Jalan-jalan sendirian maupun bersama-sama memang seru. Tapi, yang lebih menantang adalah waktu mencoba bertualang sendirian. Pergi ke tempat yang sudah kamu kenal maupun tempat baru tentu saja sensasinya akan berbeda. Di sisi lain, jiwa petualang yang nggak pernah bisa untuk diam dan selalu mencari hal baru itu seru.

Saat ini masih banyak orang yang takut dengan bertualang sendirian, walaupun di tempat yang sudah dikenal. Karena alasan keamanan. Padahal ini wajib kamu coba, lho. Jika jalan-jalan sendirian yang jadi tujuanmu, jangan ragu untuk coba tipe jalan-jalan seperti ini, mereka nggak kalah seru.

Pergi ke kota besar

Sekali Seumur Hidup Kamu Wajib Coba Jalan-Jalan Seperti IniPixabay.com/Free-Photos

Pergi ke pantai atau gunung memang paling banyak dipilih ketika ingin berlibur. Sebagian dari kamu akan menganggap kalau perkotaan bukan pilihan. Hanya itu-itu saja alasannya. Tapi untuk kamu yang ingin jalan-jalan sendirian, kota besar adalah pilihan yang tepat. Kamu nggak perlu takut karena sendirian, kalau tersesat akan lebih mudah untuk bertanya. Pergi ke museum, café, tempat perbelanjaan, hingga menelusuri kota di malam hari juga nggak kalah serunya. Jangan lupa untuk cicipi jajanan pinggir jalannya.

Ambil wisata petualangan

Sekali Seumur Hidup Kamu Wajib Coba Jalan-Jalan Seperti IniPixabay.com/Devanath

Melakukan kegiatan yang memacu adrenalin selama liburan memang paling seru ramai-ramai. Karena, kamu merasa nggak sendirian merasakan sensasinya, ada teman untuk berbagi. Tapi, ada sesi kamu nggak bisa melepaskan seluruh ekspresimu. Rasa jaim lebih mendominasi. Oleh sebab itu, jalan-jalan sendirian dan mencoba hal yang menantang akan lebih seru. Kamu bisa lebih menjadi diri sendiri. Cari aktivitas yang belum pernah kamu coba sebelumnya, tapi sangat ingin dilakukan. 

Pergi naik kapal

Sekali Seumur Hidup Kamu Wajib Coba Jalan-Jalan Seperti IniPixabay.com/Pexels

Perjalanan ke suatu tempat dengan menggunakan kapal memang membutuhkan waktu yang lama. Dan bukan merupakan pilihan utama. Namun, nggak ada salahnya kalau kamu coba. Melihat hamparan laut secara langsung adalah pengalaman yang menakjubkan. Sebagai alternatif, saat ini berwisata dengan menggunakan kapal pesiar juga bisa dijadikan pilihan. Banyak pilihan program wisata yang bisa kamu sesuaikan dengan kebutuhan dan kemampuan. Kegiatannya nggak kalah seru walaupun hanya di dalam kapal.

A la ransel

Sekali Seumur Hidup Kamu Wajib Coba Jalan-Jalan Seperti IniPixabay.com/JESHOOTScom

Selagi masih muda dan tenaga masih ada, nggak ada salahnya untuk membawa ransel saja saat berlibur. Selain praktis, kamu bisa mengatur barang apa saja yang wajib dibawa. Ini tantangan buat kamu kalau sudah terbiasa bepergian pakai koper. Cara seperti ini memang paling cocok untuk yang punya dana pas-pasan dan ingin berlibur. Ini juga cocok kalau kamu ingin berlibur sendirian, nggak perlu repot untuk mengawasi beberapa barang milikmu.

Festival musik

Sekali Seumur Hidup Kamu Wajib Coba Jalan-Jalan Seperti IniPixabay.com/Free-Photos

Sudah banyak anak muda yang memilih menikmati musik sebagai tujuan berliburnya. Orang suka dengan musik pasti akan setuju kalau menghabiskan waktu liburan seperti ini sangat menyenangkan. Kamu bisa menyesuaikan baju dengan suasana tempatnya. Nggak harus ke luar negeri, di Indonesia juga mulai bermunculan festival musik tahunan. Pergi sendirian ke festival musik justru kamu bisa menikmati musisi favoritmu yang sedang tampil.

Berkendara

Sekali Seumur Hidup Kamu Wajib Coba Jalan-Jalan Seperti Inipixabay.com/Free-Photos

Bepergian dengan menggunakan kendaraan pribadi memang seru, lebih menantang kalau sendirian. Kamu hanya mengandalkan dirimu saja. Bebas menelusuri jalanan. Kalau kamu suka dengan hal yang spontan, nggak perlu menyusun detail perjalanan. Ada spot bagus untuk foto mampir, berhenti saat lelah, dan cari tempat makan jika lapar. Ingin mematahkan stigma perempuan berkendaran terlalu jauh, alternatifnya pilih kota dengan jarak yang nggak jauh. Jangan lupa untuk utamakan selamat.

Yoga retreat

Sekali Seumur Hidup Kamu Wajib Coba Jalan-Jalan Seperti Inipixabay.com/AndiP

Hidup di kota memang rasanya lebih lelah. Bukan hanya fisik saja, tapi hati dan pikiran juga ikut merasakan lelah. Pilihan berlibur sambil menenangkan diri selalu muncul. Kalau sudah seperti ini, ada baiknya kamu mencari referensi. Ubud, Bali salah satunya. Ada beberapa penyelanggara yang mengadakan yoga dan belajar hidup sehat bersama dalam waktu beberapa hari. Tinggal kamu sesuaikan dengan jadwalmu. Yoga dengan alam yang sejuk dan makanan yang sehat bisa menenangkan semuanya.

Bepergian sendirian nggak seseram yang dibayangkan, kok. Kalau kamu nggak membuktikan sendiri, nggak akan tahu dan terus penasaran.

Baca Juga: Inilah Alasan Kenapa Orang yang Sering Jalan-Jalan Selalu Tampak Segar dan Bahagia