Bahasa merupakan satu-satunya jembatan paling efektif untuk seseorang menyampaikan pesan kepada orang lain. Tanpa bahasa, kesalahpahaman hingga pertikaian akan sangat mungkin terjadi. No wonder, perbedaan bahasa kerap menjadi kesulitan para pelancong.

Yup, seperti yang kamu ketahui, dunia memiliki beragam bahasa yang tersebar di setiap negara. Namun, dapatkan kamu menebak bahasa mana yang disebut tertua di dunia? Siapa yang menyangka bahwa bahasa-bahasa tersebut masih digunakan hingga sekarang!

Berikut adalah sembilan bahasa tertua di dunia yang masih ada dan digunakan. Apa saja, ya?

1. Ibrani

9 Bahasa Tertua di Dunia, Masih Digunakan di Dunia hingga Sekarang!toriavey.com

Dunia tahu betul bahwa bahasa Ibrani merupakan bahasa yang digunakan oleh penduduk Israel. Namun, tahukah kamu? Penggunaan bahasa tersebut di muka bumi sebenarnya sudah digunakan sejak 1000 SM berdasarkan laman resmi Tleninstituut Nederland. 

Dari situlah, pengembangan bahasa Ibrani terjadi dari masa ke masa. Hingga akhirnya, bahasa Ibrani dijadikan sebagia bahasa liturgi untuk masyarakat Yahudi di seluruh dunia. Selanjutnya, bahasa ini pun diresmikan pada sekitar abad ke-19 dan 20.

2. Talim

9 Bahasa Tertua di Dunia, Masih Digunakan di Dunia hingga Sekarang!indianyug.com

Kamu pasti cukup familiar dengan negara Sri Langka dan Singapura, bukan? Tahukah kamu? Keduanya memiliki kesamaan dalam penggunaan bahasa Talim sebagai salah satu bahasa resmi, yang dikenal sebagai bahasa klasik yang bertahan hingga masa modern.

Yup, berdasarkan sebuah penelitian dan temuan prasasti, bahasa Tamil diperkirakan telah ada sejak abad 300 SM. Bukti temuan lain pun meyakini bahwa bahasa tersebut pertama kali muncul pada sekitar 2500 SM. Hingga sekarang, ia masih dilestarikan hingga dituturkan oleh sekitar 78 juta orang di dunia.

3. Mandarin

9 Bahasa Tertua di Dunia, Masih Digunakan di Dunia hingga Sekarang!unwto.org

"Ni hao ma" atau "Wo ai ni" merupakan dua rangkaian kata dari bahasa Mandarin yang cukup familiar hingga zaman modern kini. Namun, siapa yang menyangka bahwa bahasa Mandari khas Tiongkok nyatanya telah dipakai pada 1250 SM di akhir dinasi Shang.

Menariknya, bahasa Mandarin yang digunakan oleh penduduk Tiongkok pada era dinasti Shang, diiringi dengan dialek dan variasi bahasa khas Tiongkok lainnya. Mulai dari Kantonis hingga Hokkien. Masing-masing masih dituturkan oleh 1,2 miliar orang hingga saat ini.

4. Farsi

9 Bahasa Tertua di Dunia, Masih Digunakan di Dunia hingga Sekarang!lingualinx.com

Bahasa ini merupakan bahasa yang lazim digunakan oleh penduduk di Iran, Afghanistan hingga Tajikistan modern. Masing-masing melestarikannya sebagai bahasa yang populer dengan nama bahasa Persia.

Pasalnya, bahasa Faris berasal dari keturunan langsung Persia Tua yang dulunya digunakan pada masa Kekaisaran Persia. Tepatnya sejak 600 SM, hingga kemudian berevolusi menjadi lebih modern pada sekitar 800 M.

5. Basque

9 Bahasa Tertua di Dunia, Masih Digunakan di Dunia hingga Sekarang!thinkspain.com

Tahukah kamu? Bahasa Basque merupakan salah satu bahasa yang disebut-sebut menyimpan jutaan misteri. Hal tersebut dkarenakan para ilmuwan masih belum dapat menentukan asal-usul berkembangnya bahasa Basque secara pasti.

Berdasarkan penelitian sementara, bahasa Basque sudah ada dan digunakan sebelum pasukan Romawi mencapai Spanyol pada abad ke-2. Hingga akhirnya ia digunakan saat ini oleh setidaknya 900 ribu orang sebagia bahasa ibu di Spanyol dan Prancis.

Tidak berhenti di situ, bahasa Basque nyatanya memiliki keterkaitan dengan bahasa Latin karena digunakan untuk kebutuhan menulis. Namun, catatan sejarah belum dapat menjelaskan hubungan antara bahasa Latin dan bahasa lain di dunia termasuk Basque.

6. Latin

9 Bahasa Tertua di Dunia, Masih Digunakan di Dunia hingga Sekarang!ancientlanguage.com

Kamu mungkin tidak dapat menggunakan maupun memahami benar bahasa Latin tanpa adanya terjemahan. Namun, kamu cukup familiar dengan bahasa Latin yang sering digunakan dalam beberapa ilmu sains ketika kamu masih belajar di bangku sekolah.

Penggunaan bahasa Latin tersebut dikarenakan bahasa Latin memang merupakan bahasa tertua, yang berakar dan berasa dari banyak bahasa Eropa. Bahkan bukti temuan sejarah meyakinkan para peneliti bahwa bahasa Latin Kuno telah digunakan sejak zaman Kerajaan Romawi.

7. Lithuania

9 Bahasa Tertua di Dunia, Masih Digunakan di Dunia hingga Sekarang!the-passenger.de

Negara-negara yang tersebar di Eropa memiliki ciri khas bahasa Eropa yang unik, namun sama-sama berasal dari bahasa Lithuania yang berkembang membentuk puluhan bahasa yang berbeda.

Atas dasar itulah, bahasa Lithuania disebut sebagai salah satu bahasa tertua yang mulai terpisah menjadi bahasa yang berbeda pada sekitar 3500 SM. Dengan begitu, jumlah penutur yang tersebar adalah setidaknya tiga juga orang di seluruh dunia. 

8. Yunani

9 Bahasa Tertua di Dunia, Masih Digunakan di Dunia hingga Sekarang!xpatathens.com

Sejarah Yunani yang berperan penting dalam segala bidang. Bersamaan dengan itu, penggunaan bahasa Yunani pun tercatat memengaruhi kepentingan filsuf dan lainnya.

Namun, apakah kamu mengetahui bahwa bahasa Yunani terbilang sangat tua karena tercatat telah ada sejak sekitar 3000 M? Sejak saat itulah, bahasa Yunani terus dilestarikan hingga berevolusi menjaid lebih modern pada sekitar abad ke 11 M. 

9. Persia

9 Bahasa Tertua di Dunia, Masih Digunakan di Dunia hingga Sekarang!easypersian.com

Berbicara mengenai sejarah peradaban manusia, negara Persia kini dikenal dengan nama Iran. Nama memang telah berganti, namun warisan bahasa Persia sejak tahun 600 SM nyatanya masih dituturkan oleh sekitar 110 juta orang.

Penyebaran itu disebut-sebut berasa dari evolusi Persia Kuno ke Persia Modern. Namun, penelitan mengungkapkan bahwa bahasa Persia juga berasal dari beberapa negara sekitar, seperti Afghanista dan Tajiki di Tajikistan. Selanjutnya, bahasa Persia pun turut memengaruhi bahasa lainnya seperti, bahasa Urdu.

Wah! Cukup menakjubkan ya. Kesembilan bahasa di atas nyatanya dapat bertahan dalam rentang waktu yang sangat lama. Benar-benar bukti peradaban manusia yang nyata!

Baca Juga: Sebelum Kristen dan Islam, Ini 8 Agama Tertua di Dunia

Baca Juga: 5 Kisah Mistis Alas Purwo, Hutan Tertua di Pulau Jawa

Baca Juga: Deretan Pohon Terbesar dan Tertua di Dunia