Natal identik dengan ornamen pohon Natal dan lilin. Dekorasi ini bukan hanya bisa menambah cantik ruangan, tapi juga bisa menghadirkan suasana hangat dan kedekatan antar-anggota keluarga semakin dekat.

Biar ruanganmu semakin semarak dan begitu terasa suasana Natalnya, berikut deretan inspirasi dekorasi lilin Natal yang bikin ruangan makin romantis. Apa saja?

1. Lilin dengan hiasan pita hijau

10 Inspirasi Dekorasi Lilin untuk Natal, Bikin Ruangan Makin RomantisDecoratorist.com

Inspirasi dekorasi lilin Natal yang pertama adalah menggunakan pita hijau untuk menghias lilin. Cara ini cukup mudah karena kamu hanya membutuhkan beberapa lilin berukuran berbeda (jika bisa berwarna merah) dan pita hijau secukupnya.

Lilitkan pita hijau pada lilin, kemudian ikat simpul hingga membentuk pita yang cantik. Letakan lilin-lilin ini di sudut-sudut ruangan. Usahakan jangan diletakan dengan benda yang mudah terbakar.

2. Manfaatkan gelas wine untuk hiasan lilin

10 Inspirasi Dekorasi Lilin untuk Natal, Bikin Ruangan Makin RomantisPinterest.com

Hiasan lilin selanjutnya yang bisa kamu buat untuk dekorasi natal adalah dengan memanfaatkan gelas wine. Pilih lilin yang pendek dan beberapa gelas wine berbagai ukuran. Balik gelas tersebut dan letakan lilin pada bagian atasnya. 

Dengan dekorasi ini, sudut meja makan pun akan menjadi semakin cantik dan menarik. Meski sederhana, dekorasi ini bisa membuat meja terlihat lebih mewah.

3. Gunakan ornamen Natal lainnya untuk menghias lilin

10 Inspirasi Dekorasi Lilin untuk Natal, Bikin Ruangan Makin RomantisDecoratorist.com

Lilin merah memang identik dengan Natal. Tapi, jika kamu hanya memiliki lilin putih, tak perlu risau. Sebab, dengan sedikit kreativitas, kamu bisa menyulap lilin tersebut menjadi hiasan Natal yang cantik.

Kamu hanya perlu mengumpulkan orname-ornamen Natal. Seperti pita berwarna hijau, merah atau perak, lonceng, serta hiasan bola. Kemudian, hias lilin menggunakan ornamen tersebut. Gunakan kreativitasmu untuk membuatnya seunik mungkin. 

4. Lilin dalam vas

10 Inspirasi Dekorasi Lilin untuk Natal, Bikin Ruangan Makin RomantisQuickcandles.com

Dekorasi lilin selanjutnya yang mudah dibuat di rumah adalah lilin di dalam vas yang berisi air. Bahan membuatnya pun sangat mudah. Kamu hanya membutuhkan lilin, vas kaca, air dan hiasan lainnya sebagai pelengkap.

Kamu hanya perlu mengisi vas menggunakan air secukupnya. Supaya tidak monoton, beri hiasan berupa tanaman, misalnya, di dalam vas. Kemudian, masukan lilin dan nyalakan. Selain vas, kamu juga bisa menggantinya dengan gelas yang memiliki bentuk unik.

5. Lilin dengan hiasan berbentuk permen

10 Inspirasi Dekorasi Lilin untuk Natal, Bikin Ruangan Makin RomantisDecoratorist.com

Ornamen Natal berbentuk permen tongkat berwarna merah-putih juga banyak ditemukan sebagai dekorasi Natal. Kamu bisa memodifikasinya sebagai wadah lilin yang dekoratif.

Cara membuatnya adalah satukan beberapa ornamen permen tongkat yang mengelilingi lilin. Ikat menggunakan pita atau tali rami. Pastikan agar lilin berdiri sempurna dan tidak mudah terjatuh agar aman saat lilin dinyalakan.

6. Lilin dengan rajutan

10 Inspirasi Dekorasi Lilin untuk Natal, Bikin Ruangan Makin RomantisPinterest.com

Kamu juga bisa memanfaatkan rajutan sebagai penghias lilin Natal. Karena bahan kain ini mudah terbakar, maka kamu harus hati-hati saat menggunakannya sebagai hiasan, ya

Lilit lilin dengan kain rajutan maksimal setengahnya saja. Agar saat lilin habis terbakar, kain rajutannya dapat kamu lepas sebelum terbakar.

7. Lilin dengan kayu manis

10 Inspirasi Dekorasi Lilin untuk Natal, Bikin Ruangan Makin RomantisCowboysindians.com

Lilin dengan kayu manis di sekelilingnya bukan hanya cocok untuk dekorasi bertema  rustic. Tapi, juga dapat menimbulkan aroma kayu manis yang segar.

Cara membuat dekorasi ini sangat mudah, Bela. Kamu hanya perlu meletakan kayu manis di sekililing lilin dan ikat menggunakan tali rami atau pita agar kayu manis tidak lepas. Nyalakan lilin di tempat yang aman, dan aroma kayu manis akan menguar di ruangan.

8. Lilin dengan hiasan makrame

10 Inspirasi Dekorasi Lilin untuk Natal, Bikin Ruangan Makin RomantisPinterest.com

Jika kamu mengambil tema White Christmas tahun ini, maka jangan lupakan hiasan makrame pada lilin. Sebab, selain menambah cantik ruangan, bentuknya yang unik, pasti akan membuat ruangan tidak terkesan monoton.

Cara membuatnya, kamu hanya perlu memasang makrame pada vas, toples kaca atau gelas. Kemudian, letakan lilin di dalamnya. Nyalakan lilin saat ruangan dalam keadaan gelap, maka kamu akan mendapatkan siluet estetik dari makrame yang cantik untuk difoto.

9. Lilin dengan bunga kering

10 Inspirasi Dekorasi Lilin untuk Natal, Bikin Ruangan Makin RomantisNotonthehighstreet.com

Memanfaatkan bunga kering bisa menjadi dekorasi sempurna untuk Natalmu tahun ini. Gunakan botol bekas juga untuk membuatnya menjadi tempat lilin yang estetik.

Namun, pastikan agar lilin yang diletakan di bagian atasnya berdiri dengan sempurna, ya. Sebab, akan sangat berbahaya jika lilin tersebut jatuh dalam kondisi menyala.

10. Lilin LED

10 Inspirasi Dekorasi Lilin untuk Natal, Bikin Ruangan Makin RomantisAmazon.com

Terakhir dan menjadi dekorasi yang paling mudah adalah menggunakan lilin LED. Kini sudah banyak lilin LED yang bisa kamu manfaatkan sebagai dekorasi Natal. Selain aman karena tidak memerlukan api, lilin LED juga memiliki banyak bentuk. Misalnya, lilin seperti pada gambar yang memiliki gliter, sehingga begitu bercahaya.

Itulah tadi rekomendasi dekorasi lilin Natal yang bisa jadi inspirasimu. Sudah mempersiapkan apa saja untuk Natal tahun ini?

Baca Juga: Penuh Rahmat dan Berkah, Ini Kumpulan Doa Kristen untuk Hari Natal

Baca Juga: 8 Inspirasi Kado Natal Berkesan untuk Mertua

Baca Juga: 8 Tips dan Rekomendasi Dekorasi Natal Bertema White Christmas