Film petualangan atau adventure adalah hiburan dengan kisah yang mengasyikkan, seringkali begitu epik dan biasanya berfokus pada orang-orang yang sedang menjalankan misi untuk menyelamatkan dunia, mencari kekayaan, hingga ketenaran. Bagi para pencinta film, kisah petualangan mampu membuat penonton terhenyuh dan tenggelam dalam cerita yang tersaji, sampai-sampai bisa terbawa mimpi!

Nah, untuk menghiburmu di kala sepi, Popbela merangkum 10 rekomendasi film adventure terbaik paling seru sepanjang masa. Check it out!

1. Film Serial: Indiana Jones

https://www.youtube.com/embed/mC1ikwQ5Zgc

Membahas film bertema petualangan, tak mungkin melupakan film serial Indiana Jones, Bela. Indiana Jones adalah film waralaba Amerika Serikat yang berdasarkan petualangan Dr. Henry Walton "Indiana" Jones, Jr., seorang profesor fiksi arkeologi, karya George Lucas dan Philip Kaufman. Dijamin kamu bakal puas kalau binge watch film serial ini.

Harrison Ford begitu kuat mendalami karakter Indiana Jones, sehingga film Raiders of the Lost Ark di tahun 1981, mampu membuat dirinya tak tergantikan hingga film keempatnya di tahun 2008, Indiana Jones and the Kingdom of the Crystal Skull. Keempat film tersebut diarahkan oleh sutradara kawakan, Steven Spielberg. Rencananya, akan ada Indiana Jones ke-5 yang diperkirakan rilis pada tahun 2022, di bawah arahan James Mangold.

2. Hook (1991)

https://www.youtube.com/embed/qrGpgcQHroY

Generasi 90-an pasti familiar dengan film satu ini. Mengambil sudut pandang dari Peter Pan yang memilih hidup seperti manusia biasa bernama Peter Banning (Robin Williams), bekerja sebagai pengacara, berkeluarga dan menua. Film Hook menceritakan bagaimana Captain Hook siap menguasai Neverland, memusnahkan para peri dan butuh Peter Pan untuk menggagalkannya.

Meski Steven Spielberg selaku sutradara, kurang puas terhadap film ini, namun Hook sukses masuk Box Office dan mampu membuat fantasi anak kecil berkelana ke negeri di atas awan, Neverland.

3. Jurassic Park (1993)

https://www.youtube.com/embed/QWBKEmWWL38

Entah imajinasi liar seperti apa yang ada di kepala seorang Steven Spielberg, yang membuat film-film karyanya menjadi sajian petualangan yang sangat memuaskan pancaindra penonton. Satu lagi karyanya yang layak masuk film adventure terbaik sepanjang masa, adalah Jurassic Park yang tak lekang oleh waktu.

Berkisah tentang John Hammond (Richard Attenborough), sebagai pemilik Jurassic Park, sebuah taman hiburan yang terletak di Isla Nublar. Daya tarik utama taman pulau ini adalah dinosaurus yang hidup dan bernapas, yang diciptakan dengan campuran DNA yang memfosil dan persilangan atau kloning genetik. Film ini membuat kita berimajinasi besarnya dinosaurus yang terlihat seperti nyata lewat proses CGI yang cukup canggih di masa itu.

4. Jumanji (1995)

https://www.youtube.com/embed/eTjDsENDZ6s

Kembali ke aktor komedi fenomenal, Robin Williams, Jumanji menjadi film adventure era 90-an yang sangat Popbela rekomendasikan, sebelum kamu menonton Jumanji versi Dwayne "The Rock" Johnson tahun 2017. 

Dengan latar papan permainan yang mampu mengubah tantangan atau jawaban menjadi kejadian nyata, Jumanji menawarkan hiburan fantasi yang mendebarkan bagi seluruh keluarga! Coba binge-watch film ini dari versi tahun 1995 terus ke Jumanji rilisan tahun 2019. Seru banget!

5. The Mummy (1999)

https://www.youtube.com/embed/f7oKxlaUBac

Menutup era 90-an, Brendan Fraser sukses membius penonton sebagai sosok Richard "Rick" O'Connell, yang begitu jantan namun juga penuh komedi, dalam memberantas mumi hidup. Meskipun film arahan Stephen Sommers ini mendapat beragam kritik, namun The Mummy sukses secara komersial dan meraup lebih dari US$416,4 juta di seluruh dunia dengan anggaran produksi sebesar US$80 juta.

Kesuksesan film tersebut melahirkan dua sekuel, The Mummy Returns (2001) dan The Mummy: Tomb of the Dragon Emperor (2008). Bahkan, hadir pula spin-off seperti serial animasi dan prekuel The Scorpion King (2002). Setelahnya, Tom Cruise melanjutkan film ini sebagai tokoh Nick Morton untuk film The Mummy versi tahun 2017.

6. Film Serial: Pirates of the Caribbean

https://www.youtube.com/embed/naQr0uTrH_s

Rekomendasi film adventure terbaik sepanjang masa berikutnya, adalah Pirates of the Caribbean. Film seri petulangan ini sukses menggelontorkan lima film sepanjang tahun 2003 hingga 2017, sampai berhasil meraup keuntungan total lebih dari US$4 Miliar atau setara dengan Rp65 triliun.

Johnny Depp, Geoffrey Rush, Orlando Bloom dan Keira Knightley sukses memikat pencinta petualangan bajak laut, atas suguhan seru dan kocaknya memecahkan misteri, melawan bajak laut yang hidup kembali, hingga menemukan harta karun. 

7. National Treasure (2004)

https://www.youtube.com/embed/I0u9-5lPP4Q

Film keluaran Walt Disney Pictures ini dilakoni oleh Nicolas Cage, yang berperan sebagai Benjamin Franklin Gates, seorang sejarawan Amerika, kriptologis dan pemburu harta karun. Kakeknya menceritakan kepadanya tentang Charles Carroll dari Carrollton, yang mewariskan sebuah rahasia kepada leluhur mereka pada tahun 1832 tentang harta karun nasional yang disembunyikan oleh Knights Templar, Founding Fathers dan Freemason. 

Setelah menonton film ini, jangan lupa langsung lanjutkan ke sequelnya yang rilis tahun 2007, National Treasure: Book of Secrets.

8. Journey to the Center of the Earth (2008)

https://www.youtube.com/embed/t8KSA-fhGBU

Kembali ke pesona Brendan Fraser, yang kali ini ditemani oleh Josh Hutcherson. Journey to the Center of the Earth adalah film adventure seru yang layak ditonton oleh seluruh keluarga. 

Berkisah tentang seorang ahli vulkanologi Boston bernama Trevor Anderson (Brendan Fraser) yang menghabiskan waktu bersama keponakannya, Sean (Josh Hutcherson), dalam misi melanjutkan petulangan ayah Sean yang hilang. Tak disangka, misi tersebut justru membuat mereka masuk ke bagian dalam bumi yang isinya akan memuaskan imajinasimu! 

9. The Secret Life of Walter Mitty (2013)

https://www.youtube.com/embed/QD6cy4PBQPI

Meskipun bergenre drama, namun petualangan yang disajikan film The Secret Life of Walter Mitty, bisa membuatmu terharu, Bela. Film arahan Ben Stiller yang juga berperan sebagai tokoh utama bernama Walter Mitty ini, berkisah tentang Walter yang bekerja sebagai manajer aset (gulungan film kamera) di majalah Life yang memimpikan petualangan karena rutinitas hidup yang tak pernah berubah.

Tak disangka, ketika ditugaskan untuk menemukan satu klise film yang hilang untuk dijadikan sampul majalah, membawanya ke sebuah petualang menakjubkan dan sangat menggugah.

Sebagai salah satu film serius Ben Stiller yang sangat terbiasa dengan film komedi, The Secret Life of Walter Mitty memberikan penonton sebuah pandangan hidup akan kebahagiaan batin, kepercayaan diri, hingga empati. You'll love it!

10. Tomb Raider (2018)

https://www.youtube.com/embed/8ndhidEmUbI

Kami memilih Tomb Raider versi terbaru, karena terasa lebih realistis dari berbagai hal, dibanding Tomb Raider rilisan 2001 yang dilakoni oleh Angelina Jolie. Diperankan oleh Alicia Vikander, sosok Lara Croft di sini memiliki kemampuan bela diri yang tidak terasa berlebihan dan dibuat-buat, kemampuan fisik yang masuk akal, hingga bentuk tubuh yang tidak menonjolkan keseksian a la game. Dari segi cerita pun, terasa lebih berisi dan mendebarkan.

Di film ini, Lara Croft bukan sekadar anak dari ayah kaya raya yang tak bekerja. Ia mencari nafkah sebagai kurir sepeda. Menyusul hilangnya sang ayah, Lord Richard Croft, Lara percaya ayahnya masih hidu. Sebuah situasi di dalam perusahaan dan aser warisan, membuatnya menemukan pesan video pra-rekaman dari Richard yang merinci penelitiannya dan membuatnya hilang. Lara pun dengan segera menelusuri rekam jejak sang ayah.

Itulah rekomendasi 10 daftar film bertema adventure terbaik paling seru sepanjang masa, pilihan Popbela. Dijamin pasti kamu suka!

Baca Juga: Bikin Jantungan, Ini 7 Rekomendasi Film Zombie Terbaik 

Baca Juga: 11 Rekomendasi KDrama Crime-Thriller Terbaik dengan Alur Mencekam

Baca Juga: Popbela's Binge Watch: 5 Serial Baru Penuh Intrik dan Misteri