Pengembangan sektor ketenagakerjaan hingga perdagangan internasional dan nasional di Indonesia dapat kita saksikan dari kondisi perusahaan-perusahaan Indonesia. Salah satunya melalui brand value yang memperlihatkan nilai suatu perusahaan.

Melansir dari Warta Ekonomi, lembaga riset independen internasional Brand Finance kembali menganalisis brand value untuk menemukan perusahaan-perusahaan Indonesia manakah yang dapat disebut paling bernilai. Cukup penasaran dengan hasilnya?

Berikut adalah daftar 10 perusahaan Indonesia yang disebut-sebut paling bernilai pada 2021 dengan brand value yang mencapai jumlah hingga miliaran dolar Amerika Serikat!

1. PT Telkom Indonesia Tbk.

Daftar 10 Perusahaan Indonesia Paling Bernilai, Brand Value Terbesar!m.medcom.id

Brand value: US$3,854 Miliar

Biasa disebut dengan istilah Telkom Indonesia atau Telkom, PT Telkom Indonesia Tbk. merupakan perusahaan informasi dan komunikasi serta penyedia jasa dan jaringan telekomunikasi secara lengkap di Indonesia, yang memiliki pelanggan hingga ratusan juta.

Hasilnya, Telkom Indonesia diketahui meraih predikat perusahaan paling bernilai pada 2021, yang mana data Brand Finance menunjukkan bahwa perusahaan ini mencapai brand value hingga US$3.854 Miliar atau sekitar Rp54,83 triliun.

2. Bank Rakyat Indonesia (BRI)

Daftar 10 Perusahaan Indonesia Paling Bernilai, Brand Value Terbesar!koran-jakarta.com

Brand value: US$3,098 Miliar

Berdiri sejak tahun 1895, PT Bank Rakyat Indonesia, Tbk. atau BRI berhasil membuktikan eksistensinya sebagai salah satu bank milik pemerintah terbesar di Indonesia, yang mana BRI telah banyak memberikan kontribusi secara ekonomi kepada negara Indonesia.

Dari situ, perusahaan yang juga dikenal  dengan istilah Bank Rakyat Indonesia atau BRI saja pun berhasil menduduki posisi kedua dengan brand value sebesar US$3,09 miliar, yang kisarannya cukup besar hingga disebut sangat bernilai. Setuju?

3. PT Bank Central Asia Tbk. (BCA)

Daftar 10 Perusahaan Indonesia Paling Bernilai, Brand Value Terbesar!cakapcakap.com

Brand value: US$2,493 Miliar

Berbicara mengenai dunia perbankan Indonesia, bagaimana mungkin bisa kamu melupakan PT Bank Central Asia Tbk. atau yang juga dikenal dengan istilah Bank BCA? Yup, bank BCA ini cukup terkenal dan umum hingga disebut sebagai bank sejuta umat.

Atas dasar itulah, tidak aneh jika PT Bank Central Asia Tbk. atau Bank BCA berhasil menempati posisi tiga besar sebagai perusahaan Indonesia paling bernilai. Tepatnya, Bank BCA meraih brand value sebesar US$2,493 Miliar. Nilai yang sangat besar, ya!

4. Bank Mandiri

Daftar 10 Perusahaan Indonesia Paling Bernilai, Brand Value Terbesar!jawapos.com

Brand value: US$2,415 Miliar

Berbicara mengenai Bank Mandiri, kamu pun teringat akan salah satu slogan yang juga tertulis di situs resminya, "Bank Mandiri adalah Bank Terbaik di Indonesia. Terdepan, Terpercaya, Tumbuh Bersama Anda. Apapun keinginan Anda, Bank Mandiri Saja."

Rentetan kata-kata tersebut nyatanya bukan sekadar kata-kata isapan jempol. Melalui kerja keras dan reputasinya yang positif dalam dunia perbankan, Bank Mandiri berhasil meraih brand value sebesar US$2,415 yang membuatnya sebagai perusahaan bernilai.

5. PT HM Sampoerna Tbk.

Daftar 10 Perusahaan Indonesia Paling Bernilai, Brand Value Terbesar!beritasatu.com

Brand value: US$2,403 Miliar

Sebuah ungkapan umum mengatakan bahwa perusahaan rokok akan selalu menghasilkan keuntungan yang sangat bernilai. Terbukti dari apa yang berhasil diperjuangkan oleh PT HM Sampoerna Tbk. yang berdiri sebagai perusahaan rokok terbesar pertama di Indonesia.

Tidak tanggung-tanggung, PT HM Sampoerna Tbk. diketahui cukup menonjol dalam segi brand value sebagaimana data Brand Finance (2021). Tepatnya, PT HM Sampoerna Tbk. diketahui mencapai brand value sebesar US$2,403 Miliar. Besar sekali, bukan?

6. PT Pertamina

Daftar 10 Perusahaan Indonesia Paling Bernilai, Brand Value Terbesar!pusatbisnis.org

Brand value: US$2,397 Miliar

Sebagaimana yang kamu ketahui, PT Pertamina adalah sebuah perusahaan BUMN yang bertugas mengelola penambangan minyak dan gas bumi di Indonesia yang breprestasi. Terbukti, PT Pertamin sukses menduduki posisi ke-122 dalam Fortune Global 500 (2013).

Tidak berhenti di situ, berdasarkan data Brand Finance yang menganalisis nilai perusahaan-perusahaan Indonesia, PT Pertamina berhasil menduduki posisi ke enam dengan brand value mencapai US$2,397 Miliar yang tidak dapat dianggap sebelah mata.

7. PT Gudang Garam Tbk.

Daftar 10 Perusahaan Indonesia Paling Bernilai, Brand Value Terbesar!boombastis.com

Brand value: US$2,215 Miliar

Berbicara mengenai perusahaan-perusahaan yang berkecimpungan di dunia produksi tembakau dan rokok, PT Gudang Garam merupakan salah satu yang terkemuka. Bahkan, tahukah kamu? Melansir dari Wikipedia, perusahaan rokok ini sempat menduduki peringkat pertama dan terbesar keenam di Indonesia dalam produksi rokok kretek. 

Tidak aneh, PT Gudang Garam Tbk. berhasil mempertahankan eksistensinya sejak berdiri pada 1958 hingga saat ini. Alhasil, pada 2021, PT Gudang Garam Tbk. kembali meraih presetasi melalui data Brand Finance (2021) sebagai salah satu negara paling bernilai dengan brand value mencapai US$2,215 Miliar.

8. PT Bank Negara Indonesia (Persero) Tbk. (BNI)

Daftar 10 Perusahaan Indonesia Paling Bernilai, Brand Value Terbesar!akuratnews.com

Brand value: US$1,325 Miliar

Satu lagi perusahaan yang fokus pada dunia perbankan di Indonesia, yaitu PT Bank Negara Indonesia (Persero) Tbk. atau yang juga dikenal dengan nama Bank BNI. Perusahaan bank ini telah berhasil mendirikan dan mempertahankan reputasi serta pelayanan yang sangat baik kepada masyarakat.

Atas dasar itulah, bukan sebuah kejutan apabila PT Bank Negara Indonesia (Persero) Tbk. atau Bank BNI berhasil memasuki daftar perusahaan-perusahaan Indonesia yang paling bernilai pada 2021 berdasarkan Brand Finance (2021). Tepatnya, Bank BNI diketahui mencapai brand value sebesar US$1,325 Miliar.

9. PT Perusahaan Listrik Negara (PLN)

Daftar 10 Perusahaan Indonesia Paling Bernilai, Brand Value Terbesar!viva.co.id

Brand value: US$746 Miliar

Sebagaimana yang kamu pun alami, seluruh Indonesia memiliki ketergantungan yang sangat tinggi pada penggunaan listrik yang diurus oleh PT Perusahaan Listrik Negara atau PLN. Tentu, PLN sendiri telah banyak memberi kontribusi dan pertolongan yang patut diapresiasi oleh setiap warga negara.

Hasilnya, berdasarkan data Brand Finance (2021), PT Perusahaan Listrik Negara ata PLN pun berhasil memperoleh brand value sebesar US$746 Miliar yang membuat perusahaan ini pun menduduki urutan ke sembilang dalam daftar perusahaan Indonesia dengan brand value terbesar.

10. PT Indosat Tbk. (Indosat Ooredoo)

Daftar 10 Perusahaan Indonesia Paling Bernilai, Brand Value Terbesar!money.kompas.com

Brand value: US$715 Miliar

Kita semua tahu betul bahwa PT Indosat Tbk. adalah salah satu perusahaan penyedia jasa telekomunikasi dan jaringan telekomunikasi di Indonesia yang sangat terkemuka. Terbukti dari rentetan prestasi dan kontribusi PT Indoesat Tbk. (Indosat Ooredoo) sejak berdiri pada 1967.

Dari situ, Brand Finance pun menemukan hasil analisis bahwa PT Indosat Tbk. (Indosat Ooredoo) memiliki brand value yang patut diperhatingkan sebesar US$715 Miliar. Angka yang besar tersebut membuat PT Indosat Tbk. (Indosat Ooredoo) dapat dikatakan sebagai salah satu perusahaan Indonesia yang paling bernilai pada 2021.

Jadi, bagaimana, Bela? Apakah kamu menemukan perusahaan di mana kamu bekerja? Atau justru daftar perusahaan di atas membuatmu ingin bekerja di salah satu perusahaan di atas?

Baca Juga: Ada Tokopedia, Intip 10 Perusahaan Ternama yang Buka Lowongan Magang 

Baca Juga: 8 Perusahaan Produksi Dibalik MV Keren Para Idol KPop

Baca Juga: 5 Perusahaan BUMN ini Buka Lowongan di Banyak Posisi, Cek di Sini Yuk!