Makrame atau macramé kini sedang naik daun sebagai salah satu hiasan dinding yang estetik. Bentuknya yang sederhana namun unik, dapat menambah keindahan dinding polos di rumah.

Saat ini, cukup banyak toko online yang menjual makrame dengan berbagai ukuran dan motif. Namun, jika kamu ingin berkreasi sendiri membuat makrame, kamu bisa mengikuti langkah-langkahnya berikut ini. Namun, sebelum masuk ke cara membuat makrame, cari tahu dulu tentang sejarah dan jenis tali yang cocok untuk makrame. Simak bareng-bareng, yuk!

Apa itu makrame?

Dekorasi Dinding yang Estetik, Ini Cara Membuat Makrame

Makrame merupakan seni kerajinan tangan berupa menjalin tali-temali sehingga membentuk untaian yang indah. Untaian ini biasanya dimanfaatkan sebagai pajangan, gantungan tanaman, hingga perhiasan.

Kerajinan ini populer di tahun 1970-an dan saking populernya, setiap rumah di Inggris memilikinya. Makrame di tahun 1970-an biasanya dibuat dari tali rami, benang katun, atau serat kayu.

Sejarah singkat makrame

Dekorasi Dinding yang Estetik, Ini Cara Membuat Makrameartelements.net

Makrame memiliki sejarah lintas benua yang cukup panjang. Pada abad ke-13, istilah makrame ditemukan yang diambil dari bahasa Arab migramah yang berarti pinggiran. Namun, sumber lain menyebutkan makrame diambil dari kata makrama yang dalam bahasa Turki berarti serbet atau handuk. Pada masa itu, setiap serbet dan handuk di Turki memiliki benang yang dilebihkan di bagian ujung tenunannya.

Kemudian, makrame dekoratif digunakan oleh penenun asal Arab untuk menyelesaikan ujung tenunan mereka. Awalnya makrame digunakan untuk mengunci ujung tenunan agar benang tidak terbuka kembali. Oleh orang Babilonia dan Asyria, tenunan ini kemudian dibawa ke Eropa melalui Afrika Utara, yang kemudian menyebar hingga Spanyol.

Pada masa Victoria atau pada tahun 1970-an, makrame menjadi sangat populer di Inggris. Hampir sebagian besar perempuan di sana dapat membuat makrame. Bahkan, Queen Mary dari Inggris mengajarkan cara membuat makrame kepada para gadis di sana. Hingga saat itu, rumah di masa Victoria didekorasi menggunakan makrame, mulai dari tirai, seprai, taplak meja, hingga pakaian mereka.

Bahan yang dibutuhkan untuk membuat makrame

Dekorasi Dinding yang Estetik, Ini Cara Membuat MakrameUnsplash.com/Meg Wagener

Untuk membuat makrame tidaklah sulit. Kamu hanya membutuhkan empat bahan dan alat yang mudah kamu temui di sekitarmu. Bahan dan alat yang dibutuhkan adalah sebagai berikut.

  • Batang kayu dengan ukuran 40 cm
  • Benang katun jenis braid (ukuran bisa kamu sesuaikan dengan keinginanmu tergantung besarnya makrame yang akan kamu buat)
  • Gunting
  • Meteran

Cara membuat makrame

Dekorasi Dinding yang Estetik, Ini Cara Membuat MakrameUnsplash.com/Sarah Vombrack

Setelah bahan dan alat tersedia, berikut cara membuat makrame dengan mudah yang bisa kamu ikuti.

  1. Siapkan tongkat dan potong tali masing-masing tiga meter sebanyak 14 utas tali.
  2. Gabungkan dua tali menjadi satu menggunakan simpul hingga mendapat tujuh simpul.
  3. Bagi tali menjadi dua kelompok, si sisi kanan dan kiri. Sisakan satu tali di tengah.
  4. Buat simpul kotak di masing-masing sisi tali hingga lima baris.
  5. Lanjutkan sisa tali dengan membuat diagonal half hitch knot dari tali paling pinggir ke tengah. Buat simpul ini di masing-masing sisi tali.
  6. Jika sudah, buat simpul kotak di tali bagian tengah.
  7. Buat kembali diagonal half hitch yang panjangnya disesuaikan dengan kreasimu.
  8. Jika dirasa cukup, potong tali membentuk segitiga menggunakan gunting. 

Ingin mencoba lewat visual yang lebih jelas? tonton video berikut ini, yuk!

https://www.youtube.com/embed/IFQszfuIRdo

Itu dia cara membuat makrame untuk hiasan dinding di rumah. Kamu bisa menggunakan tali berbahan nilon terlebih dulu agar mudah diurai jika kamu melakukan kesalahan saat membuat simpul. Selamat mencoba! 

Baca Juga: Ide Varian Macramé Ini Bisa Jadi Hiasan Cantik di Rumahmu

Baca Juga: Lebih Chic, Ini 7 Cara Membuat Dinding Ruangan Lebih Indah

Baca Juga: 10 Inspirasi Artwork Dinding yang Siap Percantik Kamarmu