Meskipun kini sudah banyak orang yang melakukan aktivitas di luar rumah, namun tetap saja tren tanaman hias masih begitu tinggi. Menanam tanaman hias saat ini bukan hanya menjadi hobi musiman, tapi juga menjadi kebutuhan karena dinilai mampu meredakan stres.

Beragam tanaman hias, khususnya yang berbentuk dan berwarna unik menjadi incaran para pencinta tanaman hias, nih, Bela. Salah satunya tanaman hias berwarna oranye atau jingga. Bukan hanya mampu menyegarkan pandangan mata, tanaman hias berwarna oranye juga cocok jadi koleksi karena bentuknya yang anti-mainstream.

Mau punya tanaman hias berwarna oranye? Simak daftarnya berikut ini.

1. Tulip

Bikin Segar Mata, Ini 7 Tanaman Berwarna Oranye yang CerahUnsplash.com/Melissa Askew

Tanaman hias berwarna oranye pertama yang bisa kamu miliki adalah tulip oranye. Bunga yang berasal dari Belanda ini, sekarang mudah ditemukan di Indonesia, kok. Jadi, kamu bisa memiliki dan merawatnya di rumah.

Warna oranye pada bunga tulip memiliki filosofi tersendiri, nih, Bela. Yakni, sebagai tanda pemberi semangat. Maka dari itu, jika kamu ingin memberikan ucapan semangat kepada kerabat terdekat, bunga satu ini bisa jadi pilihan sebagai hantaran atau hampers.

2. Begonia

Bikin Segar Mata, Ini 7 Tanaman Berwarna Oranye yang CerahUnsplash.com/Gary Fultz

Kalau biasanya kita melihat bunga begonia berwarna merah, kini begonia berwarna oranye juga mulai banyak dicari, lho. Warnanya yang segar, sangat cocok diletakan di tengah ruang tamu atau sebagai penghias teras rumahmu.

Dalam hal perawatan pun, begonia tidak akan merepotkanmu, Bela. Sebab, tanaman ini dapat tumbuh di mana saja, tidak memerlukan banyak air, dan dapat ditanam dengan cara digantung menggunakan pot gantung.

3. Amarilis Dutch Orange

Bikin Segar Mata, Ini 7 Tanaman Berwarna Oranye yang CerahPexels.com/Djordje Ristic

Meskipun tersemat kata 'Dutch' pada namanya Amarilis Dutch Orange, namun ternyata tanaman ini berasal dari Amerika Selatan. Amarilis Dutch Orange berasal dari genus Hippeastrum yang memang banyak ditemukan di negara-negara tersebut.

Amarilis Dutch Orange memiliki kelopak yang sangat lebar. Apabila sedang mekar, mahkota kelopak Amarilis Dutch Orange akan merekah indah yang akan menarik perhatianmu.

Jika kamu ingin memelihara tanaman ini, pastikan memilih tempat yang terkena sinar matahari, ya. Sebab, Amarilis Dutch Orange membutuhkan banyak cahaya matahari untuk tumbuh. 

4. Aster

Bikin Segar Mata, Ini 7 Tanaman Berwarna Oranye yang CerahUnsplash.com/Tanya Paquet

Kalau melihat dari asal katanya, aster dalam bahasa Yunani memiliki makna bintang. Arti kata ini sesuai pula dengan warna-warna bunga aster yang kebanyakan memiliki warna cerah, seperti putih, merah, hingga oranye.

Bunga aster biasa kita temukan dalam acara resepsi pernikahan karena bunga ini memiliki simbol cahaya dan harapan. Selain itu, bunga aster juga cocok dipilih sebagai tanaman hias karena memiliki bentuk yang cantik dan wangi yang lembut.

5. Lily

Bikin Segar Mata, Ini 7 Tanaman Berwarna Oranye yang CerahUnsplash.com/Tugce Gungormezler

Kalau biasanya lily identik dengan putih, tapi lily oranye juga nggak kalah cantik, lho. Lily oranye bukan hanya segar dipandang mata, tapi juga memiliki aroma yang menenangkan. Bunga satu ini sangat pas jika kamu letakan di dalam ruangan.

Jika kamu ingin memeliharanya, pastikan untuk meletakan lily oranye di tempat yang sejuk, ya. Sebab, jika udara terlalu kering atau terkena sinar matahari langsung, bunga ini akan layu dan kering.

6. Dahlia

Bikin Segar Mata, Ini 7 Tanaman Berwarna Oranye yang CerahPexels.com/Raphael Brasileiro

Sekilas, bentuk dari bunga dahlia mirip dengan aster. Bedanya, bunga dahlia ini memiliki bentuk kelopak yang lebih kecil, memanjang dan lebih terstruktur. 

Untuk merawat bunga dahlia cukup mudah, nih, Bela. Kamu jangan menyiramnya setiap hari karena terlalu banyak air akan membuatnya membusuk. Akan lebih baik jika kamu menyiramnya sebanyak 1 hingga 2 hari sekali saja. Ketika musim panas tiba, bunga dahlia akan bermekaran secara maksimal. 

7. Marigold

Bikin Segar Mata, Ini 7 Tanaman Berwarna Oranye yang CerahPexels.com/Gm Rajib

Selanjutnya ada bunga marigold. Bunga yang berasal dari Meksiko ini menjadi lambang keberuntungan. Tak heran, jika di negara asalnya, bunga marigold dapat ditemukan di berbagai tempat, termasuk di teras-teras rumah.

Marigold sangat mudah dirawat, Bela. Tanaman ini tidak memerlukan air yang banyak. Kamu hanya perlu menyiramnya satu kali sehari dan pastikan untuk mendapatkan cahaya matahari yang cukup, ya.

Itulah tadi daftar tanaman hias berwarna oranye yang cocok kamu tanam di rumah. Ingin memiliki yang mana, nih, Bela?

Baca Juga: 10 Tanaman Hias Ini Bisa Jadi Pewangi Alami Ruangan, Aromanya Segar!

Baca Juga: Cocok untuk Dekorasi Rumah, 10 Rekomendasi Tanaman Hias Berdaun Lebar

Baca Juga: 10 Tanaman Hias yang Bisa Tumbuh Tanpa Tanah, Bikin Estetik!