Kemarin, Marvel merilis teaser untuk superhero terbaru mereka, Ms. Marvel. Superhero perempuan ini menjadi begitu spesial, karena ia menjadi hero Muslim paling populer yang tergabung dalam Marvel Cinematic Universe (MCU).

Meski sempat mengundang kontroversi karena pakaiannya yang dinilai kurang pantas merepresentasikan seorang muslim, serial Ms. Marvel siap tayang di tahun 2022. Penasaran dengan sosok Ms. Marvel ini, Bela? Simak deretan faktanya berikut ini.

Ms. Marvel, superhero muslim yang masih SMA

Superhero Muslim, ini Deretan Fakta Ms. Marvel yang Pernah DikritikIndianexpress.com

Ms. Marvel menjadi judul serial terbaru dari Marvel Studios yang akan rilis di bulan Juni 2022. Kisah ini memperkenalkan seorang remaja SMA bernama Kamala Khan. Ia adalah seorang remaja muslim Amerika yang tumbuh dan tinggal di Jersey City. 

Kamala dikenal sebagai seorang gamer, penulis novel fan-fiction dan sangat mengidolakan superhero, terutama Captain Marvel. Ia memiliki imajinasi yang sangat besar tentang superhero ini. Sampai suatu ketika, Kamala merasa hidupnya berbeda dengan teman-teman sebayanya di sekolah. Ia pun mendapat kekuatan yang hampir mirip dengan idolanya, Captain Marvel.

Apakah Ms. Marvel berbeda dengan Captain Marvel?

Superhero Muslim, ini Deretan Fakta Ms. Marvel yang Pernah DikritikDkoding.com

Mendengar namanya, bagi kamu yang awam, tentu akan bertanya-tanya apakah Ms. Marvel sama dengan Captain Marvel? Atau keduanya memiliki hubungan tertentu?

Jawabannya adalah Ms. Marvel dan Captain Marvel adalah dua tokoh yang berbeda. Namun, keduanya memang memiliki kaitan satu sama lain. Dalam komik, Captain Marvel memiliki nama asli Carol Danvers dan Ms. Marvel merupakan sosok hero dari Kamala Khan.

Meski tidak dijelaskan apakah keduanya pernah bertarung bersama atau tidak, premis yang dijelaskan pada poin pertama tadi cukup memberikan informasi bahwa Ms. Marvel sangat terinspirasi dan mengidolakan Captain Marvel. Bahkan, disebut-sebut, kekuatan keduanya pun mirip.

Bukan hero muslim pertama, tapi yang paling populer

Superhero Muslim, ini Deretan Fakta Ms. Marvel yang Pernah DikritikDok. Internet

Mungkin kamu memang jarang mendengar ada superhero dari MCU yang muslim. Tapi, bukan berarti tidak ada. Ms. Marvel memang menjadi salah satu superhero muslimah dari MCU yang paling populer. 

MCU pertama kali memperkenalkan Dust atau Sooraya Qadir, sebagai superhero muslimah di tahun 2002. Saat itu, kisah Dust bisa kita lihat dalam komik X-Men dan tergabung dalam Young X-Men.

Namun, Ms. Marvel menjadi superhero muslimah paling populer, karena ia adalah tokoh muslim pertama yang dibuatkan komik solonya pada November 2017.

Diperankan oleh Iman Vellani

Superhero Muslim, ini Deretan Fakta Ms. Marvel yang Pernah DikritikAnimatedtimes.com

Teaser serial Ms. Marvel sudah dipublikasikan oleh Marvel. Itu artinya proses syuting sudah selesai dan kita hanya tinggal menunggu jadwal tayangnya. Tentu hal ini semakin membuat kita penasaran, siapa aktris yang akan memerankan tokoh Ms. Marvel tersebut?

Adalah Iman Vellani, aktris keturunan Pakistan-Kanada yang mendapat kehormatan untuk memerankan superhero muslim ini. Perempuan kelahiran tahun 2002 ini memang baru terjun ke dunia akting dan Ms. Marvel menjadi debut aktingnya. 

Ms. Marvel sempat dikritik karena kostumnya yang kurang pantas

Di tahun 2018, Ms. Marvel sempat mendapat kritik dari ilustrator muslim, Sara Alfageeh. Sara menyayangkan kostum Ms. Marvel yang dinilai kurang pantas. 

Dalam cuitannya, Sara mengatakan bahwa perempuan yang menggunakan niqab tidak sepantasnya memakai kostum berbahan latex yang sangat ketat dan menonjolkan lekuk tubuh.

Tidak hanya memberikan kritik, Sara memberikan beberapa saran kostum yang mungkin cocok dan lebih pantas untuk perempuan yang menggunakan niqab.

Sepertinya pihak Marvel menerima masukan Sara. Sebab, di tahun 2020, Marvel kemudian menggandeng Sara untuk menjadi salah satu ilustrator untuk seri komik Ms. Marvel lainnya. Ia menjadi kreator untuk tokoh Amulet yang menjadi teman untuk Ms. Marvel.

Itulah tadi deretan fakta menarik tentang superhero muslim paling populer, Ms. Marvel. Kamu yang penasaran dengan kisahnya, harus sedikit menunggu karena serialnya baru akan tayang pada bulan Juni 2022. Sebelum menyaksikannya, simak dulu teaser-nya berikut ini.

https://www.youtube.com/embed/m9EX0f6V11Y

Baca Juga: Gaya Asli Para Seleb Keturunan Asia yang Masuk Marvel Universe

Baca Juga: 12 Artis Hollywood Ini Batal Jadi Superhero Marvel, Kenapa nih?

Baca Juga: Inilah 10 Karakter dan Kekuatannya dari Film Marvel 'The Eternals'