Menjelang Idul Adha atau pelaksanaan ibadah haji, banyak ibadah yang bisa kita lakukan untuk mendapat ridho dan pahala dari Allah SWT. Jika kamu belum mendapatkan kesempatan untuk datang berkunjung langsung ke Tanah Suci, jangan berkecil hati. Sebab, masih ada banyak sekali ibadah yang bisa kita lakukan yang pahalanya insya Allah tak kalah banyak dengan menunaikan ibadah haji. Salah satunya puasa tarwiyah. Puasa tarwiyah dilakukan dua hari sebelum Idul Adha. 

Kamu ingin melaksanakan puasa tarwiyah tahun ini? Berikut bacaan niat dan keutamaan puasa tarwiyah yang perlu kamu tahu.

Niat dan arti puasa tarwiyah

Niat dan Keutamaan Puasa Tarwiyah Menjelang Idul AdhaCanva.com, edited by Romi Subhan

Sama seperti puasa sunnah lainnya, melakukan puasa tarwiyah juga diawali dengan membaca niat. Adapun niat puasa tarwiyah adalah sebagai berikut.

نَوَيْتُ صَوْمَ تَرْوِيَةَ سُنَّةً لِّلِه تَعَالَى

"Nawaitu shouma tarwiyata sunnatan lillahi ta'ala."

Artinya: "Saya niat puasa Tarwiyah, sunnah karena Allah ta'ala."

Jadwal puasa tarwiyah

Niat dan Keutamaan Puasa Tarwiyah Menjelang Idul AdhaCanva.com, edited by Romi Subhan

Sepanjang bulan Dzulhijjah terdapat banyak puasa sunnah yang dapat kita kerjakan. Dimulai dari tanggal 1 hingga 9 Dzulhijjah, puasa sunnah dapat kita lakukan untuk mendapatkan pahala dari Allah SWT. Adapun jadwal puasa tarwiyah dan puasa sunnah lainnya selama bulan Dzulhijjah adalah sebagai berikut.

  • Puasa sunnah Dzulhijjah: 1-7 Dzulhijjah (11-17 Juli 2021)
  • Puasa tarwiyah: 8 Dzulhijjah (18 Juli 2021)
  • Puasa arafah: 9 Dzulhijjah (19 Juli 2021)

Setelah tanggal 9 Dzulhijjah, yakni tanggal 10-13 Dzulhijjah, kita diharamkan berpuasa karena merupakan hari tasyrik.

Keutamaan puasa tarwiyah

Niat dan Keutamaan Puasa Tarwiyah Menjelang Idul AdhaCanva.com, edited by Romi Subhan

Selain mendapat pahala dari Allah SWT tentunya, puasa tarwiyah juga memiliki keutamaan lainnya bisa kita dapatkan. Apa saja keutamaan puasa tarwiyah? Berikut penjelasannya.

1. Dijauhkan dari siksa api neraka

Keutamaan yang pertama dari puasa tarwiyah adalah dijauhkannya siksa api neraka. Jika kita rutin melaksanakannya, kelak Allah SWT akan melindungi dan menjauhkan kita dari hal tersebut.

2. Menjalankan kebiasaan Rasulullah SAW

Berpuasa di sembilan hari pertama bulan Dzulhijjah merupakan kebiasaan Rasulullah SAW. Maka dari itu, sebagai umatnya, tidak ada salahnya mengikuti kebiasaan beliau. Hal ini tercantum dalam hadis berikut.

مَا مِنْ أَيَّامٍ الْعَمَلُ الصَّالِحُ فِيهَا أَحَبُّ إِلَى اللَّهِ مِنْ هَذِهِ الأَيَّامِ يَعْنِى أَيَّامَ الْعَشْرِ. قَالُوا يَا رَسُولَ اللَّهِ وَلاَ الْجِهَادُ فِى سَبِيلِ اللَّهِ قَالَ وَلاَ الْجِهَادُ فِى سَبِيلِ اللَّهِ إِلاَّ رَجُلٌ خَرَجَ بِنَفْسِهِ وَمَالِهِ فَلَمْ يَرْجِعْ مِنْ ذَلِكَ بِشَىْءٍ

Artinya: “Tidak ada satu amal sholeh yang lebih dicintai oleh Allah melebihi amal sholeh yang dilakukan pada hari-hari ini (yaitu 10 hari pertama bulan Dzul Hijjah).” Para sahabat bertanya: “Tidak pula jihad di jalan Allah?” Nabi shallallahu ‘alaihi wa sallam menjawab: “Tidak pula jihad di jalan Allah, kecuali orang yang berangkat jihad dengan jiwa dan hartanya namun tidak ada yang kembali satupun.” (HR. Abu Daud no. 2438, At Tirmidzi no. 757, Ibnu Majah no. 1727, dan Ahmad no. 1968, dari Ibnu ‘Abbas. Syaikh Al Albani mengatakan bahwa hadits ini shahih. Syaikh Syu’aib Al Arnauth mengatakan bahwa sanad hadits ini shahih sesuai syarat Bukhari-Muslim). Mengenai hadits ini, Ibnu Qudamah rahimahullah berkata, “Sepuluh hari awal Dzulhijjah seluruhnya adalah hari yang mulia dan dimuliakan, di dalamnya dilipatgandakan (pahala) amalan dan disunnahkan bersungguh-sungguh ibadah pada waktu tersebut.” (Al Mughni, 4: 443).

3. Pahalanya seperti berpuasa satu tahun

Melaksanakan puasa tarwiyah bisa mendatangkan pahala yang banyak, yakni seperti berpuasa satu tahun penuh. Maka dari itu, sangat beruntung jika kita bisa melaksanakannya.

Itulah tadi niat dan keutamaan puasa tarwiyah menjelang Idul Adha. Semoga kita bisa melaksanakannya, ya!

Baca Juga: Belum Ganti Puasa Tahun Lalu? Ini Niat Puasa Qadha & Tata Caranya

Baca Juga: Ini Niat Puasa Syawal, Keutamaannya Seperti Ibadah Setahun Penuh!

Baca Juga: Hapus Dosa 2 Tahun, Ini Niat dan Doa Puasa Arafah 9 Dzulhijjah