Memang, tidak ada yang mengetahui rahasia universe. Buktinya, siapa yang menyangka bahwa dunia akan dilanda pandemi COVID-19. Dampaknya, kesehatan manusia terancam, begitu juga aspek kehidupan lainnya yang meliputi dunia pekerjaan dan keadaan ekonomi.

Sebut saja, pemotongan gaji karyawan hingga pemutusan kerja atau PHK. Tidak lupa juga mereka yang sebelumnya bekerja di bidang yang memanfaatkan acara perkumpulan orang-orang, namun berhenti seketika akibat regulasi social distanding yang bersifat wajib.

Sehingga pertanyaannya, dari mana mereka mendapat pemasukan untuk bertahan hidup? Masalah inilah yang sangat menyayat hati Raisa selaku diva Indonesia. Namun, pada BeautyFest Asia 2020, Raisa punya pesan inspiratif untuk mereka, atau itukah kamu?

Satu keluarga, no one is alone

Pesan Raisa Kepada Para Musisi Terdampak Pandemi: Kamu Tidak SendiriInstagram.com/raisa6690

Dalam talk show bertajuk Maintaining Health, Productivity and Surviving a Global Pandemic, Raisa menekankan bahwa setiap individiu yang tergabung dalam industri musik merupakan satu keluarga, Sehingga mustahil untuk mengatakan kalau kamu sendirian.

Bayangkan saja! Ketika industri musik mendapat dampak pandemi yang cukup significant, para musisi hingga kru dan mereka yang bertanggung jawab untuk venue, termasuk petugas kebersihan dan keamanan, ikut kehilangan pekerjaan yang sangat memberatkan.

Hal inilah yang terjadi kala dirinya harus rela menunda pelaksanaan konser 10 tahun yang sebelumnya, direncanakan berlangusng di Gelora Bung Karno. Katanya, "kita semua yang terlibat sudah seperti keluarga, jadi aku merasa berat banget."

Namun, Raisa tetap menaruh harapan akan perubahan hari yang jauh lebih baik karena siapa yang tahu apa yang akan terjadi hari esok. Tahun 2020 ini memang memberi cobaan yang cukup besar, namun siapa tahun, it's getting better next year, don't you believe?

Hikmah di balik cobaan

Pesan Raisa Kepada Para Musisi Terdampak Pandemi: Kamu Tidak SendiriInstagram.com/raisa6690

Menelaah hari demi hari yang terus berjalan, kamu pasti akan menemukan beberapa kekurangan, cobaan, maupun tantangan yang beragam. Namun, sebagaimana dipercayai oleh musisi Raisa, selalu ada hikmah di balik masalah yang terjadi, khususnya di era pandemi.

Beberapa di antaranya adalah waktu dan kesempatan untuk terus berkarya serta wadah pekerjaan yang masih berjalan, berkat kemajuan teknologi dan protokol terkait pencegahan COVID-16 yang sangat serius dijalankan oleh perusahaan maupun acara.

Dengan ini, kamu bisa melakukan apa yang kamu cintai. Pasalnya, Raisa yakin bahwa masalah yang akan terasa sangat memberatkan olehnya adalah jika dirinya sama sekali tidak dapat melakukan passion-nya sama sekali. She doesn't even want to imagine it!

Untuk itulah, Raisa mendorong para musisi untuk tidak menyerah dan memanfaatkan setiap kesempatan-kesempatan yang masih disediakan. Jika dapat dikonklusikan, maka arahkan pandanganmu pada sudut yang lebih baik sehingga kamu pun tetap termotivasi.

https://www.youtube.com/embed/vtkQXVaTgFc

Baca Juga: Rilis Single Baru, Raisa Tak Sangka Bisa Duet Bareng Afgan Lagi

Baca Juga: Sempat Stres Akibat Pandemi, Begini Cara Raisa Bangkitkan Semangat

Baca Juga: Buka-bukaan di BeautyFest Asia 2020, Ini Lipstik Favorit Irma Farez