Menjelang usia 30, artinya kamu telah sampai pada usia dan pemikiran yang semakin matang. Saat ini mayoritas teman-temanmu sudah menikah dan memiliki anak, orangtuamu semakin bertambah usia, tanggung jawab di lingkungan pekerjaan semakin besar dan berbagai macam hal lainnya. Apa saja  sih, hal yang bisa memaksimalkan potensimu di usia tersebut? Ini dia! 

1. Lakukan pekerjaan yang membuatmu bahagia dan ikuti passionmu

8 Pelajaran Hidup yang Perlu Kamu Ketahui Sebelum Menginjak Usia 30Pexels.com / Fauxels

Berawal dari aktivitas merintis karir hingga mencapai posisimu saat ini, tentu tidak mudah dan mengalami pasang surut. Kamu tentu semakin memahami pekerjaan apa saja yang bisa membuatmu bahagia. Jangan ragu lagi, lakukanlah dan ikuti passionmu, maka segala aktivitas yang kamu lakukan akan penuh dengan suka cita.

2. Terkadang kita membutuhkan waktu untuk sendiri karena akan memberi banyak kesempatan agar kamu dapat merenungkan kehidupan dan hal-hal di sekitarmu selama ini

8 Pelajaran Hidup yang Perlu Kamu Ketahui Sebelum Menginjak Usia 30Pexels.com / Shvets Anna

Kita merupakan makhluk sosial yang membutuhkan satu sama lain, tetapi jangan melupakan untuk selalu menyediakan satu waktu untuk dirimu sendiri yaitu me time. Saat inilah kamu bebas melakukan segala sesuatu yang kamu inginkan, termasuk mengasah kepekaan indra perasa dan hati dengan keadaan sekelilingmu.

3. Jangan mengejar kebahagiaan, karena ia akan datang sendiri menghampirimu bila saatnya sudah tiba

8 Pelajaran Hidup yang Perlu Kamu Ketahui Sebelum Menginjak Usia 30Unsplash.com / Lidya Nada

Seringkali kita mempertanyakan kebahagiaan dan berusaha sangat keras untuk mendapatkannya. Kebahagiaan datang saat kamu sudah bisa menyeleksi pendapat orang lain terhadap dirimu, menerima keadaanmu, dan bisa ikhlas terhadap kondisimu. Kebijaksanaan berpikir seperti itu akan datang sesuai dengan pengalaman hidup yang kamu lalui dan hanya kamu yang mengetahuinya. 

4. Percayalah dengan intuisimu

8 Pelajaran Hidup yang Perlu Kamu Ketahui Sebelum Menginjak Usia 30Unsplash.com / Nine Kopfer

Percaya atau tidak, mendengarkan intuisi bisa memberikan peringatan padamu untuk lebih peka dengan situasi sekelilingmu saat ini. Jadi, saat intuisi itu hadir jangan buru-buru ditepiskan, ya. Dengarkan, lalu pikirkan pro dan kontranya. Buat keputusan saat emosi sudah tak lagi mengambil porsi besar dalam proses berpikir.

5. Teman sejati tidak selalu hadir di berbagai situasi dalam pasang surut kehidupanmu, baik suka dan duka

8 Pelajaran Hidup yang Perlu Kamu Ketahui Sebelum Menginjak Usia 30Pexels.com / Bruce Mars

Sejak kecil hingga tumbuh dewasa kita selalu bertemu dengan lingkungan yang berbeda, dalam perjalanannya akan mempertemukanmu dengan orang-orang yang cocok denganmu. Meskipun kamu memiliki sahabat, belum tentu ia bisa hadir saat kamu bersuka maupun berduka, and that's ok. Semakin kamu dewasa, semakin kamu menyadari bahwa persahabatan tidak akan mudah renggang hanya karena yang satu ada kesibukan dan tidak bisa menemanimu ketika membutuhkan. Mungkin bukan hari ini, tapi ia akan selalu mendukungmu.

6. Berhenti membandingkan dirimu dengan orang lain, yang tunjukkan betapa bahagianya mereka di media sosial. Enjoy your life, Bela!

8 Pelajaran Hidup yang Perlu Kamu Ketahui Sebelum Menginjak Usia 30Pexels.com / Bruce Mars

Kamu memiliki nilai tersendiri, sehingga jangan pernah bandingkan hidupmu dengan orang lain ataupun iri dengan pencapaian yang ia miliki saat ini. Setiap orang memiliki masalah masing-masing, dan kamu tak tahu dengan pasti bagaimana perjuangannya dalam hidup selama ini. Bangga pada pencapaian diri sendiri turut membuatmu terlihat sangat percaya diri.

7. Pola dan gaya hidup sehat menjadi pilihan

8 Pelajaran Hidup yang Perlu Kamu Ketahui Sebelum Menginjak Usia 30Pexels.com / David Gomes

Seiring berjalannya waktu kamu telah mencicipi banyak hal, rasa dan beragam makanan. Saat usia kian matang, kamu menyadari bahwa apa yang kamu konsumsi kelak akan menuai hasilnya, seperti mudah sakit, munculnya alergi baru, sampai cepat lelah. Sehingga, pengetahuanmu akan apa dikonsumsi semakin luas dan kamu pun mulai memiliki awareness yang tinggi terhadap makanan sehat, olahraga rutin dan waktu tidur yang cukup.

8. Di dalam kehidupan memang tidak semuanya harus tentang uang, tetapi memiliki kemandirian finansial benar-benar membebaskanmu

8 Pelajaran Hidup yang Perlu Kamu Ketahui Sebelum Menginjak Usia 30Pexels.com / Artem Beliaikin

Jujur saja, dalam menjalani kehidupan kita memang tidak bisa terlepas dari uang, tetapi hal tersebut jangan sampai mengendalikan dirimu hingga lupa dengan keamanan finansial jangka panjang. Caranya, hidup sesuai dengan kemampuan karena kamu akan merasakan kenikmatan yang luar biasa dengan bebas dari segala masalah finansial yang melilit.

Selamat berbahagia!

Baca Juga: Ingin Selalu 'Happy' di Kantor? Lakukan 6 Hal Ini