Suasana gersang di rumah tanpa sadar mempengaruhi mood penghuni rumahnya. Untuk menyiasatinya kamu bisa mengisi ruangan dan tamanmu dengan tanaman hias supaya memberi suasana rindang. Plusnya, kehadiran tanaman hias bisa meningkatkan mood dan rumahmu terlihat indah.

Tapi sebelum memilih tanaman hias yang akan kamu tanam dan pajang, kamu sadar nggak sih kalau sebetulnya tanaman hias itu banyak banget jenisnya? Supaya nggak salah pilih, berikut penjelasan jenis tanaman hias.

Jenis Tanaman Hias

5 Jenis Tanaman Hias yang Populer dan Cocok Untuk Mempercantik RumahmuPexels.com/Mark Neal

Jenis tanaman hias dibagi menjadi lima jenis:

  • Tanaman hias bunga
  • Tanaman hias daun
  • Tanaman hias buah
  • Tanaman hias akar
  • Tanaman hias batang

1. Tanaman Hias Bunga

5 Jenis Tanaman Hias yang Populer dan Cocok Untuk Mempercantik RumahmuPexels.com/Valeria

Dari sekian banyak jenis tumbuhan, tanaman hias bunga salah satu yang paling favorit. Punya kelopak cantik dan warna yang menyejukkan mata membuat tanaman hias bunga paling banyak dipilih untuk ditanam di taman rumah, bahkan ada pula yang dipajang di dalam rumah untuk mempercantik interior. Lalu apa saja sih tanaman hias bunga yang indah untuk di rumah?

Bunga Anggrek

5 Jenis Tanaman Hias yang Populer dan Cocok Untuk Mempercantik RumahmuPexels.com/Man Dy

Bunga Anggrek nggak hanya mempercantik ruangan bagian dalam rumah, tetapi bunga jenis Orchidaceae ini juga jadi penghias di taman rumah. Warnanya yang cantik dan bentuknya yang unik memang jadi daya tarik bagi pencinta anggrek. Bahkan jenis anggrek hanya satu, tetapi masih banyak lagi, berikut jenis anggrek hias paling populer:

  • Cattleya, bunganya besar dan spektakuler, namun sulit dipelihara
  • Dendrobium, tanaman hias paling populer dari antara jenis-jenis anggrek
  • Grammatophylum, atau dikenal juga dengan nama lokal anggrek Papua raksasa
  • Oncidium, atau biasa dikenal dengan nama "golden shower"
  • Phalaenopsis, kepopulerannya mendekati Dendrobium. Anggrek bulan adalah salah satu jenisnya
  • Spathyphyllum, anggrek tanah
  • Vanda, biasanya sebagai bunga potong

Bunga Melati

5 Jenis Tanaman Hias yang Populer dan Cocok Untuk Mempercantik Rumahmu

Bunga Melati memang dinobatkan sebagai simbol nasional dengan sebutan “Puspa Bangsa” walaupun asal usul bunga melati sebetulnya dari India. Selain bermakna suci, bunga melati punya bau yang sangat harum, bahkan kalau di Indonesia tanaman ini dikonotasikan dengan hal mistis. Padahal bunga melati sama sekali nggak seram, justru punya manfaat banyak buat kesehatan lho. Sebab bunga melati fungsinya nggak hanya sebagai penghias, tapi juga mengatasi jerawat. Walaupun di Indonesia bunga melati jenis Jasminum sambac alias melati putih, ternyata masih banyak lagi jenis bunga melati lho. Berikut jenis bunga melati yang bentuknya paling cantik:

  • Jasminum elongatum (Berg.) Willd. (melati hutan: gambir, poncosudo; syn. J. multiflorum Bakh. non (Burm.f.) Andr.).
  • Jasminum mensyi (Jasminum primulinum, melati primrose).
  • Jasminum multiflorum (Burm.f.) Andr. (Star Jasmine, syn. J. pubescens Willd.).
  • Jasminum officinale (melati casablanca, Spanish Jasmine) sinonim dengan J. floribundum = Jasmine grandiflorum). Perdu setinggi 1,5 meter.
  • Jasminum parkeri Dunn. (melati pot).
  • Jasminum revolutum Sims. (melati italia)
  • Jasminum rex (melati raja, King Jasmine).
  • Jasminum sambac (L.) Aiton (melati putih, puspa bangsa)
  • Jasminum simplicifolium (melati australia, J. volibile, melati bintang). Melati hibrida. Bunga berwarna merah muda dan harum.

Bunga Mawar

5 Jenis Tanaman Hias yang Populer dan Cocok Untuk Mempercantik RumahmuPexels.com/Matthew T

Mawar adalah suatu jenis tanaman semak yang punya duri di tangkainya. Biasanya bunga mawar paling sering menjadi bunga potong untuk dijadikan bouquet bunga sebagai hadiah untuk mengungkapkan kasih sayang. Selain itu, bunga mawar juga jadi tanaman hias favorit yang ditanam di lapangan rumah. Warna bunga mawar pun beragam, berikut jenis bunga mawar yang ada di dunia.

  • Mawar Musk
  • Mawar Kubis
  • Mawar Eden
  • Mawar Sunsprite
  • Mawar Double Delight

2. Tanaman Hias Daun

5 Jenis Tanaman Hias yang Populer dan Cocok Untuk Mempercantik RumahmuPexels.com/Daria Shevtsova

Jika tanaman hias bunga punya pesona di warna dan kelopaknya, tanaman hias daun juga nggak kalah menarik sebab punya keunikan dari bentuknya juga. Apalagi belakangan ini banyak banget pencinta tanaman yang mengoleksi tanaman hias daun untuk dipajang di dalam rumah dan di teras rumah sebagai dekorasi. Bentuknya yang unik dan warnah hijau yang sejuk membaut tanaman hias daun dijadikan latar foto flat lay yang sering diunggah di Instagram. Apa saja sih tanaman daun yang paling sering dijadikan sebagai tanaman hias? Berikut jenis tanaman hias daun yang bikin rumah jadi lebih Instagramable.

Lidah Mertua

5 Jenis Tanaman Hias yang Populer dan Cocok Untuk Mempercantik Rumahmupatchplants.com

Jenis tanaman hias daun yang paling mudah perawatannya ialah lidah mertua. Coraknya yang unik dan bentuknya yang tegak berdiri ini cocok untuk menjadi penghias di meja voyer atau meja kerjamu. Plusnya, tanaman hias daun lidah mertua ini punya manfaat untuk mentralisir polusi lho! Tapi kamu masih punya banyak pilihan kok kalau mau memilih lidah mertua sebagai hiasan di rumah. 

Sirih Gading

5 Jenis Tanaman Hias yang Populer dan Cocok Untuk Mempercantik RumahmuPexels.com/Lynda Sanchez

Tanaman hias daun sirih gading adalah tumbuhan merambat yang biasa ditanam sebagai penghias pekarangan atau ruangan. Corak guratan kuning dan masuk dalam tumbuhan merambat  semi-epifit (menumpang dengan tumbuhan yang lain) ini membuat tanaman ini terlihat sangat unik. Tapi karena sirih daging bisa menyerap racun, tanaman hias daun ini cukup berbahaya bagi kamu yang punya hewan peliharaan. Jika kucing atau anjingmu memakan daun sirih gading, risikonya mulut hewan peliharaanmu bisa iritasi, bahkan bisa muntah dan sulit menelan makanan. Jadi taruhlah sirih gading di tempat tak terjangkau jika kamu memajangnya di dalam rumah.

Paku Tanduk Rusa

5 Jenis Tanaman Hias yang Populer dan Cocok Untuk Mempercantik Rumahmu

Tanaman hias daun yang satu ini disebut dengan nama tanduk rusa karena bentuknya bercabang yang memang mirip dengan tanduk rusa. Tanaman hias ini termasuk dalam tumbuhan liar yang sering kita temui, biasanya ia ditempel atau digantungkan di pohon untuk memberikan kesan alami pada taman.

3. Tanaman Hias Buah

Jika tanaman hias bunga dan daun kurang menantang bagimu dari segi perawatannya, kamu bisa bercocok tanam dengan menanam tanaman hias buah di pekarangan rumahmu. Tapi kalau ingin sekaligus mempercantik rumah, kamu bisa memilih jenis tanaman buah yang kira-kira tetap indah dipandang dan tetap bermanfaat. Berikut tanaman hias buah yang bisa kamu tanam di pekarangan rumah.

Cabe Pelangi

5 Jenis Tanaman Hias yang Populer dan Cocok Untuk Mempercantik Rumahmupepperscale.com

Buat penggemar makanan pedas, kamu bisa kok memanam cabe di rumah. Jika kamu keberatan menanam cabe rawit biasa, tanam saja cabe pelangi yang masuk dalam jenis tanaman hias buah. Selain warnanya cantik, kamu bisa petik mereka untuk dijadikan sebagai penyedap rasa.

Tomat Ceri

5 Jenis Tanaman Hias yang Populer dan Cocok Untuk Mempercantik Rumahmubonnieplants.com

Tomat ceri adalah varietas tomat merah yang bentuknya kecil dan bulat, dinamakan tomat ceri karena ia terlihat seperti buah ceri. Rasanya yang manis dan bentuknya cantik tentu tak akan membuatmu menyesal jika menanam tomat ceri di pekarangan rumah.

Lemon

5 Jenis Tanaman Hias yang Populer dan Cocok Untuk Mempercantik Rumahmumarthastewart.com

Kamu juga bisa memilih menanam lemon di pekarangan rumah lho. Jenis tanaman hias buah yang satu ini ternyata jika kita telaten merawat, tanaman lemon bisa tumbuh di dalam pot. Bayangkan kalau ia berbuah, warna kuning yang terang bakal mempercantik pekarangan rumah dan terlihat lebih segar.

4. Tanaman Hias Akar

5 Jenis Tanaman Hias yang Populer dan Cocok Untuk Mempercantik RumahmuPexels.com/Quang Nguyen Vinh

Tanaman hias akar juga salah satu jenis tanaman yang banyak digemari, bahkan harga jualnya cukup tinggi lho. Biasanya jenis tanaman hias ini punya jumlah komunitas atau kolektor yang cukup banyak karena bentuknya yang eksotis. Apa saja sih tumbuhan yang termasuk dalam tanaman hias akar ini? Berikut tanaman hias akar yang paling banyak digemari.

Kamboja

5 Jenis Tanaman Hias yang Populer dan Cocok Untuk Mempercantik Rumahmusea.newchic.com

Tanaman hias kamboja yang berasal dari Amerika Tengah ini memang paling banyak kita lihat di Bali, jika di luar Pulau Dewata, kita sering melihat bunga kamboja justru di pemakaman. Selain punya bunga yang cantik, tanaman hias kamboja juga punya akar yang nggak kalah eksotis dan sering dijadikan sebagai objek bonsai. 

Beringin

5 Jenis Tanaman Hias yang Populer dan Cocok Untuk Mempercantik RumahmuPexels.com/Todd Trapani

Tanaman beringin merupakan jenis tanaman pohon yang biasanya sering kita temui di pinggir jalan berukuran besar. Tapi ia juga sering tumbuhan di pekarangan dan menjadi tumbuhan hias pot dan sering dikreasikan menjadi tanaman hias bonsai.

5. Tanaman Hias Batang

5 Jenis Tanaman Hias yang Populer dan Cocok Untuk Mempercantik RumahmuPexels.com/Elle Hughes

Tanaman hias batang merupakan tanaman yang punya daya tarik di bagian batangnya, baik dalam ukuran kecil atau besar. Lalu apa saja ya jenis tumbuhan yang masuk dalam kategori tanaman hias batang? Berikut macam tanaman hias batang yang bisa percantik rumah.

Kaktus

5 Jenis Tanaman Hias yang Populer dan Cocok Untuk Mempercantik RumahmuPexels.com/Dids

Tumbuhan yang lagi ngetren dan identik dengan kawasan gurun ini memang paling cantik jika menjadi penghias meja kerja atau teras rumah. Bahkan jenis kaktus sangatlah beragam. Bahkan kaktus juga bermanfaat buat kita lho, misalnya saja kegunaan duri yang berfungsi untuk memecahkan jerawat, batang kaktus bisa jadi obat alami untuk melebatkan rambut.

Palem Bambu

5 Jenis Tanaman Hias yang Populer dan Cocok Untuk Mempercantik RumahmuPexels.com/Lina Kivaka

Keluarga tanaman palem ini cocok menjadi penghias ruangan dalam dan cukup ditanam di dalam pot. Adanya pohon palem bambu di dalam rumah bisa membersihkan udara kotor dan bagus untuk paru-paru.

Setelah tahu banyaknya jenis tanaman hias, kamu sudah menentukan keinginanmu? Jangan lupa rawat dengan baik ya, ingat mereka juga makhluk hidup, jadi dirawat dengan baik ya.

Baca Juga: 10 Jenis Tanaman Gantung