Bela, jika diingat-ingat, kapan terakhir kali kamu liburan sejak pandemi melanda? Setahun? Atau sudah lebih dari dua tahun kamu di rumah saja?

Jika kamu rindu liburan dan ingin segera menikmati suasana pantai, kamu bisa menghadirkannya di rumah, Bela. Caranya dengan mendekorasi ulang ruangan-ruangan di dalamnya dengan perabotan dan warna yang bernuansa pantai

Masih bingung bagaimana mengubahnya dan dari mana memulainya? Simak caranya berikut ini.

1. Pilih warna-warna netral

5 Cara Menghadirkan Nuansa Pantai ke dalam Interior RumahMali Azima via Countryliving.com

Cara pertama untuk menghadirkan nuansa pantai di rumah adalah dengan mengubah warna ruangan dengan warna-warna netral. Misalnya perpaduan biru tua dan biru muda yang melambangkan warna air yang tenang bisa kamu aplikasikan di beberapa ruangan. Kamar tidur bisa menjadi salah satu ruangan yang bisa kamu aplikasikan warna ini karena membuatmu rileks dan nyaman.

Jika biru terlalu mainstream, warna laut lainnya yang bisa kamu pilih adalah hijau mint yang diambil dari tumbuh-tumbuhan pantai, merah muda pastel dari kerang mutiara, kuning dari warna matahari yang cerah, hingga krem dari warna pasir pantai. Agar tidak terlalu berlebihan, kamu bisa memadukannya dengan putih. Alasannya, supaya ruangan terasa luas dan cerah.

2. Gunakan perabotan dengan beragam tekstur

5 Cara Menghadirkan Nuansa Pantai ke dalam Interior RumahColin Poole via Idealhome.co.uk

Ingat dengan suasana pantai, Bela? Pasti kamu akan teringat begitu banyaknya tekstur yang beragam. Mulai dari tekstur pasir, kayu, hingga air. Maka dari itu, kamu bisa mengadopsi tekstur ini ke dalam perabotan milikmu. 

Pilih tekstur beragam pada perabotan. Misalnya, bergelombang pada kursi, tekstur kayu pada meja atau lantai, hingga kaca untuk hiasan dindingnya. Pertimbangkan pula untuk memilih material alami pada furnitur. Contohnya, kayu atau pun rotan.

3. Perbanyak tanaman di dalam ruangan

5 Cara Menghadirkan Nuansa Pantai ke dalam Interior RumahSouthernliving.com

Cara selanjutnya untuk menghadirkan nuansa pantai di rumah adalah dengan meletakan banyak tanaman hias di dalam ruangan. Pilih tanaman berdaun lebar yang akan mengingatkanmu pada pohon nyiur di pantai.

Fungsi lain dari tanaman ini selain untuk mempercantik ruangan, juga dapat membersihkan udara. Jadi, ruanganmu bisa selalu terasa segar dan bersih.

4. Selalu biarkan sinar matahari masuk ke dalam ruangan melalui jendela rumahmu

5 Cara Menghadirkan Nuansa Pantai ke dalam Interior RumahHouzz.com

Pantai selalu identik dengan sinar matahari yang cerah sepanjang hari. Supaya kamu dapat merasakan vibe pantai di rumahmu, pastikan agar sinar matahari masuk ke dalam ruangan.

Buka jendela lebar-lebar pada siang hari dan gunakan gorden putih, biru muda, atau kuning muda. Hal ini dimaksudkan agar ruanganmu terasa terang dan cerah seperti di pantai.

5. Pilih aksesori bertema pantai untuk menambah semarak ruanganmu

5 Cara Menghadirkan Nuansa Pantai ke dalam Interior RumahAcultivatednest.com

Terakhir, untuk lebih menghidupkan suasana, kamu bisa memilih elemen dekorasi dan furnitur yang sesuai dengan tema pantai. Misalnya, sofa, ranjang, atau bean bag berbentuk unik. Seperti, kerang, ban atau ikan-ikan yang lucu.

Selain itu, elemen dekorasi lainnya yang bisa kamu pilih adalah wallpaper bergambar atau warna biru yang menenangkan. Atau yang lebih simpel lagi, kamu bisa memilih lukisan dengan pemandangan pantai, hingga laut.

Itulah tadi cara menghadirkan nuansa pantai di dalam desain interior rumah. Siap liburan di rumah setiap hari lewat dekorasi pantai, Bela?

Disclaimer: artikel ini sudah pernah tayang di laman Popmama.com dengan judul "5 Cara Menghadirkan Nuansa Pantai ke dalam Desain Interior Rumah" ditulis oleh Kintan Nabila

Baca Juga: Bikin Semarak, Ini 7 Ide DIY Dekorasi Halloween yang Mudah Dibuat

Baca Juga: 9 Dekorasi Bertema Modern Glamor di Hajatan Malam Lesty dan Billar

Baca Juga: 10 Rekomendasi Dekorasi Pajangan Spider-Man dan Harganya