Yeay, akhirnya cuti liburan sudah di approve atasan tetapi kamu baru menyadari bulan ini sedang banyak pengeluaran. Duh kemana ya enaknya perjalanan kali ini? Kalau berada dalam kondisi terdesak seperti itu nggak usah khawatir Bela karena dengan budget terbatas kamu masih bisa kok travelling dengan seru. 

Nggak percaya? Enam tips ini akan membuat liburan low-budget lebih mengasyikkan. Check this out Bela!

1. Pergi di Waktu Low-Season

6 Tips Ini Bikin Kamu Aman Liburan dengan Budget Pas-Pasanpexels.com/Nubia Navarro (nubikini)

Lupakan berlibur saat high season seperti libur Hari Raya, liburan anak sekolah, saat tanggalan merah dan akhir tahun, karena pada masa itu biaya transportasi dan penginapan akan melesat sangat tinggi bahkan sampai dua kali lipat. Pilihlah perjalanan di low-season  akan membuatmu liburanmu lebih leluasa karena suasananya yang sepi.

2. Cek Promo Penerbangan di Website

6 Tips Ini Bikin Kamu Aman Liburan dengan Budget Pas-Pasanpexels.com/The Lazy Artist Gallery

Pantau dan follow website penerbangan berbiaya terjangkau yang sesekali memberikan penawaran harga promo. Selain itu pilihlah jam keberangkatan sangat malam atau pagi sekali karena rate yang ditawarkan akan jauh lebih murah dibandingkan saat jam kerja. Kuncinya tetap update, jeli dan bergerak cepat. Tetapi kalau kamu ingin menggunakan transportasi selain pesawat, kamu dapat memilih menggunakan kereta api dan bis antar kota.

3. Menginap di Hostel atau Homestay Bukan Hotel

6 Tips Ini Bikin Kamu Aman Liburan dengan Budget Pas-Pasanpexels.com/ajay bhargav GUDURU

Penginapan di hostel biasanya menawarkan harga yang lebih murah dibandingkan hotel, namun pelayanannya lebih minimalis. Bela bisa memilih kamar yang berukuran kecil atau harus siap untuk sharing kamar dengan orang lain karena di hostel biasanya menyediakan beberapa tempat tidur bertingkat dalam satu ruangan. Alternatif lainnya ialah homestay di tempat kenalan atau kerabat, Bela. 

4. Download Aplikasi Perjalanan dan Peta untuk Menemanimu Jalan-Jalan

6 Tips Ini Bikin Kamu Aman Liburan dengan Budget Pas-Pasanpexels.com/rawpixel.com

Install aplikasi perjalanan dan peta di gadget-mu untuk membantu menemukan lokasi wisata tujuanmu. Manfaatkan semaksimal mungkin fasilitas ini karena penggunaan aplikasi ini akan menyelamatkanmu dari nyasar. So, pastikan jumlah kuota internetmu tercukupi ya sebelum berangkat liburan.

5. Gunakan Angkutan Umum Selama di Tempat Tujuan

6 Tips Ini Bikin Kamu Aman Liburan dengan Budget Pas-Pasanpexels.com/rawpixel.com

Pengeluaran akan melonjak tajam saat kamu memakai jasa penyewaan kendaraan, karena perlu banyak persiapan seperti bensin, parkir dan tip untuk supir. Kamu bisa mengganti transportasi perjalanan dengan menggunakan kendaraan umum, tetapi supaya nggak tersesat pelajari terlebih dahulu rute kendaraan yang akan kamu naiki. Pilihan lainnya ialah menggunakan ojek online.

6. Cicipi Makanan Khas Selain di Restoran

6 Tips Ini Bikin Kamu Aman Liburan dengan Budget Pas-Pasanpexels.com/rawpixel.com

Salah satu aktivitas yang menarik saat liburan ialah mencicipi kuliner daerah setempat. Supaya nggak terjebak, biasakan untuk menanyakan harga di awal sebelum transaksi dan pemesanan. Jangan sampai overbudget  karena pedagang menggunakan kesempatan dengan memberikan harga turis yang sangat berbeda jauh dengan harga normal.

7. Berkunjung ke Tempat Wisata yang Gratis

6 Tips Ini Bikin Kamu Aman Liburan dengan Budget Pas-Pasanpexels.com/Chama

Bela bisa melakukan survey terlebih dahulu sebelum memulai perjalanan dan searching tempat wisata yang gratis alias bebas biaya masuk supaya lebih efisien waktu dan tempatnya. 

8. Jangan Tergoda Belanja

6 Tips Ini Bikin Kamu Aman Liburan dengan Budget Pas-Pasanpexels.com/Kaboompics .com

Kuncinya jangan mudah tergiur saat melihat barang-barang yang menarik. Pastikan untuk tetap bijak menggunakan uang, kalau ingin berbelanja seperlunya saja sebagai tanda mata.

9. Menyiapkan Bekal Dan Membawa Air Botol

6 Tips Ini Bikin Kamu Aman Liburan dengan Budget Pas-Pasanpexels.com/Tim Gouw

Kamu bisa menyiasati keinginan jajan dengan membawa bekal dari rumah seperti snack dan makanan yang tidak mudah basi. Sedangkan untuk minuman kamu bisa membawa air dalam tumbler. Tetapi kalau merasa repot kamu bisa membelinya di mini market terdekat, karena biasanya ditempat-tempat wisata dan mall harganya akan jauh lebih mahal. 

nggak sulit kan Bela? Selamat  berlibur!

Baca Juga: Liburan Murah, Ini Daftar Hostel di Bawah Rp150 Ribu di Bali