Di awal pandemi kemarin, tanaman hias menjadi tren yang banyak diburu. Tak sedikit pula yang kemudian menjadikan hal ini sebagai hobi baru mereka, bahkan ketika sudah mulai beraktivitas kembali di luar rumah.

Berbicara soal tanaman hias, sudah berapa banyak tanaman hias yang ada di rumahmu, Bela? Apakah kamu sudah memiliki tanaman hias berdaun lebar? Jika belum, berikut beberapa rekomendasi tanaman hias berdaun lebar yang bisa kamu pilih untuk menjadi dekorasi di rumah.

1. Monstera

Cocok untuk Dekorasi Rumah, 10 Rekomendasi Tanaman Hias Berdaun LebarUnsplash.com/Michaela Zakopa

Tanaman hias berdaun lebar yang pertama adalah monstera atau yang memiliki nama latin Monstera Deliciosa. Berasal dari kawasan Amerika Tengah, monstera menjadi primadona bagi pencinta tanaman hias karena bentuknya yang unik. 

Monstera memiliki daun berukuran lebar dan ada sobekan-sobekan alami di sepanjang sisinya. Setiap varietas monstera dapat dicirikan dari sobekan dan warna yang tampak pada tanaman tersebut.

2. Pisang-pisangan

Cocok untuk Dekorasi Rumah, 10 Rekomendasi Tanaman Hias Berdaun LebarUnsplash.com/Roberto Huczek

Jenis tanaman hias berdaun lebar selanjutnya adalah pisang-pisangan atau yang memiliki nama latin Heliconia rostrata. Jika ditanam di luar ruangan, pisang-pisangan dapat tumbuh hingga 120 cm. Namun, tanaman ini juga cocok diletakan di dalam ruangan karena memiliki bentuk yang cantik dan dekoratif.

Disebut dengan nama pisang-pisangan, tanaman hias ini memiliki bentuk daun lebar dan memiliki tekstur bergaris seperti daun pisang. Karena tidak memerlukan sinar matahari yang banyak, kamu bisa menanam tanaman ini di pot dan meletakannya di sudut ruangan.

3. Kuping Gajah

Cocok untuk Dekorasi Rumah, 10 Rekomendasi Tanaman Hias Berdaun LebarUnsplash.com/Huy Phan

Anthurium crystallinum merupakan nama latin dari tanaman hias kuping gajah. Sesuai dengan namanya, tanaman hias ini memiliki daun yang lebar dengan garis-garis putih yang membelah di tengahnya.

Kuping gajah bukan hanya cantik dan dekoratif. Namun, ia juga mampu menyerap polusi, udara kotor dan racun di dalam ruangan. Sehingga, ruangan bisa menjadi lebih segar dan bersih.

4. Karet Kebo

Cocok untuk Dekorasi Rumah, 10 Rekomendasi Tanaman Hias Berdaun LebarUnsplash.com/Eric Fiori

Sekilas, tanaman hias berdaun lebar ini seperti tanaman plastik. Sebab, bentuk daunnya lebar, keras, serta berkilau. Sehingga, tanaman ini sangat cocok diletakan di dalam ruangan karena tidak akan rontok dan mengotori rumah.

Selain memiliki fungsi dekoratif, karet kebo juga bermanfaat membersihkan udara di dalam ruangan. Agar tetap cantik, jangan lupa untuk rutin membersihkan permukaan daun dari kotoran dan debu yang menempel.

5. Caladium

Cocok untuk Dekorasi Rumah, 10 Rekomendasi Tanaman Hias Berdaun LebarUnsplash.com/Jungle Space

Secara visual, caladium memiliki bentuk seperti kuping gajah. Hal ini dikarenakan, caladium masih termasuk dalam keluarga talas atau family Araceae. Namun, berbeda dengan kuping gajah, caladium memiliki warna yang lebih menarik. Seperti, putih, merah muda, atau merah.

Biasanya, pada tanaman caladium, memiliki dua warna dalam satu daun. Hal inilah yang membuat tanaman ini menjadi favorit bagi pencinta tanaman hias. Meski bukan tanaman asli Indonesia, namun tanaman ini sangat mudah ditemukan di berbagai wilayah di Tanah Air.

6. Calathea Ornata

Cocok untuk Dekorasi Rumah, 10 Rekomendasi Tanaman Hias Berdaun LebarUnsplash.com/Osman Hussaini

Tanaman hias berdaun lebar selanjutnya yang bisa jadi rekomendasi untukmu adalah calathea ornata. Daun dari tanaman ini memiliki corak putih dan merah muda, yang berpadu dengan warna hijau. Perpaduan cantik ini membuat calathea ornata menjadi tanaman yang berfungsi sebagai hiasan di dalam rumah.

Kelebihan lain dari tanaman ini adalah tidak membutuhkan banyak air dan sinar matahari. Sehingga, tanaman ini akan tetap dapat tumbuh optimal meski di dalam ruangan.

7. Anthurium Jenmanii

Cocok untuk Dekorasi Rumah, 10 Rekomendasi Tanaman Hias Berdaun LebarNurserybuy.com

Kesan kokoh dan elegan langsung akan kamu dapatkan saat melihat tanaman anthurium jenmanii ini. Memiliki daun yang seolah menguncup satu sama lain, daun anthurium jenmanii tidak mudah patah dan berukuran lebar. Selain itu, karena begitu lebat daunnya, tanaman ini juga bisa menghadirkan kesan sejuk dalam ruangan.

8. Aglonema

Cocok untuk Dekorasi Rumah, 10 Rekomendasi Tanaman Hias Berdaun LebarUnsplash.com/Piti Kamalatbucha

Aglonema menjadi salah satu tanaman yang banyak diburu pencinta tanaman karena coraknya yang cantik dan warnanya yang beragam. Mulai dari hijau, putih, krem, merah muda dan merah, menjadi pilihan warna daun aglonema yang bisa menarik perhatian.

Selain sedap dipandang mata, aglonema juga sangat berfungsi menyerap polutan dan membuat ruangan menjadi lebih bersih. 

9. Gelombang Cinta

Cocok untuk Dekorasi Rumah, 10 Rekomendasi Tanaman Hias Berdaun LebarPinterest.com/PlantVine

Di awal tahun 2000-an lalu, tanaman gelombang cinta begitu naik daun dan harganya pun menyentuh jutaan rupiah per potnya. Namun, kini harganya sudah jauh lebih terjangkau dan tetap menjadi pilihan tanaman hias yang cukup populer.

Disebut sebagai gelombang cinta karena daun dari tanaman ini memiliki bentuk bergelombang yang cantik dengan urat yang menonjol. Tanaman ini sebaiknya disimpan di tempat yang teduh. Sebab, jika tidak, daunnya akan menguning dan mengurangi kecantikannya.

10. Janda Bolong

Cocok untuk Dekorasi Rumah, 10 Rekomendasi Tanaman Hias Berdaun LebarTokopedia.com

Selain monstera, tanaman hias janda bolong juga menjadi tanaman yang banyak diburu di masa pandemi ini. Keunikan dari tanaman ini adalah setiap daunnya memiliki lubang-lubang alami yang menambah kecantikannya. Janda bolong masih masuk ke dalam keluarga monstera karena memiliki bentuk daun yang serupa, meski ukurannya sedikit lebih kecil.

Itulah tadi daftar rekomendasi tanaman hias berdaun lebar yang juga pas dijadikan sebagai dekorasi rumah. Ingin memiliki yang mana, Bela?

Baca Juga: 7 Jenis Philodendron Buat Pencinta Tanaman Hias, Mulai dari Rp50 ribu

Baca Juga: Kenali 8 Penyebab Bercak Hitam Pada Tanaman 

Baca Juga: 10 Jenis Tanaman Terrarium yang Mudah Dirawat, Pilih yang Mana, Nih?