Salah satu bagian penting dari rumah adalah atap. Sebab, dengan adanya atap yang baik dan kuat, kita akan terhindar dari panas atau bocor saat hujan. Kita pun akan semakin nyaman tinggal di rumah, bukan?

Supaya atap rumah dapat tahan panas dan anti-bocor saat hujan, kita dapat memulainya dengan memilih material yang tepat. Pemilihan material dengan kualitas terbaik membuat atap menjadi tahan lama dan tidak mudah bocor.

Selain memilih jenis genteng, atap juga dapat lebih tahan lama dengan melapisinya menggunakan cat anti-bocor. Selain menghindarkan atap dari bocor saat hujan, cat genteng juga dapat mencegah tumbuhnya lumut dan jamur.

Ingin membuat genteng lebih tahan lama sekaligus memperindah rumah? Berikut rekomendasi merek cat genteng anti bocor yang bisa kamu pilih.

1. Avian Paint Avitex Roof

Persiapan Musim Hujan, 15 Rekomendasi Merek Cat Genteng Anti BocorAvianbrands.com

Rekomendasi cat genteng pertama adalah Avian Paint Avitex Roof. Cat ini mampu melindungi atap rumah kamu dari cuaca ekstrem yang kerap terjadi di wilayah di Indonesia. Cat Avian Paint Avitex Roof dapat kamu aplikasikan pada genteng yang berbahan tanah liat atau pun seng. Kelebihan lain dari cat ini adalah cepat kering dan tahan lama.

Harga: Rp119.000 (4 kg)

2. Belazo Roof Paint

Persiapan Musim Hujan, 15 Rekomendasi Merek Cat Genteng Anti BocorBukalapak.com

Selanjutnya, ada cat Belazo Roof Paint. Cat genteng anti bocor satu ini memiliki kandungan anti sinar UV yang mampu melindungi atap dari paparan sinar matahari. Sehingga, atap rumah kamu akan terhindar dari retak halus akibat panasnya sinar matahari dan mencegah tumbuhnya lumut serta jamur.

Berbahan dasar air, membuat cat Belazo Roof Paint mudah diaplikasikan di permukaan berbagai bahan. Seperti besi, seng, tanah liat, tembok, hingga baja.

Harga: Rp216.000 (2,5 liter)

3. Disnilux Cat Genteng

Persiapan Musim Hujan, 15 Rekomendasi Merek Cat Genteng Anti BocorJayamakmurmartapura.com

Apakah kamu suka dengan hasil akhir cat yang mengilap, Bela? Jika iya, Disnilux Cat Genteng bisa jadi pilihanmu, nih. Sebab, cat Disnilux Cat Genteng menampilkan hasil akhir yang mengilap dan mewah.

Cat genteng anti bocor satu ini bukan hanya dapat kamu aplikasikan pada genteng baru. Tapi, kamu juga bisa mengaplikasikannya pada genteng yang sebelumnya sudah pernah dicat. Lapisan dari Disnilux Cat Genteng ini akan membuat atap semakin cantik, anti-bocor dan mencegah tumbuhnya lumut.

Harga: Rp140.000 (2,5 liter)

4. Dulux Weathershield

Persiapan Musim Hujan, 15 Rekomendasi Merek Cat Genteng Anti BocorShopee.co.id

Untuk cat pada eksterior rumah, Dulux Weathershield sudah tidak perlu diragukan lagi. Bukan hanya pada dinding, Dulux Weathershield juga dapat kamu aplikasikan pada atap yang langsung terpapar matahari dan hujan.

Meski terkena situasi cuaca yang ekstrem, warna dari Dulux Weathershield cukup tahan lama. Tak hanya membuat rumah menjadi lebih cantik karena tampilan akhir yang glossy, Dulux Weathershield juga membuat atap menjadi tahan bocor dan lumut.

Harga: Rp167.000 (2,5 liter)

5. Envi Roof Paint

Persiapan Musim Hujan, 15 Rekomendasi Merek Cat Genteng Anti BocorBukalapak.com

Di tengah situasi dan kondisi cuaca yang mudah berubah seperti akhir-akhir ini, mengecat kembali rumah menjadi salah satu kegiatan yang rentan. Sebab, kita tidak tahu apakah cat dapat segera kering sebelum hujan turun, atau tidak.

Namun, kamu tak perlu khawatir jika menggunakan Envi Roof Paint. Sebab, cat berbahan dasar air ini dapat langsung kering selama 1-2 jam setelah diaplikasikan. Cocok dipilih jika kamu sedang renovasi rumah saat ini, Bela.

Harga: Rp52.000 (1 kg)

6. Jotun Jotaroof

Persiapan Musim Hujan, 15 Rekomendasi Merek Cat Genteng Anti BocorTokopedia.com

Indonesia berada di wilayah khatulistiwa yang memiliki iklim tropis dengan kondisi cuaca yang cukup ekstrem. Jika tidak dirawat dengan benar, bisa jadi atap rumah mudah bocor dan retak.

Jotun Jotaroof menjadi salah satu rekomendasi cat genteng anti bocor yang tepat untuk menghindari atap dari bocor dan mencegah tumbuhnya jamur, serta lumut. Jotun Jotaroof dapat kamu aplikasikan pada semua jenis material genteng, kecuali pada beton.

Harga: Rp146.000 (2,5 liter)

7. Mowilex Roof Paint

Persiapan Musim Hujan, 15 Rekomendasi Merek Cat Genteng Anti BocorMowilex.com

Secara formula, Mowilex Roof Paint memang dibuat secara khusus untuk genteng. Sehingga, cat satu ini memiliki kandungan yang cocok untuk menangkal sinar UV dan mencegah kebocoran.

Bukan hanya mencegah bocor, Mowilex Roof Paint juga diformulasikan untuk menahan rembesan air jika atap terlalu lama terpapar air hujan. Cocok untuk kamu yang tinggal di kawasan penghujan, nih!

Harga: Rp180.000 (2,5 liter)

8. Nippon Paint Matex

Persiapan Musim Hujan, 15 Rekomendasi Merek Cat Genteng Anti BocorBukalapak.com

Jika mencari cat genteng anti bocor berkualitas tinggi, Nippon Paint Matex bisa memenuhi kebutuhan kamu, nih, Bela. Bukan hanya bisa menangkal bocor, Nippon Paint Matex juga memiliki formula yang tahan panas. Sehingga, saat panas matahari menyengat, genteng rumahmu tidak mengelupas atau retak halus.

Harga: Rp50.000 (1 liter)

9. Nippon Roof Coating

Persiapan Musim Hujan, 15 Rekomendasi Merek Cat Genteng Anti BocorShopee.co.id

Jika Nippon Paint Matex sangat cocok diaplikasikan pada cuaca panas, Nippon Roof Coating sangat cocok diaplikasikan pada wilayah yang kerap mengalami musim hujan. Sebab, Nippon Roof Coating memiliki lapisan film yang keras dan kuat. Sehingga, saat hujan deras, air tidak mudah merembes dan membuat atap tidak mudah bocor.

Harga: Rp269.500 (2,5 liter)

10. No Drop

Persiapan Musim Hujan, 15 Rekomendasi Merek Cat Genteng Anti BocorBlibli.com

Rekomendasi cat genteng anti bocor berikutnya adalah No Drop, yang memang memiliki kandungan anti-bocor dan anti-rembes pada genteng atau dinding. No Drop bisa dibilang menjadi cat multi-purpose. Sebab, kamu bisa mengaplikasikannya bukan hanya pada genteng, tapi juga pada eksterior rumah. Seperti dinding atau pagar.

Harga: Rp269.500 (2,5 liter)

11. Propan Glasskote

Persiapan Musim Hujan, 15 Rekomendasi Merek Cat Genteng Anti BocorPropanraya.com

Bukan hanya dapat mencegah tumbuhnya jamur dan lumut, serta memiliki lapisan anti-bocor, Propan Glasskote memiliki warna yang pigmented. Sebab, satu kali pulasan cat Propan Glasskote, warnanya akan tahan lama dan tidak mudah pudar meski terpapar cuaca ekstrem.

Harga: Rp240.000 (2,5 liter)

12. Tamitex Cat Genteng

Persiapan Musim Hujan, 15 Rekomendasi Merek Cat Genteng Anti BocorSci-paint.com

Tamitex Cat Genteng menjadi cat anti-bocor dengan bahan akrilik yang tahan di segala cuaca. Berbahan dasar air, Tamitex Cat Genteng tergolong aman karena bebas timbal dan merkuri. Sehingga, baunya tidak begitu menyengat saat diaplikasikan.

Tamitex Cat Genteng ini dapat menghindari genteng dari retak halus, kebocoran, hingga mencegah tumbuhnya jamur dan lumut.

Harga: Rp160.000 (2,5 liter)

13. Cat Genteng Galtex

Persiapan Musim Hujan, 15 Rekomendasi Merek Cat Genteng Anti BocorBukalapak.com

Jika budget kamu tidak begitu banyak untuk merenovasi atap, Cat Genteng Galtex bisa jadi rekomendasi yang tepat. Sebab, dengan harga terjangkau, Cat Genteng Galtex sudah dapat melindungi atap rumahmu dari kebocoran, jamur, hingga lumut.

Harga: Rp73.000 (1 kg)

14. Puffin Roof Coat

Persiapan Musim Hujan, 15 Rekomendasi Merek Cat Genteng Anti BocorBlibli.com

Puffin Roof Coat menjadi pilihan tepat karena selain mudah diaplikasikan, cet genteng anti bocor satu ini tidak mengandung merkuri dan logam berat. Sehingga, tergolong aman untuk kesehatan. 

Bukan cuma bisa membuat genteng rumah menjadi tahan bocor, lumut, dan jamur, Puffin Roof Coat juga mampu menyamarkan noda. Formula anti-noda ini membuat rumah selalu terlihat bersih.

Harga: Rp98.000 (4 kg)

15. Yoko Roof

Persiapan Musim Hujan, 15 Rekomendasi Merek Cat Genteng Anti BocorSuperbangunjaya.com

Yoko Roof menjadi salah satu brand cat genteng di bawah naungan Avian Brands. Dibandingkan dengan produk sejenisnya, Yoko Roof menjadi yang paling murah dan paling irit. Sebab, dalam pengaplikasiannya, kamu bisa menambahkan 10-20% pengencer. Jadi lebih hemat bukan?

Meskipun dapat diencerkan sebelum diaplikasikan, namun tidak mengurangi kualitasnya, kok. Kamu tetap bisa mendapatkan genteng yang anti-bocor dan anti-lumut.

Harga: Rp112.000 (4 kg)

Itulah tadi deretan rekomendasi cat genteng anti bocor dan harganya yang bisa kamu pilih. Saat akan membelinya, sesuaikan dengan budget dan kebutuhanmu, ya!

Baca Juga: Mempercantik Rumah, Ini 10 Rekomendasi Cat Tembok Rumah Berkualitas

Baca Juga: Bikin Produktif, 10 Rekomendasi Warna Cat untuk Ruang Kerja

Baca Juga: 8 Inspirasi Warna Cat Rumah yang Hadirkan Aura Positif