalah tingginya tagihan bunga yang diminta. Beberapa perusahaan kartu kredit memiliki tingkat suku bunga, antara 10% sampai 20% per tahun, atau sekitar 1,5% - 3% per bulan. Meski per bulan terlihat kecil, namun angka ini dapat terakumulasi dengan cepat. Sebaiknya, kamu memilih kartu kredit dengan  tingkat suku bunga yang rendah, sebelum mendaftarkan diri menjadi pengguna.

Itulah keunggulan dan kelemahan kartu kredit yang perlu kamu perhatikan. Kartu kredit bagai pisau bermata dua, jika kamu memanfaatkannya dengan baik, kamu akan mendapatkan banyak keuntungan. Jika kamu tidak bijak, bisa-bisa kamu terlilit utang berkepanjangan. Tertarik untuk menjadi pengguna kartu kredit, Bela?

Baca Juga: Punya Kartu Kredit, Ini 6 Tips Menggunakannya dengan Cermat

Baca Juga: Punya Kartu Kredit Pertama Hingga KPR, Ini 5 Keunggulan PermataME

Baca Juga: Atome, Solusi Belanja untuk Kamu yang Tidak Punya Kartu Kredit