Siapa yang dapat menghentikan gelombang popularitas Korea Selatan atau Korean Wave? Sejak mengudara ke televisi mancanegara pada 1990-an, drama Korea sukses merebut jutaan hati pemirsa yang terhibur oleh cerita maupun penokohan yang ditonjolkan.

Dari situ, popularitas drama Korea semakin sulit untuk dibendung hingga merangsang rasa penasaran pada sebagian orang. Penggemar-penggemar baru pun mulai bermunculan dan ikut merasakan alasan yang tak terjabarkan mengapa drama Korea pantas ditonton.

Berikut adalah 10 rekomendasi drama Korea yang ringan untuk para pemula. Dijamin, kamu dan temanmu akan langsung ketagihan! Siap untuk memulainya? Let's go!

1. Hospital Playlist Season 1 and 2 (2020-2021)

https://www.youtube.com/embed/xqIM2cenBAs

IMDb: 8.8/10 | Pemain: Jo Jung Suk, Jeon Mi Do, Jung Kyung Ho, Yoo Yeon Seok, Kim Dae Myung

Drama seputar kehidupan dokter cenderung terkesan serius. Namun, tidak untuk Hospital Playlist Season 1 dan 2 (2020-2021) yang memadukan unsur komedi dan musikal. Keduanya ditonjolkan melalui persahabatan lima dokter yang sama-sama menyukai musik.

Kesukaan tersebut membuat kelimanya memutuskan untuk selalu berkumpul dan bermain band bersama. Psst… lagu-lagu yang dibawakan sangat enak dan menyenangkan, lho! Tentu, tidak kalah seru dibandingkan dengan ceritanya yang super lucu dan ringan.

2. Record of Youth (2020)

https://www.youtube.com/embed/tahWtPeNkM0

IMDb: 7,3/10 | Pemain: Park Bo Gum, Park So Dam, Byeon Woo Seok, Kwon Soo Hyun

Dalam menjalani rutinitas kehidupan, semua orang membutuhkan hiburan. Tidak jarang hiburan tersebut ditemukan dari satu idola yang mengesankan. Namun, apa jadinya jika takdir mempertemukanmu dengan sang idola hingga akhirnya berteman karib?

Record of Youth (2020) mempertontonkan gambaran tersebut ketika seorang make-up artist bernama An Jeong Ha bertemu dengan idolanya yang adalah seorang model. Siapa sangka, pertemuan antar keduanya menarik satu garis cerita yang sangat realistis mengenai kehidupan dan tentunya, ringan!

3. Start-up (2020)

https://www.youtube.com/embed/BemKyzbLDDc

IMDb: 8,1/10 | Pemain: Kim Seon Ho, Nam Joo Hyuk, Bae Suzy, Kang Han Na

Perkembangan dunia di zaman modern sekarang ini sangat melekat dengan kemunculan beberapa start-up atau perusahaan independen yang sangat diminati oleh sebagian besar pekerja. Tanpa terkecuali mereka yang memiliki impian yang sangat besar untuk berkarier.

Start-up (2020) memperkenalkan sosok perempuan bernama Seo Dal Mi yang bermimpi besar untuk membangun perusahaan start-up yang diimpikan oleh mendiang ayahnya. Ia pun mengadu nasib melalui kompetisi yang memungkinkan dirinya memperoleh kesempatan tersebut.

4. Crash Landing on You (2019)

https://www.youtube.com/embed/eXMjTXL2Vks

IMDb: 8,7/10 | Pemain: Hyun Bin, Son Ye Jin

Berbicara mengenai popularitas Korea Selatan, kamu pasti tidak asing lagi dengan sejarah perseteruan yang masih dialami antara negeri Ginseng tersebut dengan Korea Utara. Permasalahan ini nyatanya turut diadaptasi ke dalam beberapa karya drama Korea.

Salah satunya yang sangat popular adalah Crash Landing on You (2019). Dengah kisah yang menonjolkan latar belakang permasalahan antara Korea Selatan dan Korea Utara, drama Korea ini nyatanya mempertontonkan sudut pandang yang berbeda dengan alur penuh komedi dan romansa.

5. Fight My Way (2017)

https://www.youtube.com/embed/tbRDt_yzwBA

IMDb: 8,1/10 | Pemain: Park Seo Joon, Kim Ji Won, Song Ha Yoon, Ahn Jae Hong

Cerita seputar persahabatan cenderung dipilih sebagai tema utama dalam drama Korea. Namun, Fight My Way (2017) menonjolkan cerita tersebut dengan cara yang menggemaskan melalui beberapa unsur komedi dan penokohan yang condong imut atau aegyo.

Tidak hanya itu, alur cerita tergolong ringan dan mudah diikuti. Termasuk dalam menginspirasi pemirsa untuk menikmati hari-hari dalam meraih impian. Mulai dari perjuangan, kegagalan, hingga perasaan yang mampu mengintip hikmah di balik segalanya.  

6. Because This Is My First Life (2017)

https://www.youtube.com/embed/YtfNG2bnh5Y

IMDb: 8,1/10 | Pemain: Jung So Min, Lee Min Ki, Kim Min Seok, Esom

Sebagian besar orang membutuhkan tontonan drama Korea untuk sekadar memperoleh hiburan yang dapat membuatnya lupa akan rutinitas maupun permasalahan hidup. Meski begitu, tidak sedikit yang membutuhkan alur cerita yang realistis dan relatable, bukan?

Because This Is My First Life (2017) menyajikan kehidupan seorang penulis yang berusaha untuk merilis buku pertamanya. Namun, beragam kesulitan membuatnya cukup pusing untuk memperjuangkan impian tersebut hingga akhirnya ia bertemu dengan sosok pria yang akan menjadi roommate-nya.  

7. Strong Woman: Do Bong Soon (2017)

https://www.youtube.com/embed/XLAlRGc7b8E

IMDb: 8,2/10 | Pemain: Park Bo Young, Park Hyung Sik, Ji Soo

Berbicara mengenai hiburan, setiap penonton pasti membutuhkan alur cerita yang bisa membuatmu tertawa terbahak-bahak, bukan? Atau setidaknya, tersenyum tipis dengan penuh kegemasan. Hal ini akan kamu rasakan ketika menyaksikan Strong Woman: Dong Bong Soon (2017).

Dengan unsur komedi yang ditonjolkan, Strong Woman: Dong Bong Soon (2017) memperkenalkan sosok perempuan bertubuh kecil yang memiliki kekuatan dahsyat. Ia pun sukses bekerja sebagai bodyguard untuk seorang CEO game seluler. Siapa sangka, keduanya membutuhkan satu sama lain, lho!

8. Weightlifting Fairy Kim Bok Joo (2016)

https://www.youtube.com/embed/6t5dLenA85Y

IMDb: 8,4/10 | Pemain: Lee Sung Kyung, Nam Joo Hyuk

Kamu membutuhkan tontonan drama Korea yang memadukan unsur komedi, romansa yang menggemaskan hingga persahabatan yang super kocak? Itu artinya, kamu wajib menyaksikan drama Korea berjudul Weightlifting Fairy Kim Bok Joo (2016) yang cocok banget untuk kamu!

Mengangkat cerita seputar kehidupan para atlet muda, Weightlifting Fairy Kim Bok Joo (2016) memperkenalkan mahasiswi olahraga angkat besi yang berupaya menjalani program diet, akibat perasaannya dengan seorang pria. Namun, sahabat masa kecilnya tahu-tahu datang dengan aksi yang bikin kamu tertawa penuh dengan kegemasan. Penasaran?

9. Reply 1988 (2015-2016)

https://www.youtube.com/embed/c-EMf3JdxUA

IMDb: 9,1/10 | Pemain: Hyeri, Park Bo Gum, Ryu Jun Yeol, Go Kyung Pyo, Lee Dong Hwi

Bernostalgia  ke masa kecil, kamu pasti masih mengingat kehidupan bertetangga yang penuh dengan ramah tamah, bukan? Ingat saja masa-masa ketika kamu bermain bersama anak-anak tetangga lainnya atau ketika orangtuamu berkumpul bersama di sore hari.

Pemandangan yang penuh dengan rasa rindu tersebut dapat kamu saksikan melalui tontonan Reply 1988 (2015-2016) yang sangat ikonik di dunia drakor. Menonjolkan kehidupan antar tetangga, kamu akan melihat persahabatan para orangtua hingga anak-anak di satu gang rumah.

10. Guardian: The Lonely and Great God (2016)

https://www.youtube.com/embed/xYVNs5BfMhE

IMDb: 8,6/10 | Pemain: Gong Yoo, Kim Go Eun, Lee Dong Wook, Yoo In Na

Drama Korea rasanya tidak akan mungkin lengkap tanpa adanya cerita mengenai mitos maupun cerita rakyat atau kepercayaan masyarakat setempat. Salah satunya adalah kisah mengenai makhlul mistis bernama Goblin yang cukup populer di kehidupan masyarakat Korea Selatan.

Atas dasar itulah, sebuah drama berjudul Guardian: The Lonely and Great God (2016) hadir dengan kisah mengenai Goblin, namun dikemas semenarik mungkin. Tidak tanggung-tanggung, unsur komedi dan romansa yang menggemaskan serta ringan membuatmu mudah untuk mengikuti alur ceritanya.

Jadi, sudah siapkah kamu untuk menyaksikan kesepuluh drama Korea di atas? Dijamin, kamu akan ketagihan hingga tidak mampu lepas dari dunia drakor. Welcome to the new world!

Baca Juga: 8 Rekomendasi Drama Korea yang Tayang Lebih dari Satu Musim

Baca Juga: 11 Rekomendasi KDrama Crime-Thriller Terbaik dengan Alur Mencekam

Baca Juga: Siap Bikin Meleleh, Ini 10 Bad Boys di Drakor yang Berhati Lembut