Doa Setelah Membaca Surat Al-Waqiah Supaya Dapat Rezeki yang Berkah

Rutin membaca dan rasakan keutamaannya

Doa Setelah Membaca Surat Al-Waqiah Supaya Dapat Rezeki yang Berkah

Surat Al-Waqiah merupakan surat ke-56 dalam Al-Qur'an. Memiliki 96 ayat, surat Al-Waqiah memiliki arti hari kiamat. 

Sama seperti surat lainnya dalam Al-Qur'an, surat Al-Waqiah juga memiliki keutamaannya sendiri jika dibaca secara rutin selepas salat fardhu. Salah satu keutamaan yang dijanjikan oleh Allah SWT jika kita rajin membaca surat Al-Waqiah adalah dilancarkannya rezeki dan dimudahkannya semua urusan kita di dunia.

Selain itu, surat Al-Waqiah juga menjadi pengingat kita akan datangnya hari kiamat dan hari pembalasan atas apa yang pernah kita lakukan di dunia. Maka dari itu, sebagai bekal kita di akhirat kelak, jangan pernah lupa menjalankan kewajiban kita di dunia.

Selepas membaca surat Al-Waqiah, kita dianjurkan untuk membaca doa setelah membaca surat Al-Waqiah agar mendapatkan keberkahan rezeki. Apa saja doanya? Simak berikut ini.

Macam-macam doa setelah membaca surat Al-Waqiah

Doa Setelah Membaca Surat Al-Waqiah Supaya Dapat Rezeki yang Berkah

Doa setelah membaca surat Al-Waqiah ada beberapa versi. Bacaan doa ini berbeda, namun tidak akan mengurangi keberkahannya jika diniatkan untuk Allah SWT. Beberapa bacaan doa tersebut adalah sebagai berikut.

Bacaan doa setelah membaca surat Al-Waqiah

الّلهُمَّ إِنِّى أَسْأَلُكَ بِحَقِّ سُوْرَةِ الْوَاقِعَةِ وَأَسْرَارِهَا أنْ تُيَسِّرَلِيْ رِزْقِي كَمَا يَسَّرْتَهُ لِكَثِيْرٍ مِن خَلْقِكَ يَا ألله يَا رَبَّ الْعَالَمِيْنَ

Allahumma inni as aluka bihaqqi suuratil waaqi’ah wa asroorihaa antu yassiroli rizki kamaa yassartahu li katsiirin min kholqika yaa Alloh yaa robbal ‘aalamiin. 

Artinya: "Ya Allah, sesungguhnya aku memohon kepada-Mu dengan kebenaran surat Waqiah dan rahasia-rahasianya, agar Engkau berkenan memudahkan rezekiku sebagaimana Engkau memudahkannya untuk kebanyakan makhluk-Mu, ya Allah, ya robbal ‘alamin."

Bacaan doa setelah membaca surat Al-Waqiah

اَللَّهُمَّ صُنْ وُجُوْهَنَا بِاْليَسَارِ,وَلاَتُوهِنَّابِاْلاِقْتَارِ , فَنَسْتَرْزِقَ طَالِبِيْ رِزْقِكَ وَنَسْتَعْطِفَ شِرَارَخَلْقِكَ وَنَشْتَغِلَ بِحَمْدِ مَنْ اَعْطَانَاوَنُبْتَلَى بِذَمِّ مَنْ مَنَعَنَاوَاَنْتَ مِنْ وَرَاءِذَلِكَ كُلِّهِ اَهْلُ اْلعَطَاءِ وَاْلمَنْعِ . اَللَّهُمَّ كَمَاصُنْتَ وُجْوُ هَنَاعَنِ السُّجُوْدِاِلاَّلَكَ فَصُنَّاعَنِ اْلحاَجَةِاِلاَّاِلَيْكَ بِجُوْدِكَ وَكَرَمِكَ وَفَضْلِكَ , يَااَرْحَمَ الرَّاحِمِيْنَ (ثلاثا) اَغْنِنَا بِفَضْلِكَ عَمَّنْ سِوَاكَ . وَصَلَّى اللهُ عَلَى سَيِّدِنَامُحَمَّدٍ وَعَلَى اَلِهِ وَصَحْبِهِ وَسَلَّمَ

Allahumma shun wujuhana bil yasar wala tuhinna bil iqtar fanastarziqa tholibi rizqika wa nasta'thifa syiroro kholqika wa nasytaghila bihamdi man a'thona wa nubtala bi zammi man mana'ana wa anta min wara-i zalika ahlul 'atho-i wal man-'i.

Allahumma kama shunta wujuhana 'anis sujudi illa laka fa shunna 'anil hajati illa ilaika bijudika wa karomika wa fadhlika ya arhamar rohimin wa shollallohu 'ala sayyidina muhammadin wa 'ala alihi wa shohbihi wa sallam.

Artinya: "Ya Allah, jagalah wajah kami dengan kekayaan, dan jangan hinakan kami dengan kemiskinan, sehingga kami harus mencari rizki dari para pencari rizki-Mu, dan minta dikasihani oleh manusia ciptaan-Mu yang berbudi buruk dan sibuk memuji orang yang memberi kami dan tergoda untuk mengecam yang tidak mau memberi kami. Padahal Engkau di balik semua itu adalah yang berwenang untuk memberi atau tidak memberi.

Ya Allah, sebagaimana Engkau menjaga wajah kami dari sujud kecuali kepada-Mu, maka jagalah kami dari keperluan selain kepada-Mu, dengan kedermawanan-Mu, kemurahan-Mu, dan karunia-Mu, wahai Yang Paling Penyayang di antara semua penyayang. Cukupkanlah kami dengan karunia-Mu dari siapa pun selain Engkau. Semoga Allah merahmati junjungan kami Nabi Muhammad beserta keluarganya dan para sahabatnya, juga semoga Allah memberi keselamatan."

Keutamaan membaca surat Al-Waqiah

Surat Al-Waqiah di dalamnya membahas mengenai hari kiamat yang akan terjadi di bumi beserta dengan kenikmatan yang akan diperoleh orang-orang yang bertaqwa. Membaca surat ini akan mendapatkan keutamaan terlindung dari kefakiran.


قَالَ عَبْدُ اللَّهِ بْنُ وَهْبٍ: أَخْبَرَنِي السُّرِّي بْنُ يَحْيَى أَنَّ شُجَاعًا حَدَّثه، عَنْ أَبِي ظَبْيَة، عَنْ عَبْدِ اللَّهِ بْنِ مَسْعُودٍ، قَالَ: سَمِعْتُ رَسُولَ اللَّهِ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وسلم يَقُولُ: “مَنْ قَرَأَ سُورَةَ الْوَاقِعَةِ كُلَّ لَيْلَةٍ لَمْ تُصِبْهُ فَاقَةٌ أَبَدًا


Artinya: "Abdullah Ibnu Wahb mengatakan, telah bercerita kepadaku As-Sirri Ibnu Yahya, bahwa Syuja' pernah menceritakan hadis ini dari Abu Zabyah dari Ibnu Mas'ud yang mengatakan bahwa ia pernah mendengar Rasulullah SAW bersabda: Barang siapa yang membaca surat Al-Waqiah setiap malam, niscaya tidak akan tertimpa kemiskinan selamanya."

Dalam riwayat lain, disebutkan bahwa surat Al-Waqiah merupakan surat kekayaan. Maka dari itu, dianjurkan untuk membacanya supaya Allah SWT tidak menimpakan kemiskinan kepadanya. Ada pula anjuran untuk mengajarkan surat ini kepada istri dan anak-anak mereka. 

  • Share Artikel

TOPIC

trending

Trending

This week's horoscope

horoscopes

... read more

See more horoscopes here